Rubah Merah, Apa ada di Indonesia?

daftarhewan.com. Ciri-ciri Rubah merah mempunyai bulu-bulu berwarna merah jingga di punggung, samping, dan kepalanya. Dia mempunyai bulu-bulu putih di bawah leher dan di dadanya. Mempunyai ekor lebat panjang berujung putih, telinga hitam runcing dan kaki hitam.

ciri ciri rubah merah, rubah merah, karakteristik rubah, deskripsi hewan rubah merah

Rubah Merah – via : imgur.com

Klasifikasi

Filum : Chordata
Kelas : Mamalia
Ordo : Karnivora
Family : Canidae
Genus : Vulpes
Nama ilmiah : Vulpes vulpes

Hewan Rubah merah adalah spesies rubah paling besar. Panjangnya dapat mencapai 45 hingga 90 cm, plus tambahan 30 sampai 55 cm untuk ekornya, dengan berat 3 sampai 14 kg. Jantan sedikit lebih besar dari betina.

Baca Juga:   Cara Kucing Berkembang Biak dan Beranak?

Bentang warna bulu-bulu mereka ialah dari merah kekuningan pucat sampai coklat kemerahan tua pada bagian atas, dan putih atau abu pada bagian bawah. Baca Juga : Tentang Rubah Putih

Kaki umumnya memiliki warna hitam pada bagian bawah dan ekornya kerap berujung hitam atau putih, dan mempunyai kelenjar ekor. Mata mereka berwarna kuning saat dewasa. Hidungnya warna hitam atau coklat tua.

1. Habitat

Rubah merah hidup di beberapa komunitas berlainan di penjuru dunia termasuk hutan, padang rumput, gurun dan pegunungan, mempunyai jangkauan geografis paling besar dari semua bagian keluarga Carnivora. Mereka bisa menyesuaikan secara baik di habitat manusia seperti peternakan dan wilayah tepian kota, bahkan juga komunitas yang lumayan besar.

Apakah di Indonesia ada rubah? Rubah liar tidak ada di Indonesia. Mereka menyebar di semua belahan bumi utara tapi tidak hidup di Islandia, beberapa bagian Siberia, beberapa pulau Arktik, atau di gurun yang ekstrim. Mereka juga ada di Asia beriklim sedang, Afrika utara, dan Amerika Utara.

Baca Juga:   Sapi Berkembang Biak Dengan Cara?

Disamping itu, ada komunitas yang diperkenalkan di Australia, di mana rubah merah dipandang beresiko untuk mamalia asli dan populasi burung.

Rubah merah hidup dalam barisan keluarga yang berbagi daerah bersama. Rubah merah dewasa mempunyai daerah jelajah yang bervariatif dalam ukuran sesuai kualitas lingkungan. Di wilayah yang kaya makanan mereka bisa memiliki wilayah jelajah 5 sampai 12 km persegi, lebih besar di wilayah kekurangan bahan makanan dari 20 sampai 50 km persegi.

Penghuninya adalah jantan dewasa, dan satu atau dua betina dengan anak-anak mereka. Keluarga dan individu tinggal di sarang yang dibuat dari tanah dan kerap kali mempunyai lubang darurat dalam daerah jelajah. Sering sarang yang sama dipakai selama beberapa generasi. Baca Juga : Rubah Ekor 9

Baca Juga:   20 Contoh Nama Hewan Vivipar dan Gambarnya

Rubah merah umumnya aktif pada malam hari (nokturnal), walau terkadang akan keluar pada siang hari. Rubah merah, tidak seperti mamalia lain, mereka mendengar suara frekuensi rendah dengan sangat baik.

Dia bisa mendengar binatang kecil menggali di bawah tanah dan akan sering menggali di tanah atau salju untuk menangkap mangsa. Rubah mengincar mangsanya, seperti kucing. Dia akan sedekat kemungkinan dan menangkap dan memburu mangsanya.

Kadang dia akan tidur pada tempat terbuka, melingkarkan ekornya yang lebat di sekitar hidungnya supaya tetap hangat. Saat dia menggunakan sarang, umumnya dia akan menemukan kelinci atau sarang marmut yang ditinggalkan daripada membuat sarangnya sendiri.

rubah tidur, rubah tidur menggulung ekornya,gambar hewan rubah, jenis rubah, apakah rubah termasuk anjing, rubah hewan, hewan rubah adalah, makanan rubah merah, hewan rubah di indonesia, sifat rubah merah, gambar hewan rubah merah, makanan hewan rubah merah, fakta hewan rubah merah, fakta rubah merah, kenapa rubah licik, fakta hewan rubah

Rubah Merah Tidur – via : pinterest.com

2. Rubah Hewan yang Licik

Kepandaiannya sudah memberikannya rekam jejak legendaris sebagai hewan yang pintar dan licik karena mereka kerap mengendap-ngendap mengambil telur burung atau mengambil makanan dari predator lain.

3. Makanan Rubah Merah

Rubah merah ialah omnivora dan makanannya benar-benar bervariatif. Mereka umumnya makan hewan pengerat kecil seperti tikus, hamster, tupai tanah, gerbil, Marmot Tanah dan sebagainya. Mereka makan burung, kelinci, landak, ayam kecil, ikan, terwelu, rakun, oposum, serangga, telur, dan reptil berukuran kecil.

Rubah Merah dapat berlari sekitar 30 mph yang merupakan kecepatan tercepat mereka. Kecepatan berlari mereka memungkinkannya menangkap mangsa dengan mudah.

4. Cara Rubah Merah Berkembang Biak

Perkawinan berjalan dari Januari sampai Maret. Betina membuat satu ataupun lebih sarang sesudah kawin. Sarang cadangan bisa dipakai bila yang utama terganggu.

Kehamilan sekitaran 2 bulan dan selanjutnya 1 sampai 10 anak lahir. Jantan menyuplai betina dengan makanan sementara betina menjaga anak-anaknya.

Pada umur sekitaran sebulan, kit (kelompok anak rubah) mulai bermain di luar sarang. Si ibu memberikan mereka makanan yang dimuntahkan dan membawa mereka mangsa hidup yang mereka “mainkan” saat sebelum makan, yang membantu meningkatkan ketrampilan berburu. Pada umur sekitaran 7 bulan anak-anaknya meninggalkan ibu dan mandiri.

5. Populasi

Secara global, nampaknya untuk tidak ada ancaman besar untuk binatang ini. Secara lokal, rubah ini kemungkinan menderita degradasi habitat, kehilangan habitat, dan fragmentasi, dan perburuan yang terlalu berlebih.

Komunitasnya di penjuru dunia susah untuk diprediksi, karena penyebarannya yang luas. Menurut IUCN, pada 1995, keseluruhan komunitas rubah Inggris pra-pemuliaan ialah sekitaran 240.000 individu. Komunitas di Jerman diprediksi sekitaran 600.000 di tahun 2000-2001. ICUN mengelompokkan hewan ini sebagai “Least Concern”, dengan trend populasi yang stabil.

Rubah merah membantu mengontrol komunitas mangsanya, seperti kelinci dan tikus. Mereka dapat menebarkan benih karena memakan buah.

Makanan Rubah, rubah merah, hewan rubah, apakah rubah termasuk anjing, hewan rubah adalah, makna hewan rubah, apakah ada rubah di indonesia, fakta rubah, hewan rubah di indonesia, hewan rubah asli indonesia, fakta rubah merah,rubah termasuk anjing, rubah merah hewan apa, sifat hewan rubah

Makanan Rubah – via : facebook.com

6. Apakah Rubah Termasuk Anjing?

Ya rubah adalah keluarga anjing. Anjing juga dikenal sebagai family Canidae dan termasuk rubah, serigala, jackal dan jenis lain dari anggota keluarga anjing.

7. Memelihara Rubah Merah

Apakah rubah merah bisa dipelihara? Rubah merah umumnya bukan hewan peliharaan yang bagus, meskipun mereka terlihat lucu. Kenyataannya adalah mereka tidak menjadi hewan piaraan yang baik, dan di sejumlah negara bagian, ilegal untuk memilikinya. Rubah ialah hewan liar, artinya mereka belum dijinakkan.

Tidak seperti spesies lain seperti anjing dan kucing, yang sudah dibiakkan untuk hidup secara mudah dengan manusia, rubah tidak cocok sebagai hewan di dalam ruangan.

8. Fakta Tentang Rubah Merah

  • Dengan indera pendengaran dan penciuman yang sangat baik, rubah ini bisa mendengar tikus mencicit lebih dari 100 kaki (30 meter). Mereka akan kerap menggali tanah atau salju untuk memburu mangsa.
  • Mereka terus akan memburu saat tidak lapar. Hal ini diperlukan untuk menyimpan makanan cadangan di bawah daun, tanah atau salju, untuk dimakan nantinya.
    Ekor rubah merah memiliki ukuran sekitaran sepertiga dari panjangnya. Dalam cuaca dingin itu berfungsi sebagai penghangat. Ini juga sebagai signal dalam melakukan komunikasi dengan rubah yang lain.
  • Rubah merah jantan disebut dog, dan betina disebut vixen. Rubah muda adalah “kit”, “cub” atau “pup”. Sebuah kelompok disebut “skulk”.
  • Rubah meninggalkan tapak jejak aroma urin untuk berkomunikasi dengan rubah lain.
error: