Home » Kucing » Penyebab Kucing Flu “Pilek” dan Cara Mengobatinya

Penyebab Kucing Flu “Pilek” dan Cara Mengobatinya

daftarhewan.com. Kenali Penyebab Kucing Flu (Pilek) dan Cara Mengobatinya – Ketika kucing terkena flu, tak jarang pemiliknya mencari cara mengobati hewan peliharaannya itu. Kucing juga bisa mengalami flu layaknya manusia.

Flu yang dialami kucing biasanya terjadi saat musim pancaroba. Sebab, pada musim tersebut ada berbagai macam bakteri dan virus yang berkembang dan dapat menyerang manusia dan hewan, salah satunya kucing.

cara kucing pilek, cara mengobati kucing flu, cara menyembuhkan kucing flu, cara mengatasi kucing flu, cara mengobati kucing flu dengan bahan alami, cara mengobati kucing flu secara alami, cara mengobati kucing flu berat, cara merawat kucing flu, cara mengobati kucing flu alami, cara mengobati kucing pilek alami, cara mengobati kucing anggora flu, cara mengatasi kucing flu secara alami, cara menyembuhkan kucing flu secara alami, cara atasi kucing flu, cara mengobati kucing flu dengan alami

Kucing pilek (flu) – via : edvh.com.au

Ciri-Ciri Kucing Flu (Pilek)

Agar dapat mengetahui apakah kucing Anda terkena flu atau tidak, kenali ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Berkurangnya nafsu makan
  • Mata kucing memerah dan berair
  • Sering bersin
  • Batuk
  • Mengeluarkan ingus
  • Lemas
  • Panas
  • Sariawan
  • Tidur terus

Gejala-gejala flu tersebut biasanya terjadi dalam waktu satu minggu. Setelah itu, kucing akan mulai membaik dan sembuh pada minggu kedua dan ketiga.

Lantas, apa sebabnya kucing terserang flu? Sebelum mengetahui cara mengobatinya, ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab kucing terserang flu.

Daya Tahan Tubuh Kucing Sedang Menurun

Anda harus mengetahui penyebab kucing flu dan cara mengobatinya. Sebab, berbeda penyebab, berbeda pula penanganannya.

Ketika daya tahan tubuhnya menurun, berbagai bakteri dan virus akan sangat mudah menyerang kesehatan kucing. Flu merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada kucing ketika daya tahan tubuhnya menurun.

1. Bakteri

Kucing mengalami flu akibat adanya bakteri bernama Chlamydophola Felis dan Bordetella Bronchiseptica yang menyerang hewan peliharaan ini. Kedua jenis bakteri tersebut dapat menyebabkan kucing mengalami flu berat.

Baca Juga:   3 Cara Memberi Makan Kucing, Mana yang Terbaik?

Tak hanya kucing, keduanya bakteri ini juga dapat menginfeksi anjing.

2. Virus

Virus merupakan salah satu penyebab terbesar kucing mengalami flu. Ada dua jenis virus yang sering menyerang kucing, yakni virus herpes (feline herpesvirus) dan virus cacilivirus (FCV).

Apabila kucing Anda terserang flu yang disebabkan oleh virus, maka segeralah membawanya ke dokter. Sebab, flu yang diderita akibat virus bisa menular ke kucing lainnya lewat air liur, makanan, minuman, kotoran, bersin, serta peralatan yang digunakan oleh kucing yang sakit.

Obat Flu Kucing Alami

Ada beberapa penyebab kucing flu dan cara mengobatinya. Agar dapat mempercepat proses penyembuhan flu pada kucing, lakukan pengobatan sendiri di rumah terhadap kucing Anda seperti di bawah ini:

1. Berikan Vitamin

Vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh hewan peliharaan Anda berbagai nutrisi yang terkandung dalam vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing dengan cepat.
Jika daya tahan tubuhnya meningkat, maka tubuh kucing juga akan lebih cepat mengusir virus yang menyerang.

2. Berikan Madu

Madu adalah salah satu obat herbal alami yang terbukti ampuh mengobati flu pada kucing. Cukup berikan madu untuk kucing satu kali dalam empat jam, dengan cara menaruh madu dalam wadah atau mencampurnya dengan air minum.

3. Berikan Cuka Apel

Anda juga dapat memberikan cuka apel pada kucing yang sedang flu. Cuka apel sangat berguna dalam menjaga kestabilan pH tubuh hewan peliharaan Anda. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes cuka apel ke makanan basah atau minuman kucing.

4. Berikan Makanan dengan Kualitas Baik

Apa pun yang menjadi penyebab kucing flu dan cara mengobatinya dengan baik adalah dengan memberikan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Makanan yang mengandung nutrisi baik akan mempercepat penyembuhan kucing dari flu.

Baca Juga:   50 Nama Kucing yang Bagus Beserta Artinya

5. Bersihkan Ingus

Ketika kucing mengalami flu, hewan peliharaan tersebut biasanya akan mengeluarkan ingus. Anda harus segera membersihkan ingus yang keluar dari hidungnya.

Sebab, ada banyak sekali kuman dan bakteri yang hidup di dalam ingus. Jika dibiarkan, maka flu yang diderita kucing akan semakin parah.

6. Jemur Kucing

Jemurlah kucing pada pagi hari saat terserang flu. Selain dapat menghangatkan tubuh, berjemur juga dapat membunuh bakteri yang ada di tubuh kucing. Pastikan Anda menjemur kucing pada waktu yang tepat, yaitu sekitar pukul 7 hingga 9 pagi selama 10 hingga 15 menit.

kenapa kucing pilek, kenapa kucing pilek tidak sembuh sembuh, kenapa kucing pilek terus, apa obat kucing pilek, apa penyebab kucing pilek, apakah kucing bisa pilek, apa obat untuk kucing pilek, kucing pilek apa obatnya, apakah kucing flu boleh dimandikan, apakah kucing flu bisa mati, apakah kucing flu bisa sembuh sendiri, apakah kucing flu berbahaya, tanda kucing pilek, cara kucing pilek, bagaimana mengobati kucing pilek

7. Jangan Dimandikan

Ketika kucing Anda flu, hindari memandikan kucing hingga kondisinya benar-benar pulih. Apabila Anda merasa tubuhnya kotor, Anda bisa membersihkan kucing menggunakan kain basah.

8. Jaga Suhu Tubuh

Perubahan suhu tubuh merupakan sala6 satu penyebab kucing flu dan cara mengobatinya adalah dengan menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Anda dapat menambahkan kain hangat untuk alas tidurnya.

10. Jangan Beri Obat Flu untuk Manusia

Apabila di rumah Anda tidak ada obat flu untuk kucing, jangan memaksa dengan memberinya obat flu untuk manusia. Sebab, kandungan pada obat flu untuk manusia jelas berbeda dengan obat flu untuk kucing.

Di samping itu, dosis yang dianjurkan pada obat manusia juga lebih tinggi dibandingkan obat kucing. Jika diberikan pada kucing, dapat menimbulkan efek buruk.

11. Jaga Kebersihan Kandang

Untuk menjaga kesehatan kucing dan mempercepat proses pemulihannya, maka pastikan kandang kucing selalu bersih. Kandang yang bersih akan menghindarkan kucing dari berbagai virus.

12. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Selain melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus memberikan waktu istirahat yang cukup agar kucing lebih cepat pulih dari flu.

13. Karantina Kucing

Apabila di rumah Anda memelihara lebih dari satu kucing, maka pisahkan kucing yang terkena flu dengan mengarantinanya. Hal itu guna mencegah flu menular ke kucing lainnya.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah Dengan Cepat

obat flu kucing alami, obat flu kucing terbaik, obat flu kucing rainbow, obat flu kucing yang alami, obat flu kucing tradisional, obat pilek kucing ampuh, obat pilek kucing anggora, obat flu buat kucing, obat kucing flu berat, obat kucing flu bersin,cara pakai obat flu kucing, obat kucing flu dan mata berair, obat kucing flu dan demam

Itulah beberapa penyebab kucing flu dan cara mengobatinya. Apabila Anda tidak sempat membawanya ke dokter hewan, Anda bisa memberikan obat flu untuk kucing seperti di bawah ini:

Obat Flu Kucing Terbaik

1. Coldy Cat

Selain flu, Coldy Cat juga dapat mengobati penyakit lainnya, seperti demam, berkurangnya nafsu makan, dan radang pada mata. Obat ini juga aman dikonsumsi oleh kucing yang masih kecil (kitten).

Coldy Cat dijual dengan harga Rp 15.000 dalam kemasan 30 ml.

2. Stop Flu

Stop Flu adalah obat anti pilek dan flu yanh dikhususkan buat kucing. Obat ini mengandung vitamin dan antibiotik untuk kucing.

Stop Flu dijual di pasaran bdengan harga Rp 25.000 dalam kemasan 30 ml.

3. Flu Cat

Flu Cat ampuh meredakan pilek dan flu menyerang kucing. Obat flu ini dijual dengan harga Rp 17.000 dalam ukuran 30 ml.

4. For Flu

Dari berbagai penyebab kucing flu dan cara mengobatinya adalah dengan memberikan For Flu. Obat yang satu ini mampu menyembuhkan pilek, flu, bersin, dan demam pada kucing.
For Flu dijual di pasaran dengan harga Rp 18.000 dengan ukuran 30 ml.

5. Doxy Cat

Tak sama dengan obat flu kucing lainnya, obat Doxy Cat ini berbentuk kapsul. Di pasaran, obat flu ini dijual sekitar Rp 4.000 per tablet.

Itulah obat yang bisa Anda berikan saat kucing Anda terserang flu. Namun, apabila kucing Anda terkena flu akibat virus dan bakteri, sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan dengan biaya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Demikianlah beberapa penyebab kucing flu dan cara mengobatinya. Apabila flu yang dialami oleh kucing Anda masih tergolong ringan, Anda dapat mengobatinya sendiri di rumah dengan tips tersebut.

error: