Perbedaan Kucing Jantan dan Betina

Posted on

daftarhewan.com. Perbedaan Kucing Jantan dan Betina. Pada intinya membandingkan atau cara membedakan kucing jantan dan betina adalah hal simpel, yakni dengan mengecek alat kelamin kucing.

Kucing jantan bisa dikenal karena mempunyai testis, dan kucing yang tidak memiliki organ mencolok kantong skrotum berarti betina.

cara membedakan kucing, cara membedakan kucing jantan dan betina, cara membedakan anakan kucing jantan dan betina, cara bedain kucing jantan dan betina, cara membedakan kucing betina dan jantan, cara mengetahui jenis kucing, cara mengetahui kucing jantan dan betina, bagaimana cara membedakan kucing jantan dan betina, membedakan kelamin kucing, cara membedakan kucing laki-laki dan perempuan, cara membedakan kucing kecil jantan dan betina, cara membedakan jenis kucing
Kucing Jantan dan Betina

Tetapi, berbeda hal dengan kucing yang baru lahir atau kucing yang masih anak atau kitten.

Mereka umumnya belum memiliki perbedaan yang berarti di antara jantan dan betina.

Tapi ada loh langkah untuk membedakan mereka, berikut penjelasan bagaimana cara membedakan anakan kucing jantan dan betina.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Anak Kucing

Kucing-kucing yang baru lahir mempunyai performa yang cukup serupa, hingga sedikit susah diperbedakan di antara yang jantan dan yang betina.

Testis pada kucing jantan belum terlihat jelas ketika baru lahir.

Pertanda jenis kelamin akan gampang dikenal jika umurnya telah mencapai dua bulan, di mana pada kucing jantan akan ada benjolan yang disebut testis.

Tetapi rupanya ada langkah membedakan jenis kelamin anak kucing yang bisa Anda coba untuk mengenal anak kucing Anda.

1. Melalui Bentuk Lubang Kelamin

Langkah memilah jenis kelamin anak kucing satu diantaranya dengan memperhatikan area sekitaran anus.

Pada kucing jantan, ada anus, skrotum dan penis. Tetapi umumnya di saat kucing jantan masih kecil, kantong skrotum belum terlihat.

Baca Juga:   Apa Saja Penyakit Kulit Pada Kucing?

Dan sisi belakang kucing betina meliputi anus dan vulva atau aliran urin.

Pada anak kucing, alat kelamin baik skrotum dan penis dari kucing jantan dan vulva dari kucing betina masih berupa lubang yang belum kelihatan jelas menerangkan perbedaan kucing Jantan dan betina.

Di bawah anus kucing ada lubang yang disebut alat kelamin yang walau memiliki bentuk serupa bisa dipakai untuk memperlihatkan jenis kelamin anak kucing.

Lubang alat kelamin kucing jantan mempunyai wujud yang sedikit berlainan dengan betina.

Wujud lubang anak kucing jantan terlihat seperti lingkaran kecil dan lubang kucing betina seperti belahan dengan celah vertikal pendek.

Bila dideskripsikan, anus dan alat kelamin anak kucing yang memiliki kelamin jantan memiliki bentuk seperti terlihat titik dua (:) dan kucing berjenis kelamin betina akan terlihat seperti pertanda seru yang terbalik (¡).

cara membedakan kucing jantan dan betina, membedakan kucing jantan dan betina, ciri ciri kucing jantan, beda kucing jantan dan betina, cara membedakan kucing jantan dan betina saat masih kecil, cara bedain kucing jantan dan betina, ciri kucing jantan perbedaan kucing jantan dan betina saat masih kecil, perbedaan kucing betina dan jantan, cara membedakan kucing betina dan jantan, cara mengetahui jenis kelamin kucing kecil, cara membedakan jenis kelamin kucing kecil, cara mengetahui jenis kelamin kucing, cara membedakan jenis kelamin kucing

2. Jarak Anus dan Lubang Kelamin

Disamping lewat wujud lubangnya, langkah membedakan jenis kelamin anak kucing dapat dilaksanakan melalui jarak anus dengan lubang alat kelamin.

Anak kucing betina mempunyai jarak anus dan lubang alat kelamin yang lebih pendek.

Dan kucing berjenis kelamin jantan mempunyai jarak anus dan lubang alat kelamin yang lebih lebar yang nanti tumbuh jadi testis.

Jarak anus dengan lubang kelamin pada anak kucing jantan umumnya sekitar 1,5 sampai 2 cm dan pada betina sekitaran 1,3 cm.

Kadang testis dari anak kucing bisa dirasakan, ada tonjolan kecil kantong skrotum atau ada tempat yang sedikit memiliki warna gelap.

Testis pada anak kucing akan berkembang dan mulai terlihat sesudah minimal berusia enam minggu.

Baca Juga:   10 Tanda Kucing Menyukai Kita Sebagai Tuannya

3. Langkah Mengecek Anus dan Kelamin Kucing

Saat mengecek area anus kucing, Anda perlu mengangkat badan anak kucing itu.

Hati-hatilah saat mengakat badan mereka, karena kemungkinan tidak seluruhnya anak kucing nyaman untuk disentuh.

Dekatilah mereka perlahan-lahan selanjutnya berdiri atau membungkuklah di dekat mereka.

Seterusnya pakai satu tangan untuk menggenggam area perut dan tangan satunya memegang ekor.

Kerjakan aktivitas ini dengan lembut dan berhati-hati supaya kucing nyaman dan tidak tersakiti. Lantas posisikan anak kucing supaya bagian ruang ekor dan anus berada di depan wajah Anda.

Pegangi badan kucing, pakai tangan satunya untuk mengangkat ekor kucing.

Saat ini Anda bisa mengecek alat kelamin kucing dengan memperhatikan wujud lubang dan jarak lubang pada anus.

Untuk mempermudah pengamatan, Anda bisa menempatkan kucing di atas sofa atau tempat yang lebih tinggi lainnya.

Terlebih bila anak kucing sedikit melawan atau mungkin tidak tenang.

Supaya kucing merasa nyaman, usap atau elus kucing di bagian punggung bawah dekat dengan ekor.

Umumnya beberapa kucing akan mengangkat ekornya. Lantas Anda dapat mengawali untuk memperhatikan bagian tempat anus dan alat kelamin untuk menentukan jenis kelamin anak kucing Anda.

Tetapi bila Anda masih mengalami kesusahan atau sangsi dengan hal tersebut, Anda bisa menanti anak kucing Anda tumbuh dan memulai memperlihatkan jenis kelaminnya, jantan akan kelihatan penis dan skrotum.

4. Cara Bedain Kucing Jantan dan Betina

Langkah membandingkan jenis kelamin anak kucing dapat diperlihatkan lewat mengamati ciri-ciri fisik anak kucing.

Ciri-ciri fisik pertama yakni dari ukuran kepala. Umumnya ukuran kepala anak kucing jantan terlihat lebih besar dibanding kepala anak kucing betina.

Baca Juga:   Kucing European Burmese, Sang Legendaris yang Manis

Tubuh kucing jantan juga umumnya terlihat lebih besar dibandingkan betina.

Namun langkah ini kemungkinan terkadang sedikit susah terutama jika tidak ada pembanding yang setara saat memperhatikan fisik anak kucing, baik dari ada pembanding lawan jenis kelamin, usia, dan jenis kucing.

Selainnya wujud kepala, langkah membedakan jenis kelamin anak kucing lewat ciri-ciri fisik dapat dilihat lewat warna bulu-bulu.

Kucing dengan warna calico, tortie, dilute calico, patched tabby, dan blue cream biasanya mempunyai jenis kelamin betina.

Calico dikenali dengan istilah tiga warna, atau di jawa disebutkan dengan belang telon atau kembang telon, misalkan kucing dengan warna kuning, putih, dan hitam.

Umumnya dan nyaris bisa ditegaskan kucing warna itu berjenis kelamin betina.

Sebetulnya ada kucing jantan dengan 3 warna, tetapi kasus itu terjadi sangat jarang bahkan juga hampir tidak ada.

Kucing jantan dengan 3 warna umumnya disebabkan karena abnormalitas genetik. Kucing jantan yang lahir dengan kromosom extra yang membuatnya mempunyai bulu-bulu dengan warna seperti kucing betina.

Rupanya langkah membedakan jenis kelamin anak kucing tidak benar-benar susah untuk dilaksanakan. Anda bisa mengenalinya lewat ciri-ciri fisik.

Tetapi karena tidak cukup hanya menyaksikan dari wujud fisiknya, Anda lebih bagus mengecek jenis kelamin anak kucing melalui tempat anus dan alat kelamin sama seperti yang sudah diterangkan sebelumnya dengan cermat.

Tetapi bila Anda masih menjumpai kesusahan, Anda bisa menanti anak kucing tumbuh dan memperlihatkan tanda-tanda jenis kelaminnya.

Comments are closed.