Royal Gramma Fish, Ikan Laut yang Cantik

daftarhewan.com. Royal gramma fish. Di bumi ini, ada dua tempat yang dihuni oleh ikan gramma loreto atau Royal gramma ini, dan Indonesia cukup beruntung menjadi salah satu tempat ikan yang terkenal disebut si ikan cantik ini.

Di Indonesia, Gramma loréto (Fairy Basslet), hanya terdapat di perairan pantai Bali, sedangkan di luar negeri, hanya terdapat di gugusan pantai Bermuda. Di Indonesia, ia lebih dikenal dengan sebutan “ikan cantik”. Sebutan ini tidak mengada-ada. Lihat saja, selain tubuhnya yang ramping itu terbungkus oleh dua warna, yaitu warna megenta yang cerah dan kuning cemerlang, di sekeliling matanya juga tertaburi warna biru. Ikan itu mirip gadis yang memakai eye shadow.

Royal gramma, royal gramma fish, royal gramma price, royal gramma basslet care, royal gramma diet, royal gramma behavior, royal gramma pair, royal gramma dottyback, royal gramma fish care, royal gramma saltwater fish, royal gramma size, royal gramma reef safe, royal gramma hiding

Royal gramma

Yang membedakan ikan cantik merbuda dari ikan cantik Indonesia adalah, yang dari Bermuda mempunyai warna hitam kecil berbentuk lingkaran di pojok sirip punggungnya yang depan, sedang di sekeliling matanya yang biru terdapat goresan lembut warna violet yang menulur dari pangkal kelopak mata ke arah atas belakang mata, hingga tampak seperti alis.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

Perbedaan lain terdapat pada susunan paduan warna magenta dengan kuning. Pada Royal Gramma Fish atau si Cantik dari Bermuda, warna itu berbaur di bagian tengah tubuhnya, sehingga terlihat ada gradasi warna di situ. Sedangkan yang berasal dari Indonesia, perpaduannya berbentuk blok. Separuh tubuhnya diblok warna magenta, dan separuh lainnya di blok warna kuning.

Ikan dari famili Grammidae ini, bukan jenis ikan buas. Ia jinak dan agak pemalu. Namun ia senang sekali bermain di dekat batu karang dan anemon, dengan sangat lincah.

Di habitat atau alam aslinya, si ikan laut cantik ini hanya dapat mencapai panjang 8 cm saja. Jadi, bila akuarium kita memerlukan ikan hias yang jinak, si cantik ini bisa merupakan salah satu pilihan. Selain jinak dan cantik, ia juga tetap mungil atau berukuran kecil. Hanya saja perlu diketahui, bahwa ikan ini tidak tahan keasaman air. Air akuarium sebaiknya ber pH 8, jangan sampai lebih rendah dari itu. Sedangkan suhu air akuarium sebaiknya antara 26 – 28 oC. Dan akan lebih baik lagi bila air akuarium diganti setiap seminggu sekali.

royal gramma basslet, royal gramma care, royal gramma personality, royal gramma peaceful, royal gramma marine fish, royal gramma or dottyback, royal gramma names, pictures of royal gramma

Gramma loreto dari Bali – Indonesia

Makanan yang disukai oleh Gramma loreto adalah larva serangga yang masih hidup. Ia tidak akan makan mangsanya yang sudah mati. Ia bukanlah ikan yang tahan lapar. Maka jangan sampai kita lupa memberi makan ikan cantik ini. Yang paling paling aman adalah memberikan makan tiga kali sehari.pagi, siang dan malam hari.

Baca Juga:   17 Ikan Hiasan Air Tawar Cantik di Malaysia

Seperti ikan akuarium lainnya, warna ikan cantik ini dapat pudar bila kekurangan sinar matahari. Untuk mencegah warnanya pudar, kita perlu menyediakan akuarium kecil, yang digunakan sebagai tempat berjemur si cantik di terik matahari setiap dua minggu sekali. Ini masih lebih mending daripada harus memindahkan akuarium itu ke luar rumah.

Harga ikan ini cukup mahal. Yang asli Indonesia mencapai Rp. 500.000,- Rp. 1.000.000,- seekornya (sebesar  5 cm). Sedangkan si cantik yang berasal dari luar negeri dapat mencapai Rp. 1.100.000 – 1.700.000 dengan besar dan panjang tubuh 5 – 6 cm. Di Indonesia harganya memang tinggi karena memang terbebani bea masuk.

error: