Penyerbukan adalah? Berikan contohnya

daftarhewan.com. Penyerbukan adalah pengiriman serbuk sari ke organ betina tanaman (kepala putik pada bunga). Serbuk sari dibuat oleh organ jantan tanaman (benang sari dalam bunga) dan mengandung informasi genetik yang dibutuhkan untuk reproduksi tanaman.

penyerbukan, penyerbukan adalah, penyerbukan silang, penyerbukan tetangga, penyerbukan bastar, penyerbukan sendiri, penyerbukan silang adalah, penyerbukan bastar adalah, penyerbukan sendiri adalah, penyerbukan bunga, penyerbukan bastar terjadi pada tumbuhan yang, penyerbukan alogami, penyerbukan pada bunga, penyerbukan pada tumbuhan

Serbuk sari dapat berpindah ke organ betina pada tumbuhan yang sama (penyerbukan sendiri) atau tumbuhan lain dari spesies yang sama (penyerbukan silang). Hasil penyerbukan tanaman menghasilkan biji. Serbuk sari dapat disebarkan oleh angin, air dan hewan penyerbuk seperti serangga, kelelawar dan burung.

1. Cara Penyerbukan Bunga

Tumbuhan berbunga telah mengembangkan dua metode penyerbukan: 1) penyerbukan tanpa keterlibatan organisme (abiotik), dan 2) penyerbukan yang dimediasi oleh hewan (biotik). Sekitar 80% dari semua penyerbukan tumbuhan dilakukan oleh hewan. Sisa 20% spesies penyerbukan abiotik adalah 98% oleh angin dan 2% oleh air.

Anemophily (atau anemogami), yaitu penyerbukan oleh angin, adalah yang paling sederhana dan, mungkin, bentuk pengangkutan serbuk sari yang paling primitif. Hidrofili (atau hidrogami), yaitu penyerbukan oleh air, merupakan metode pengangkutan serbuk sari yang tidak umum dan terbatas pada beberapa tanaman air.

Tumbuhan berbunga adalah bentuk tumbuhan dominan di darat dan mereka berkembang biak secara seksual dan aseksual. Seringkali ciri mereka yang paling membedakan adalah organ reproduksinya, yang biasa disebut bunga. Reproduksi seksual pada tanaman berbunga melibatkan produksi gamet jantan dan betina, transfer gamet jantan ke ovula betina dalam proses yang disebut penyerbukan.

Setelah penyerbukan terjadi, terjadi pembuahan dan bakal biji tumbuh menjadi biji di dalam buah. Setelah benih siap untuk disebar, buah matang dan dengan berbagai cara, benih dibebaskan dari buah dan setelah waktu yang berbeda-beda dan dalam kondisi tertentu benih berkecambah dan tumbuh ke generasi berikutnya.

Kepala sari menghasilkan gametofit jantan yang merupakan butiran serbuk sari, yang menempel pada kepala putik di atas karpel, tempat gametofit betina (di dalam bakal biji) berada.

Setelah tabung serbuk sari tumbuh melalui gaya karpel, sperma dari butir serbuk sari bermigrasi ke ovula untuk membuahi sel telur dan sel sentral dalam gametofit betina dalam proses yang disebut pembuahan ganda.

Baca Juga:   10 Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

Zigot yang dihasilkan berkembang menjadi embrio, sedangkan endosperm triploid (satu sel sperma ditambah sel betina binukleat) dan jaringan ovula betina memunculkan jaringan sekitarnya dalam benih yang sedang berkembang. Ovarium, yang menghasilkan gametofit betina, kemudian tumbuh menjadi buah, yang mengelilingi benih. Tanaman dapat melakukan penyerbukan sendiri atau penyerbukan silang.

a. Penyerbukan Silang

Penyerbukan silang adalah perpindahan serbuk sari dari kepala sari satu bunga ke kepala putik bunga lain pada individu berbeda dari spesies yang sama.

b. Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri terjadi ketika serbuk sari dari antera diendapkan pada kepala putik dari bunga yang sama, atau bunga lain pada tanaman yang sama. Penyerbukan sendiri terjadi pada bunga yang benang sari dan karpelnya matang pada waktu yang sama, dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga serbuk sari dapat mendarat di kepala putik bunga. Metode penyerbukan ini tidak memerlukan investasi dari tanaman untuk menyediakan nektar dan serbuk sari sebagai makanan penyerbuk.

c. Penyerbukan Bastar

Hibridisasi disebut juga penyerbukan bastar, adalah metode penyerbukan terkendali di mana serbuk sari dari dua spesies atau varietas berbeda melibatkan campur tangan manusia.

Hibridisasi dapat terjadi secara alami melalui persilangan acak, tetapi benih hibridisasi yang tersedia secara komersial, sering diberi label sebagai F1, sengaja dibuat untuk membiakkan sifat yang diinginkan.

Generasi pertama dari persilangan tanaman hibrid juga cenderung tumbuh lebih baik dan menghasilkan hasil yang lebih tinggi daripada varietas induk karena fenomena yang disebut ‘hybrid vigor’. Namun, benih apapun yang dihasilkan oleh tanaman F1 secara genetik tidak stabil dan tidak dapat disimpan untuk digunakan pada tahun-tahun berikutnya.

Tidak hanya tanaman tidak sesuai dengan jenisnya, tetapi juga akan sangat kurang kuat. Tukang kebun yang menggunakan varietas tanaman hibrida harus membeli benih baru setiap tahun. Benih hibrida dapat distabilkan, menjadi varietas penyerbukan terbuka, dengan menumbuhkan, memilih, dan menyimpan benih selama bertahun-tahun.

2. Apa Saja Penyerbukan Hewan?

Sebagian besar tumbuhan berbunga diserbuki oleh hewan, sebagian besar oleh serangga, tetapi sebagian oleh burung atau bahkan kelelawar. Tumbuhan memberikan nektar dan serbuk sari sebagai hadiah yang dapat dimakan bagi hewan karena mengunjungi bunga. Saat seekor hewan meraih bunga untuk mendapatkan hadiahnya, ia akan bersentuhan dengan antera (bagian dari benang sari yang berisi serbuk sari), dan sebagian serbuk sari menempel di tubuhnya.

Baca Juga:   250 Daftar Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris, Lengkap!

Ketika hewan mengunjungi bunga lain, sebagian dari serbuk sari ini keluar ke kepala putik – penyerbukan telah terjadi. Serbuk sari tumbuhan penyerbuk hewan memiliki permukaan yang kasar untuk membantunya menempel pada penyerbuk.

Serangga yang merupakan penyerbuk adalah Spesies Lebah, Kumbang, Lalat, Tawon, Trips, Kupu-kupu dan Ngengat semuanya merupakan penyerbuk yang sukses.

Serangga ini menjadi penyerbuk yang baik karena mereka memiliki dua ciri penting:

  1. Mereka terbang, sehingga mampu mengunjungi banyak tanaman dalam waktu yang relatif singkat
  2. Mereka termotivasi untuk berinteraksi dengan serbuk sari, saat mereka memakannya atau makanan yang terletak di dekatnya (seperti nektar).

Hubungan paling canggih antara tumbuhan dan serangga pada umumnya adalah yang melibatkan lebah. Lebah mengumpulkan serbuk sari dan nektar tidak hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk memberi makan anak-anaknya dalam koloninya. Karena alasan ini, lebah telah mengembangkan sejumlah adaptasi yang menjadikan mereka menjadi pembawa serbuk sari yang sangat baik.

penyerbukan adalah, penyerbukan silang, cara penyerbukan bunga, penyerbukan bastar, penyerbukan tetangga, cara penyerbukan, anemogami, penyerbukan silang adalah, jenis jenis penyerbukan, anemogami adalah, penyerbukan bastar adalah

Lebah memiliki bulu khusus yang disusun membentuk ‘keranjang’ serbuk sari di kaki belakang dan bagian bawah perutnya. Adaptasi ini memungkinkan mereka mengumpulkan dan membawa serbuk sari dalam jumlah besar. Lebah adalah penyerbuk yang ideal karena mereka mengunjungi banyak bunga sambil membawa banyak serbuk sari, sebelum kembali ke sarangnya. Jadi kemungkinan lebah akan memindahkan serbuk sari di antara bunga dari spesies yang sama sangat tinggi.

3. Bagaimana Cara Tanaman Menarik Penyerbuk?

Hanya dengan memasok nektar tidak menjamin bahwa serangga tersebut akan datang ke tanaman atau mentransfer serbuk sari ke penerima serbuk sari dari spesies yang sama. Untuk alasan ini, tanaman menggunakan isyarat visual dan aroma untuk menarik dan mengarahkan serangga.

Aroma adalah cara efektif untuk memikat penyerbuk. Misalnya, bunga yang beraroma kuat cenderung dikunjungi oleh kumbang dan lalat, sedangkan lebah dan kupu-kupu mengunjungi bunga yang beraroma harum. Ini juga merupakan cara efektif untuk mengarahkan penyerbuk ke penerima serbuk sari.

Aroma juga bisa digunakan untuk mengelabui serangga agar menjadi penyerbuk. Penyerbukan Bunga Bangkai dan bunga raflesia di Indonesia menggunakan bau menyengat seperti daging busuk untuk menarik perhatian serangga yang menyukai bau bangkai seperti serangga, lalat dan kumbang. Anggrek Berbibir Lebar (Broad-Lip bird orchid) Australia meniru aroma dan juga penampilan Tawon Tiup betina. Ini membodohi tawon jantan agar mencoba kawin dengan bunga yang diserbuki dalam prosesnya.

Baca Juga:   12 Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea

a. Penyerbukan Pada Bunga Jagung Terjadi Dengan Bantuan?

Penyerbukan dibantu oleh bantuan angin, yang menghembuskan debu halus dan memutarnya di sekitar ladang tanaman jagung. Beberapa jagung melakukan penyerbukan sendiri, tetapi mayoritas bergantung pada tanaman lain yang berdiri bersamanya untuk penyerbukan.

Bisakah jagung melakukan penyerbukan silang? Kebanyakan varietas mudah melakukan penyerbukan silang, tetapi tanaman yang dihasilkan tidak dari varietas yang sama dengan tanaman induk, dan bahkan mungkin merupakan strain yang sama sekali berbeda.

Alih-alih diserbuki oleh serangga seperti ngengat, lebah dan kupu-kupu, menukar serbuk sari antar tumbuhan dengan aktivitasnya, jagung membutuhkan angin. Metode penyerbukan untung-untungan yang acak ini memungkinkan suatu daerah yang luas untuk diserbuki oleh jenis serbuk sari yang sama. Saat hembusan angin mengacak-acak jumbai tanaman jagung, ia menangkap serbuk sari yang matang dan menyapunya di atas bunga jagung lainnya. Bahaya datang ketika ada galur jagung lain yang tumbuh di dekatnya. Efek penyerbukan silang dapat menghasilkan tanaman generasi berikutnya yang memiliki sifat kurang baik.

b. Penyerbukan Tanaman Vanili Dibantu Oleh?

Di habitat alami mereka, bunga vanili dianggap diserbuki oleh lebah euglossine metalik yang indah. Beberapa spesies dari kelompok lebah ini saat ini diduga berperan sebagai penyerbuk bunga vanili di alam liar.

Selama kunjungan mereka, mereka secara pasif menyimpan serbuk sari pada kepala putik bunga, yang mengarah pada perkembangan biji vanili. Meskipun lebah ini melakukan penyerbukan, kunjungan lebah pada bunga ini tidak umum, sehingga bahkan di daerah dengan adanya populasi lebah, tingkat pembuahan tetap relatif rendah.

c. Cara Penyerbukan Bunga Sepatu

Hibiscus atau bunga sepatu dapat melakukan penyerbukan sendiri. Dengan kata lain, serbuk sari dari bagian jantan dari bunga dapat menyerbuki bagian betina dari bunga yang sama. Serbuk sari Hibiscus berkecambah di benang sari, bagian jantan tanaman. Dari benang sari, itu dipindahkan ke bantalan kepala putik, bagian betina tanaman.

d. Cara Penyerbukan Bunga Mawar

Mawar (genus Rosa) secara alami diserbuki oleh serangga seperti kupu-kupu dan lebah, oleh kolibri, atau melalui perpindahan angin. Namun, penyerbukan dengan tangan, juga disebut sebagai penyerbukan manual atau mekanis, menjadi perlu jika kondisi terbukti tidak memadai untuk penyerbukan alami.

error: