8 Perbedaan Utama Antara Anjing dan Serigala

daftarhewan.com. Ketahui perbedaan serigala dan anjing di sini. Serigala dan anjing termasuk dalam spesies Canis lupus. Mereka berbagi lebih dari 99 persen DNA mereka, dan meskipun itu tidak terlalu sering terjadi, mereka secara teknis dapat kawin silang, menurut Dr. Hughes (Manajer penelitian genetika veteriner di Wisdom Health, produser tes DNA anjing Wisdom Panel).

Alaskan Malamute, Siberian Husky, dan anjing lain yang terlihat mirip seperti serigala lebih dekat hubungannya dengan serigala, daripada jenis anjing lainnya seperti Poodle. Namun, semua ras anjing lebih dekat hubungannya satu sama lain daripada dengan serigala.

perbedaan anjing dan serigala, perbedaan serigala dan anjing, perbedaan anjing serigala, perbedaan anjing dan serigala adalah, apa beda anjing dan serigala, beda anjing dengan serigala, beda anjing serigala, beda anjing dengan serigala, apa beda anjing dan serigala, apakah perbedaan anjing dan serigala

Perbedaan Anjing dan Serigala

Kurang dari 1 persen mungkin tidak terlihat banyak, tetapi cukup untuk menciptakan perbedaan yang signifikan antara anjing dan serigala. Mengingat variasi besar dalam ras anjing, berikut ini adalah generalisasi.

1. Perbedaan Fisik Antara Anjing dan Serigala

Baik serigala dan anjing memiliki jumlah gigi yang sama, tetapi serigala mempunyai tengkorak dan rahang lebih besar dan lebih kuat. “Hal ini mungkin karena kebutuhan mereka untuk menggigit dan mematahkan tulang di alam liar, dibandingkan dengan anjing yang berevolusi lebih banyak sebagai pemulung sampah manusia,” kata Dr. Hughes.

Anjing memiliki wajah yang lebih bulat dan mata yang lebih besar daripada serigala, Mereka juga berevolusi untuk memiliki telinga terkulai dan ekor keriting atau pendek, sedangkan serigala memiliki telinga runcing dengan ekor panjang seperti sabit.

Serigala memiliki kaki yang sangat besar dibandingkan dengan kaki anjing, dan dua jari kaki depan dan tengah mereka jauh lebih panjang daripada jari kaki samping mereka. Dengan itu, mereka bisa melenturkan pergelangan kaki mereka yang lebih panjang, menjaga siku mereka tetap rapat dan melompat pada jarak yang luar biasa. Begitulah cara serigala menghemat energi dan bertindak lebih jauh dibandingkan dengan anjing.

Baca Juga:   5 Unsur Utama dalam Makanan Anjing yang Sehat dan Seimbang

2. Ketergantungannya Pada Manusia

Anjing domestik tidak dapat bertahan hidup tanpa manusia, ada beberapa anjing liar di alam liar, tetapi umumnya anjing-anjing itu tidak berkembang biak dengan baik karena mereka telah didomestikasi sampai-sampai mereka tidak dapat lagi bertahan hidup secara memadai jika dilepas liarkan.

Jika Anda terbiasa dengan anjing, Anda mungkin tahu bahwa mereka akan mematuhi perintah seperti duduk dan diam karena mereka ingin menyenangkan manusia dan mendapatkan imbalan. Perilaku serigala berbeda.

Ada banyak penelitian tentang kemampuan melatih serigala seperti halnya Anda melatih anjing peliharaan. Studi tersebut menemukan bahwa serigala gagal dan “tidak bisa” membentuk keterikatan pada manusia dan tidak menunjukkan perilaku yang sama seperti anjing peliharaan.

3. Serigala Lebih Cepat Dewasa Daripada Anjing

Anak anjing serigala dan anjing peliharaan disapih sekitar 8 minggu. Namun, Anak anjing serigala liar dewasa jauh lebih cepat daripada anjing peliharaan.

Studi yang membandingkan kemampuan anjing dan serigala menunjukkan bahwa anak serigala dapat memecahkan teka-teki pada usia yang jauh lebih muda, Dan itu masuk akal. Mereka harus lebih cepat dewasa untuk bisa bertahan hidup di alam liar, sedangkan anakan anjing kampung meminta kita untuk merawat mereka. Hidup seperti ini tentu sedikit lebih mudah.

Saat anjing Anda menginjak usia 2 tahun, kemungkinan besar dia akan tetap menjadi pendamping setia  seumur hidup Anda. Para ahli mengatakan serigala akan menjadi teman yang baik selama sekitar enam bulan, pada saat itu mereka bisa menjadi sulit ditangani.

4. Serigala dan Anjing Berkembang Biak Secara Berbeda

Tidak seperti anjing yang dapat berkembang biak beberapa kali sepanjang tahun, serigala hanya berkembang biak setahun sekali. Mereka juga memiliki musim kawin yang ketat yang terjadi dari Februari hingga pertengahan Maret, dengan anak Serigala yang lahir pada bulan April dan Mei.

Ukuran anak mereka juga berbeda. Seekor serigala rata-rata memiliki empat hingga lima anak anjing, sedangkan kotoran anjing dapat bervariasi. anak-anak anjing domestik rata-rata sekitar lima hingga enam anak, tetapi Anda melihat lebih banyak contoh di mana banyak ras anjing domestik yang berbeda dapat memiliki ukuran anak yang lebih besar.

Baca Juga:   Neapolitan Mastiff Dog, Anjing Penjaga dari Italia

Meskipun induk serigala dan anjing merawat dan memelihara anak-anaknya, anjing merawat anak-anaknya tanpa bantuan ayah. Kawanan serigala (yang disebut pack) terdiri dari ibu dan ayah serigala dan keturunannya. Sebaliknya, anjing tidak membentuk kelompok keluarga dengan cara yang sama.

5. Bermain Bisa Berarti Banyak Hal

Seekor anjing domestik bermain terutama untuk bersenang-senang. Untuk seekor anjing serigala, bermain sangat penting untuk mempelajari kelangsungan hidup dan keterampilan sosial. Hal Itu mengajari mereka cara berburu; mengajari mereka bagaimana mempelajari bagaimana mendisiplinkan anggota kelompok ketika mereka menjadi pemimpin.

Membantu mereka mempelajari batasan mereka, sama seperti anak-anak manusia. Pembelajaran sosial itu sangat penting sehingga ketika mereka beranjak dewasa, kawanan mereka tahu cara berkomunikasi satu sama lain dan bekerja sama serta saling menghormati sehingga mereka dapat berburu bersama dan menjaga kawanannya tetap sehat.

Para ahli mengatakan bahwa anjing juga perlu mempelajari batasan sosial, tetapi keterampilan itu tidak sepenting serigala. Perbedaan perilaku anjing ini juga terlihat selama masa dewasa. Tidak seperti serigala, anjing bermain terus menerus sepanjang hidup mereka dan juga akan bersosialisasi dengan banyak spesies dan bahkan menunjukkan perilaku afiliasi.

6. Nutrisi Anjing vs. Nutrisi Serigala

Anjing adalah omnivora yang berevolusi untuk memakan apa yang kita makan. Sebaliknya, Sistem pencernaan serigala dapat memproses daging mentah, bertahan lebih lama tanpa makan, dan menyerap nutrisi dengan cara yang berbeda dari pada anjing peliharaan. Ini adalah item penting untuk diingat saat memilih jenis makanan untuk anjing peliharaan Anda, karena kemampuannya untuk mencegah patogen umum dalam makanan mentah sangat terbatas.

Serigala terkadang memakan bahan tumbuhan, tetapi mereka adalah karnivora sejati. Mereka juga makan lebih banyak daripada anjing. Serigala tahu bahwa mungkin akan ada waktu yang lama di antara waktu makan atau akan dicuri, jadi mereka bisa makan banyak sekaligus. Mereka sebenarnya dapat menampung antara 10 dan 20 pon (4 – 9 kg), tergantung pada spesiesnya. Sedangkan anjing peliharaan, kita memberi mereka secangkir makanan di pagi hari dan secangkir di sore hari.

Baca Juga:   7 Jenis Anjing Galak Paling Berbahaya di Dunia

Seekor anjing domestik yang diberi makan makanan serigala mungkin akan sakit dan diare karena tingginya tingkat protein. Sebaliknya, Jika kita memberi makan serigala dengan makanan anjing peliharaan, mungkin mereka akan merasa kurang puas.

7. Serigala Lebih Pemalu dari Anjing Domestik

Meskipun digambarkan di beberapa media sebagai binatang yang ganas, para ahli mengatakan bahwa serigala sebenarnya pemalu dan akan menghindari orang. Serigala juga sangat jarang menyerang seseorang.

Ketika para peneliti meneliti perilaku serigala sebagai bagian dari Proyek Serigala Yellowstone, mereka mendekati mangsa yang baru saja dijatuhkan serigala. Anda akan berpikir ini adalah hal yang ingin mereka lindungi dan menyerang Anda, tetapi serigala melarikan diri.

Anjing x serigala (wolf-dog) adalah salah satu dari keduanya. Jika Anda menggabungkan kekuatan, kecerdasan, dan keliaran serigala, dan menggabungkannya dengan kurangnya rasa takut yang dimiliki anjing, itu bisa menjadi situasi yang cukup serius.

8. Serigala Adalah Pemecah Masalah Yang Lebih Kuat

Dilansir dari petmd.com, studi yang mengamati kemampuan pemecahan masalah pada serigala dan anjing menunjukkan bahwa ketika masalah menjadi lebih sulit, anjing pada akhirnya akan berhenti, sedangkan serigala akan mencoba mencari tahu sendiri.

Dalam sebuah penelitian, anjing dan serigala harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki untuk mendapatkan hadiah. Mereka harus menarik tali pada waktu yang sama agar nampan bisa masuk dan memberi mereka makanan. Serigala itu mengetahuinya dengan cepat.

Anjing peliharaan itu tidak pernah benar-benar menemukan masalahnya sampai mereka memiliki seorang teman manusia yang mengajari mereka bahwa mereka perlu menarik tali.

Perbedaan antara serigala dan anjing cukup mencolok sehingga para ahli merekomendasikan untuk tidak memelihara serigala, meskipun terlihat seperti anjing yang baik, namun penanganan mereka berbeda dengan anjing domestik.

error: