Pemasaran Ikan Koi, Manfaatkan Pembangunan Real Estate

daftarhewan.com. Pemasaran Ikan Koi. Koi sebagai ikan karper yang memilik pola warna sangat indah pada tubuhnya, dewasa ini merupakan ikan hias penambah keindahan kolam taman yang makin disukai masyarakat di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Penampilan ikan itu memang luar biasa, terutama kalau dinikmati tingkah lakunya sambil duduk-duduk beristirahat di pinggiran kolam. Keindahannya terletak pada bentuk tubuhnya yang seperti torpedo, corak atau pola warna punggungnya yang cerah cemerlang, dan lenggak-lenggoknya yang menawan saat berenang berkelompok di dalam air.

pemasaran ikan koi, cara memasarkan ikan koi, strategi pemasaran ikan koi, cara penjualan ikan koi, sistem pemasaran ikan koi, makalah pemasaran ikan koi, memasarkan ikan koi

Memelihara ikan koi atau memiliki koi dewasa ini merupakan simbol status bagi masyarakat kelas menengah ke atas di Indonesia, ibarat memiliki perkutut yang luar biasa bagus suaranya atau palem cantik yang sangat langka.

Di Jepang, koi dianggap simbol kebangkitan dunia, karena dalam legenda ikan itu dikabarkan mampu bernang mendahului luncuran air terjun. Ia juga disebut ikan samurai, karena pemberani, sangat mudah didekati orang dan tidak takut apa pun walau sampai mati terbantai.

Baca Juga:   Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus Ketika Anakan

Menurut paham orang Jepang, perkataan koi mempunyai dua makna yang berbeda, makna pertama adalah ikan, makna kedua adalah murni atau jadi sempurna. Kalau kedua makna itu digabungkan, koi berarti ikan yang sempurna, rapi, teratur, garis-garis dan pola warna sisiknya. Dengan demikian bukanlah mengada-ada kalau koi yang betul-betul bermutu bagus dianggap orang bernilai seni tinggi.

Karena memiliki unsur seni itulah, tidak ada harga standar untuk ikan koi. Walau begitu ada juga pedagang yang menjualnya dengan membeda-bedakannya atas beberapa kelas, dari tingkat standar sampai tingkat super high quality. Untuk yang standar Rp. 600.000 per ekor, sedang yang super high quality Rp. 5.000.000,- per ekor, Bahkan ada juga ikan koi termahal di dunia.

Baca Juga:   Ikan Koi Kumpay Cantik itu Bernama Hirenaga-Goi

Mengingat koi sebagai benda seni, pemasaran ikan hias itu praktis terbatas kepada kelompok masyarakat tertentu saja yang benar-benar mencintai ikan dan memiliki lahan yang cukup untuk membangun kolam taman di pekarangan rumahnya.

Nah jika Anda jeli, perkembangan real estate dan perumahan di berbagai daerah merupakan peluang pasar yang bagus untuk memasarkan produk koi Anda. Dalam pembangunan rumah, tak jarang terdapat bangunan kolam taman yang bisa dipakai untuk memelihara koi atau ikan hias lainnya, baik di halaman depan maupun halaman belakang rumah.

Untuk membantu kelancaran pemasarannya, alangkah tepatnya kalau Anda bisa bekerja sama dengan pihak pengusaha atau kontraktor real estate, pemborong pembuatan kolam taman, atau pengusaha ikan hias lain yang di daerahnya banyak bangunan rumah di samping Anda sendiri juga aktif mencari pelanggan. Tetapi untuk saat ini tampaknya kesulitan pemasaran ikan koi tidak perlu terjadi, karena para selebritis pun banyak yang memelihara ikan koi, secara tidak langsung mereka memperkenalkan ikan koi ke berbagai kalangan masyarakat.

Baca Juga:   8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

Anda juga bisa memasarkan ikan lewat media online, atau bila konsumen datang langsung ke tempat Anda, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang terbaik, karena memasarkan ikan koi mulut ke mulut sangat baik dan cepat.

Kesulitan memasarkan ikan koi yang Anda miliki sebenarnya tak perlu terjadi, kalau sebelum memproduksi Anda rajin melakukan riset marketing (pemasaran) yang baik. Dengan hasil riset itu Anda akan tahu betul potensi pasarnya, siapa konsumennya, kelas atau mutu koi yang dikehendaki, dan berbagai variasi harga koi yang berlaku di pasar.

Ikan yang diafkir karena pola warnanya dianggap tidak bagus, biasanya dijual murah sebagai ikan mas konsumsi. Harganya tak berbeda dengan ikan mas biasa.

error: