Penyakit Ikan Mas Koki Busuk Sirip “Fin Rot”

Busuk Sirip Ikan Mas Koki

Busuk sirip ikan mas koki adalah gejala bakteri gram negatif Pseudomonas fluorescens atau infeksi jamur. Infeksi bakteri menyebabkan pembusukan sirip ikan mas yang tidak teratur, sementara jamur cenderung membuat tepi putih pada sirip ikan mas koki.

busuk sirip ikan koki, busuk sirip ikan mas koki, pengobatan busuk sirip ikan mas koki, penyakit ikan koki, penyebab sirip ikan koki rusak, penyakit sirip ikan mas koki, penyebab ekor ikan mas koki rusak, penyebab sirip ikan mas koki rusak, penyakit ikan mas koki

Tidak jarang keduanya menjadi penyebab busuk sirip ikan mas secara bersamaan. Pada tahap awal pembusukan sirip ikan mas, sirip mulai menjadi pudar dan ujungnya akan mulai memutih dan benar-benar membusuk.

Anda mungkin melihat garis tepi merah atau putih di tepi sirip. Ikan dengan pembusukan sirip cenderung bergesekan dengan sisi dan dekorasi akuarium.

Jaringan antara tulang perlahan-lahan hancur saat busuk sirip ikan mas menyebar ke bawah menuju tubuh ikan mas. Jaringan sirip dapat tumbuh kembali jika pembusukan sirip ikan mas dirawat sebelum sirip membusuk hingga ke tubuh.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Setelah itu jaringan sirip tidak akan tumbuh kembali dan penyakit dapat masuk ke tubuh ikan mas dan mematikannya. Busuk sirip ikan mas koki mudah didiagnosis sehingga tidak perlu sampai separah itu.

1. Cara Mengobati Busuk Sirip “Fin Rot” Pada Ikan Koki

Beberapa pengobatan busuk sirip ikan mas koki yang mungkin bisa lebih berbahaya daripada baik dalam mengobati busuk sirip ikan mas. Hindari penggunaan kalium permanganat atau formalin karena sangat tajam dan dapat menyebabkan luka bakar pada ikan mas. Sebagai gantinya gunakan garam akuarium 0,03%.

Jika pembusukan sirip ikan mas lebih serius, rendamlah ikan mas koki yang sakit menggunakan antibiotik furazone green. Perawatan mandi antibiotik ini dapat mengganggu filter biologis sehingga penting untuk melewati filter dan di kolam ikan mas dengan sterilisasi ultraviolet atau filter yang mengandung karbon dapat menetralkan furazone green.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Pertimbangkan untuk merawat ikan mas yang sakit di dalam akuarium karantina. Jika Anda bersedia dan dapat memberikan suntikan pada ikan mas yang sakit, Baytril dikenal dapat mengobati busuk sirip ikan mas dengan aman.

2. Mencegah Ikan Koki Busuk Sirip “Fin Rot”

Busuk sirip ikan mas koki biasanya disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat dan kualitas air yang buruk yang menyebabkan ikan mas stres. Terus lakukan perubahan air rutin dan pertahankan kondisi air yang optimal. Tambahkan slime coat protector untuk menjaga kesehatan slime coat.

Apa Itu Slime Coat? Lapisan lendir pada ikan terdiri dari glikoprotein (protein dengan karbohidrat terlampir) yang berfungsi sebagai penghalang garis depan untuk hampir semua hal mulai dari benda fisik besar hingga bakteri kecil.

penyakit ikan mas koki dan cara mengatasinya, penyakit ikan koki dan pengobatannya, jenis penyakit ikan koki, busuk sirip ikan koki, busuk sirip ikan mas koki, pengobatan busuk sirip ikan mas koki, cara mengobati busuk sirip pada ikan koki

3. Apakah Penyakit Busuk Sirip Menular?

Jika ikan mas Anda mengalami pembusukan sirip, siripnya akan mulai terlihat robek dan compang-camping, seolah-olah membusuk. Anda mungkin melihat garis tepi merah atau putih di tepi sirip. Ikan dengan pembusukan sirip cenderung bergesekan dengan sisi akuarium dan dekorasi.

Baca Juga:   Penyakit Ikan Koki Berenang Terbalik dan Solusinya

Karena busuk sirip merupakan penyakit ikan koki yang disebabkan oleh bakteri gram negatif seperti Vibrio, Pseudomonas dan Aeromonas, maka penyakit ini dapat ditularkan ke ikan lain melalui kontak fisik dan air akuarium yang terinfeksi. Dalam kasus lain, ikan menggigit ekor dan sirip ikan sehat lainnya. Ini dapat terinfeksi dan mengakibatkan busuk sirip.

4. Berapa lama Fin Rot sembuh?

Tergantung pada seberapa buruk masalahnya pada awalnya. Dengan pengobatan menggunakan King British Fin Rot & Fungus Control seharusnya ada perkembangan kesehatan dalam waktu 4-5 hari. Karena ikan memiliki luka terbuka, sangat penting untuk menjaga kualitas air tetap bersih, untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder.

error: