Ras Kucing Siberia, Teman Setia yang Istimewa

daftarhewan.com. Sekilas, penampilan kucing Siberia terlihat mirip dengan Maine Coon dan Norwegian Forest. Bisa jadi, mereka memang memiliki galur yang sama atau genetik yang saling terkait. Namun, masing-masing ras tentu memiliki keunikannya sendiri.

kucing hutan siberia, kucing dari siberia, kucing siberian forest cat, gambar kucing siberia, jenis kucing siberia, siberian kucing, kucing ras siberian

Ingin tahu keistimewaan mereka? Yuk, simak!

Berikut ini informasi penting seputar ras kucing Siberia:

a. Ukuran

Sedang, hingga besar.

b. Berat Tubuh

4-8,5 kilogram.

c. Tipe Bulu

Semi-panjang.

d. Variasi Warna

Putih, hitam, biru, merah, krem, ​​dan silver, dengan berbagai corak dan gradasi.

e. Karakter dan Perilaku

Kucing Siberia memiliki perangai yang hangat dan penuh kasih sayang. Mereka dapat mengikuti Anda sepanjang hari, atau mendengkur di pangkuan Anda ketika bulu-bulunya tengah disisir. Kucing Siberia menyukai perhatian dari pemiliknya, namun juga tidak malu-malu saat berada di sekitar orang asing.

Baca Juga:   3 Cara Memberi Makan Kucing, Mana yang Terbaik?

Di samping itu, kucing Siberia tergolong aktif dan suka bermain. Mereka menyukai permainan lempar-tangkap dan mempelajari berbagai macam trik yang melibatkan stimulasi mental.

Postur tubuh yang atletis, juga mendukung mereka untuk memanjat dan bertengger di ketinggian. Kucing Siberia sangat pemberani, suka bermain air, serta dapat bersahabat dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

f. Ciri Fisik

Bentuk kepala kucing Siberia menyerupai baji berkontur lembut, dengan telinga berumbai yang berukuran sedang hingga besar. Mata mereka cenderung bulat, dengan warna hijau hingga tembaga, serta biru pada beberapa kucing Siberia berwarna putih. Postur kucing Siberia begitu atletis, dengan kaki kokoh, tubuh kekar, serta ekor panjang dan tebal, yang nampak menakjubkan.

g. Masa Hidup

11-15 tahun.

h. Perawatan Bulu

Kucing Siberian mengalami kerontokan bulu pada musim-musim tertentu, meliputi musim semi dan musim gugur. Maka, agar bulu-bulu mereka tetap sehat dan tidak kusut, lakukan penyikatan beberapa kali dalam seminggu. Namun, mereka tidak terlalu butuh mandi, karena memiliki bulu berlapis tiga yang tahan air.

Baca Juga:   Penyebab Bulu Kucing Rontok Parah Sampai Botak

i. Kesehatan

Kondisi kesehatan kucing Siberia cukup prima. Namun, seperti ras kucing lainnya, mereka masih berisiko mengalami kardiomiopati hipertrofi, yaitu penebalan otot jantung yang mengurangi efektivitas jantung untuk memompa darah.

j. Makanan Kucing Siberia

kucing siberan, jenis kucing besar yang bisa dipelihara, jenis kucing besar peliharaan, kucing besar jenis apa, jenis kucing berbadan besar, jenis kucing badan besar, jenis kucing bertubuh besar

Sebagai kucing yang aktif dan energik, kucing Siberia membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi. Maka, berikan makanan kucing berkualitas, dengan gizi lengkap dan seimbang, yang sesuai dengan usia dan tingkat aktivitas mereka.

Sementara itu, seperti ras kucing domestik besar lainnya, kucing Siberia butuh waktu hingga 5 tahun, untuk mencapai kedewasaan. Berikan makanan khusus anak kucing untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka pada masa awal kehidupan, namun Anda perlu beralih ke makanan kucing dewasa sebelum waktu tersebut.

k. Asal muasal

Beradaptasi dengan iklim subarktik di Rusia, bulu kucing Siberia cenderung panjang dan tebal. Riwayat kucing Siberia merujuk sekitar 1000 tahun lalu, sebagai pengusir tikus dan hewan pengerat lainnya, untuk menjaga pasokan makanan.

Baca Juga:   15 Jenis Penyakit yang Ditularkan oleh Kucing

Mereka baru melintasi wilayah asalnya pasca Perang Dingin, dan pertama kali diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1990. The International Cat Association (TICA) mengakui ras tersebut di tahun 1996, lalu diikuti dengan American Cat Fanciers Association (ACFA) pada tahun 1999 dan the Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 2006.

l. Fakta Menarik

  • Entitas kucing Siberia kerap muncul dalam dongeng, cerita rakyat, dan buku anak-anak asal Rusia.
  • Riwayat tentang ras kucing Siberia baru tercatat di tahun 1980-an, dengan referensi yang merujuk ke masa 1000 SM.
  • Diperkirakan, ras kucing Siberia merupakan nenek moyang dari kucing berambut panjang lainnya, seperti Kucing Hutan Norwegia dan Maine Coon.
  • Ada kalanya, kucing Siberia mendapat sebutan lain, yaitu Siberian Forest Cat atau Moscow Longhair.
  • Terdapat klaim hipoalergenik untuk kucing Siberia, namun belum terbukti secara ilmiah.
error: