Pesut Mahakam, Si Irrawaddy Dolphin

daftarhewan.com. Pesut Mahakam yang bernama ilmiah Orcaella brevirostris atau Lumba-lumba Irrawaddy (Irrawaddy dolphin) ditemukan di daerah pesisir di Asia Selatan dan Tenggara, dan di tiga sungai: Ayeyarwady (Myanmar), Mahakam (Kalimantan Indonesia) dan Sungai Mekong. Lumba-lumba Irrawaddy Sungai Mekong menghuni bentangan sungai sepanjang 118 mil antara Kamboja dan Laos, dan mereka adalah hewan yang langka hanya 92 ekor yang diperkirakan masih ada. Lumba-lumba ini memiliki dahi yang membulat, paruh pendek, dan 12-19 gigi di setiap sisi kedua rahangnya.

lumba air tawar di sungai mahakam tts, lumba lumba air tawar sungai mahakam, lumba lumba air tawar di sungai mahakam tts 88, lumba lumba air tawar di sungai mahakam, lumba lumba air tawar sungai mahakam tts, lumba-lumba air tawar di sungai mahakam adalah, lumba lumba air tawar di mahakam, lumba lumba air tawar, lumba lumba air tawar mahakam, lumba-lumba air tawar sungai, ikan lumba air tawar tts, lumba lumba air tawar yang ada di sungai mahakam

Pesut Mahakam

Lumba-lumba Irrawaddy tidak dikenal sangat akrobatik atau suka pamer, tetapi sejarah hubungan dekat mereka dengan kapal penangkap ikan membuat mereka mudah didekati, untuk melihat lumba-lumba ini di beberapa wilayah Asia Tenggara di mana mereka dianggap sebagai fokus utama wisata bahari. Baca : Lumba-lumba air tawar

Preferensi mereka untuk habitat dekat pantai yang terkait dengan masukan air tawar membuat mereka tetap tinggal di wilayah geografis yang cukup terbatas, dan oleh karena itu membuat mereka lebih mudah ditemukan daripada beberapa spesies yang memiliki kebiasaan jelajah yang lebih luas.

Baca Juga:   20 Hewan dari Huruf D Bahasa Inggris, Gambar dan Keterangan

Tetapi pembatasan habitat ini juga menempatkan mereka pada risiko besar dari ancaman yang disebabkan oleh manusia seperti terjerat pada alat penangkap ikan atau jaring, perubahan habitat dari pembangunan pantai, polusi, dan gangguan dari lalu lintas kapal.

a. Pesut Mahakam berasal dari?

Pesut Mahakam Berasal dari negara-negara berikut: Bangladesh; Brunei Darusssalam; Kamboja; India; Indonesia; Republik Demokratik Rakyat Laos; Malaysia; Myanmar; Filipina; Singapura; Thailand; Lumba-lumba Snubfin Vietnam berasal dari: Australia; dan mungkin Indonesia dan Papua Nugini.

Penyebaran atau distribusi Pesut Mahakam tersebar tidak merata di seluruh perairan air tawar dan wilayah pesisir di Asia Tenggara. Tiga populasi air tawar utama mendiami sungai Ayeyarwady, Mekong, dan Mahakam. Populasi pesisir hidup di perairan payau atau asin, dan umumnya berhubungan dengan daerah masukan air tawar, seperti delta sungai, saluran bakau, dan muara.

Spesies terkait, lumba-lumba Snubfin Australia (Australian Snubfin dolphin – Orcaella heinsohni) hanya ditemukan di lepas pantai Utara Australia dan sekitar Papua Nugini.

Baca Juga:   3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Gambarnya

b. Reproduksi

Sedikit yang diketahui tentang sejarah hidup Pesut Mahakam. Mereka cenderung berada dalam kelompok kecil yang terdiri dari 2-6 individu, tetapi kelompok yang lebih besar telah didokumentasikan di Sarawak dan Thailand. Agregasi yang lebih besar ini diyakini terkait dengan perkawinan. Kehamilan diperkirakan berlangsung sekitar 14 bulan, dengan puncak kelahiran pada musim pramonsun April-Juni, tetapi bisa juga terjadi sepanjang tahun.

pesut mahakam, ikan pesut mahakam, gambar pesut mahakam, pesut mahakam berasal dari, foto pesut mahakam, pesut sungai mahakam, asal mula pesut mahakam, klasifikasi pesut mahakam, pesut mahakam merupakan fauna air yang, pesut mahakam story, legenda pesut mahakam singkat, konservasi pesut mahakam, manfaat pesut mahakam, pesut mahakam populasi, penyebab pesut mahakam langka

Gambar Pesut Mahakam

c. Ancaman dan Konservasi

Predator alami utama lumba-lumba Irrawaddy diasumsikan adalah hiu, tetapi yang lebih memprihatinkan adalah banyak ancaman yang disebabkan oleh manusia yang mereka hadapi. Seperti halnya semua paus dan lumba-lumba, keterikatan yang tidak disengaja pada alat tangkap, yang dikenal sebagai tangkapan sampingan, adalah sumber utama kematian yang disebabkan oleh manusia untuk Pesut Mahakam.

Hal ini terutama berlaku di daerah pesisir di mana jaring besar adalah alat tangkap utama yang digunakan, karena ini sering dipasang dan dibiarkan tanpa pengawasan untuk jangka waktu yang lama, melibatkan Pesut Mahakam saat mereka melakukan perjalanan atau mengejar ikan ke dalam jaring.

Baca Juga:   10 Contoh Hewan Amfibi Beserta Ciri-Cirinya

Daerah pertanian dan industri di daerah pemukiman padat manusia juga terkait dengan tingkat kontaminan yang tinggi di daerah pesisir tempat Pesut Mahakam berada, dan penelitian terbaru terhadap enam populasi lumba-lumba Irrawaddy mendokumentasikan tingkat kelainan kulit yang tinggi yang dianggap terkait dengan kualitas air yang buruk.

d. Status Konservasi

Tidak ada perkiraan kisaran jumlah untuk lumba-lumba Irrawaddy, dan beberapa populasi telah dipelajari dengan cukup cermat untuk menghasilkan perkiraan populasi.

Tetapi yang telah dipelajari, angkanya umumnya rendah (dari 10 hingga 100). Tinjauan IUCN baru-baru ini atas studi dan literatur yang tersedia menyimpulkan bahwa ancaman yang dihadapi populasi yang terfragmentasi di seluruh rentang spesies mendapat status Terancam Punah baru dalam Daftar Merah IUCN dan spesies tersebut juga membawa daftar Apendiks 1 CMS (Conservation of Migratory Species of Wild Animals). Tiga subpopulasi Irrawaddy Dolphin sungai (Mekong, Ayeyarwady, dan Mahakam), satu di Songkhla Lagoon di Thailand, dan satu di Malampaya Sound, Filipina terdaftar sebagai Critically Endangered (CR) di IUCN Red List.

error: