15 Perbedaan Katak dan Kodok Paling Mencolok

daftarhewan.com. Perbedaan katak dan kodok. Adapun persamaannya, kodok dan katak sama-sama merupakan hewan amfibi dari ordo Anura.

Mereka berdua memakan hal serupa seperti serangga dan tikus kecil, berkembang biak dengan amplexus, dan bertelur di air selama musim kawin.

perbedaan katak dan kodok, apa perbedaan katak dan kodok, perbedaan katak dengan kodok, perbedaan katak dan kodok brainly, perbedaan katak sama kodok, tabel perbedaan katak dan kodok, jelaskan perbedaan katak dan kodok, perbedaan kodok dan katak adalah, terangkan perbedaan katak dan kodok secara ringkas, perbedaan katak dan kodok pdf

Gambar perbedaan katak dan kodok

Perbedaan Katak dan Kodok

Jika kita dapat mengingat beberapa tampilannya, Kita dapat membedakan antara katak dan kodok secara langsung.

Ketika kita berbicara tentang perbedaan antara katak dan kodok, yang kita maksud biasanya adalah keluarga “katak sejati” dan “kodok sejati”.

Mereka kebanyakan memiliki tubuh, kaki, jari kaki, kulit, habitat, dan gerakan yang berbeda. Setiap kali kita melihat kata “bufo” dalam nama ilmiahnya, dapat dianggap bahwa hewan itu adalah kodok. Kata “rana” digunakan untuk katak. Kedua genera mencakup sekitar 300 spesies.

Mereka hidup di daerah dingin hingga zona tropis. Jumlah spesies terus meningkat karena spesies baru masih ditemukan sampai sekarang. Di bawah ini, kita akan menemukan sebagian besar pengetahuan untuk mengetahui yang mana Katak dan Mana Kodok. Berikut Penjelasannya :

1. Tubuh, Kaki dan Jari Kaki Mereka Berbeda

Sebagian besar tubuh Katak cukup ramping, memiliki kaki panjang dan kurus serta jari-jari kaki berselaput.

Kodok jauh lebih besar, dan memiliki tubuh yang tebal dan bulat serta kaki yang pendek. Lidah kodok tidak sepanjang atau lengket seperti lidah Katak. Kodok menggerakkan mulutnya dekat dengan makanannya.

2. Kodok Memiliki Jari yang Seperti Cakar

“Jari cakar” mungkin sedikit berlebihan secara metaforis, tetapi perhatikan gambar di bawah ini untuk memahami seperti apa jari kodok itu. Jari mereka cukup panjang dan memiliki sedikit bagian yang terlihat seperti kuku, kulit yang mengeras, atau “cakar” yang membantu mereka menggali.

perbedaan kaki katak dan kodok, kaki katak dan kodok, gambar kaki katak dan kodok

Sedangkan Katak diperlengkapi anggota tubuh yang melengkapi kemampuannya untuk memanjat atau berenang tergantung pada spesiesnya.

Jadi katak air memiliki jari kaki berselaput untuk membantu mendorong mereka di dalam air, dan katak arboreal (hidup di pohon) memiliki jari kaki yang empuk untuk membantu mereka memanjat pohon dan menempel utuk pergi

3. Perbedaan Kulit Kodok dan Katak

Katak memiliki kulit yang halus dan basah dan kodok memiliki kulit yang kering dan kasar yang sering tertutup kutil dan seperti bisul.

4. Bagaimana Mereka Bergerak?

Katak sering melompat. Kodok tidak begitu pandai melompat. Kaki pendek Kodok tidak memiliki kekuatan otot yang cukup untuk menggerakkan tubuh mereka yang tebal dan berat di udara.

5. Habitat

Dimana Kodok dan Katak tinggal? Katak hampir selalu ditemukan di dekat air atau di tempat lembab. Kodok tidak terlalu bergantung pada air, sehingga dapat ditemukan lebih jauh dari sungai dan danau.

Meskipun katak dan kodok bertelur di air, katak biasanya tinggal lebih dekat dengan badan air sepanjang hidup mereka dan membutuhkan air untuk habitatnya.

gambar katak pohon, katak pohon bahasa inggris, bahasa inggris katak pohon, habitat katak pohon, jenis katak pohon, pengertian katak pohon

Gambar katak pohon

Apakah mereka tinggal di pegunungan atau hutan tropis, katak umumnya hidup di dekat danau, kolam, anak sungai, sungai atau rawa-rawa.

Sebagai perbandingan, kodok tidak membutuhkan banyak akses ke air. Kodok paling sering ditemukan di daerah kering seperti padang rumput atau ladang dan bahkan dapat muncul di pekarangan orang.

Selain itu, kodok membutuhkan akses ke tanah, lumpur, atau ruang gelap, tersembunyi, dan lembab untuk menggali di dalam habitatnya.

6. Apakah Kodok dan Katak Beracun?

Semua kodok beracun bagi hewan peliharaan, beberapa kodok beracun bagi manusia, dan beberapa katak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.

7. Apakah Kodok Bisa Berenang?

Umumnya kodok tidak bisa berenang dengan baik dan cenderung hanya berada di air untuk bereproduksi secara amplexus dengan pasangan dari spesies yang sama dari lawan jenis.

Berlawanan dengan katak, kodok meninggalkan air untuk hidup di darat setelah mereka tidak lagi berudu dan hanya kembali ke air selama musim kawin.

kodok padang pasir, katak padang pasir

Gambar kodok

8. Apakah kodok dan katak bisa dikawinkan?

Secara biologis katak dan kodok dapat kawin silang. Namun, katak dan kodok seringkali memiliki musim kawin yang berbeda, tidak ada alasan kuat bagi mereka untuk kawin silang, tidak mungkin menghasilkan keturunan yang layak.

9. Tabel Perbedaan Katak Dan Kodok

Tabel ini menunjukkan kepada kita ringkasan perbedaan paling mencolok antara katak dan kodok :

tabel perbedaan katak dan kodok, tabel perbedaan kodok dan katak

error: