Bagaimana Prospek Bisnis Ikan Hias di Indonesia?

daftarhewan.com. Prospek bisnis ikan hias. Menurut Almarhum Bob Sadino, pada hakikatnya peluang bisnis ikan hias di masa mendatang masih cukup luas, baik di pasar Internasional maupun pasar dalam negeri. Yang penting kita jeli dan mampu mengikuti trend serta irama perkembangan pasar.

Kita harus tanggap dalam memperbanyak stok jenis atau strain ikan hias yang diperlukan konsumen, baik untuk eksportir, pedagang penampung, maupun pedagang pengecer. Yang paling booming sekarang atau saat ini adalah ikan cupang, yang disukai banyak orang. Cara pemasarannya pun mudah dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram.

prospek ikan hias, prospek bisnis ikan hias, prospek usaha ikan hias, bagaimana prospek bisnis ikan hias di indonesia, prospek ikan hias air tawar, prospek ikan hias 2021-2022-2023-2024-2025, prospek usaha ikan hias air tawar, prospek ikan hias di indonesia, jenis prospek ikan hias, prospek jualan ikan hias, prospek jual ikan hias

Ikan hias yang telah dibudidayakan umumnya ikan hias air tawar. Ada sekitar 62 jenis ikan hias air tawar yang sudah dipelihara sebagai ikan hias akuarium. Ada yang mudah dikembangbiakkan, ada pula yang sulit.

Bahkan ikan hias asli Indonesia sendiri masih banyak yang merupakan hasil tangkapan dari alam, seperti ikan macan Botia Macracanthus (Botia Badut), ikan seluang Rasbora Heteromorpha, ikan Sumatra Barbus Tetrazona.

Mengusahakan ikan hias yang mudah dikembangbiakkan jelas banyak saingannya, sehingga bisa mengurangi jumlah keuntungan yang akan diperoleh. Kecuali kalau usaha itu dilakukan lewat perjanjian dengan eksportir atau pedagang pengumpul disertai jaminan harga dan standar mutu yang berlaku.

Baca Juga:   Tentang Ikan Red Tail Catfish si Lele Ekor Merah

Sebaliknya, mengusahakan ikan hias yang selama ini masih sulit dikembangbiakkan seperti ikan diskus, severum, dan arwana jelas memberi keuntungan tersendiri bagi produsennya, karena harga ikan relatif tinggi dan stabil.

Sekitar 250 jenis ikan hias laut yang potensial diperdagangkan, semuanya masih merupakan hasil tangkapan dari alam. Beberapa jenis yang telah populer di masyarakat adalah ikan betmen Pomacanthus Imperator, ikan bendera Zanclus Cornatus, ikan Letter Six Paracanthus Hepatus, ikan trigger kembang Balistoides Niger, serta ikan butana kacamata Acanthurus Achilles. Apapun rencana kita sebagai pengusaha ikan hias, tentukan dulu usaha itu sebagai bisnis atau sekadar hobi. Sebagai bisnis usaha tersebut membutuhkan wawasan luas, selain modal besar. Kalau sekedar hobi cukup diusahakan di sekitar pekarangan saja.

Baca Juga:   8 Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

Harga ikan hias sangat bervariasi, dan sampai saat ini belum ada standar mutu resmi ikan hias. Yang jelas mutu ikan itu sangat tergantung pada penampilannya saat dilihat konsumen. Dengan demikian cara penangkapan, penanganan, penampungan, dan pengepakan sangat menentukan kondisi ikan pada akhirnya.

Dalam penangkapan dibutuhkan sarana dan alat tangkap yang baik, agar kulit atau badan ikan tidak terluka. Ikan yang terluka cepat sekali merosot daya tahannya.

Dalam penanganan dan penampungan ikan, penting sekali diperhatikan kondisi baik atau buruknya akuarium sebagai wadahnya, mutu air, kadar oksigen, keasaman, salinitas, suhu, pakan, dan kebutuhan hidup ikan lainnya agar ikan tetap sehat dan prima kondisinya.

Baca Juga:   7 Ikan Hias yang Bisa Besar di Aquarium

Pengepakan untuk tujuan transportasi ikan hias berperan sangat penting dalam mencegah terjadinya kerugian, karena mortalitas tinggi dan menurunnya kondisi kesehatan ikan hias sangat tergantung dari sistem transportasinya.

Tujuan utama ekspor dalam bisnis ikan hias Indonesia adalah Singapura, yang rata-rata per tahun mencapai 25-50% dari total ekspor ikan hias Indonesia. Negara tujuan ekspor lainnya adalah Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Perancis, Belanda, Inggris, Italia, Swiss, Swedia, dan Belgia.

Apakah di Indonesia ada tempat pembibitan ikan hias yang cukup lengkap? Hal ini sulit dijawab, karena dalam usaha budidaya ikan hias itu kebanyakan petani hanya melakukan pilihan usaha tertentu saja. Ada yang khusus memproduksi benih, ada yang khusus membesarkan, dan ada yang hanya menampung produksi ikan hias dari petani untuk dijual ke pedagang ikan hias besar atau eksportir.

error: