Moose, Rusa Besar Berbadan Tinggi!

Posted on

daftarhewan.com. Moose adalah rusa besar dengan tanduk palmate, punggung miring, dan mempunyai kulit yang tumbuh menggantung dari leher. Hewan ini berasal dari Eurasia utara dan Amerika Utara bagian utara.

Apakah itu Moose? Apakah itu Elk? Jika Anda berada di Swedia, jawabannya adalah “KEDUANYA SAMA”! Penghuni hutan yang ikonik dan mempesona Alces alces dikenal sebagai rusa besar di Amerika Utara (sebenarnya sub-spesies Alces alces americana) dan rusa di Eropa.

Kata Moose, seperti kata Swedia älg (diucapkan /elj/), diambil dari bahasa Latin alces. Untuk membuat masalah ini menjadi lebih rumit, Elk di Amerika Utara digunakan untuk hewan yang sama sekali berbeda yaitu sejenis rusa dengan nama latin Cervus elaphus, atau dikenal sebagai Wapiti.

Rusa (di Amerika Utara) atau Elk (di Eurasia) (Alces alces) adalah anggota subfamili rusa Dunia Baru dan merupakan spesies terbesar dan terberat yang masih ada dalam keluarga rusa.

Klasifikasi Rusa Besar

Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Family: Cervidae
Genus: Alces
Nama ilmiah : Alces alces – Alces americanus

1. Karakteristik

Moose adalah anggota rusa terbesar dari keluarga Cervidae dan mamalia tertinggi di Amerika Utara. Tingginya enam kaki (1,8 m) dari bahu ke kaki, bahkan ada yang mencapai 2 meter. Betina memiliki berat antara 800 hingga 1.300 pon (362 – 589 kg) dan jantan memiliki berat 1.200 hingga 1.600 pon (544 – 725 kg).

Baca Juga:   Ketahui, Hubungan antara Hewan dan Penyebaran COVID-19

Moose memiliki bulu yang panjang, tebal, berwarna coklat muda sampai coklat tua. Bulunya berongga, yang membantu menjaga rusa ini tetap hangat.

Moose memiliki kaki yang panjang. Kaki depannya lebih panjang dari kaki belakangnya. Ini membantunya melompati pohon tumbang dan puing-puing hutan lainnya. Ia memiliki kepala panjang dengan hidung dan bibir atas yang besar.

Ia memiliki telinga kecil, ekor kecil, dan dewlap (lipatan kulit longgar yang tergantung di leher atau tenggorokan hewan) tergantung di tenggorokannya. Ia memiliki otot bahu yang kuat yang membuatnya tampak bungkuk.

Moose jantan memiliki tanduk besar yang lebar dan rata yang dapat membentang sepanjang 4 hingga 5 kaki (1,2 – 1,5 m). Tanduk mulai tumbuh di awal musim panas.

Ketika tanduk pertama mulai tumbuh, mereka ditutupi dengan kulit berbulu halus yang disebut beludru. Beludru memiliki pembuluh darah di dalamnya yang memberikan nutrisi yang membantu tanduk tumbuh. Pada akhir musim panas, ketika tanduk mencapai ukuran penuh, suplai darah mengering dan beludru mulai rontok. Di Eropa Moose dikenal sebagai Elk.

2. Persebaran

Di Amerika Utara, rusa besar ditemukan di Alaska, Kanada, Amerika Serikat bagian timur laut, dan sejauh selatan Pegunungan Rocky di Colorado. Kerabat dekat Moose, Eurasia Elk (Alces americanus) ditemukan di Eropa utara dan Asia.

Baca Juga:   Rubah Arktik, Rubah Putih yang Unik

Habitat
Rusa besar hidup di daerah berhutan di mana ada lapisan salju di musim dingin dan danau, rawa, rawa, sungai, dan kolam di dekatnya. Ukuran rusa besar membuat kelangsungan hidup di iklim hangat menjadi sulit, dan mereka mengalami kesulitan ketika suhu naik di atas 80 derajat Fahrenheit. Di musim panas, mereka berendam di dalam air.

3. Makanan Rusa Besar

Moose adalah istilah Algonquin untuk “pemakan ranting.” Moose adalah browser (binatang yang makan terutama pada tumbuh-tumbuhan yang tinggi). Di bulan-bulan hangat ia memakan daun, ranting dan kuncup pohon kayu keras dan kayu lunak dan semak belukar.

Ini juga memakan tanaman air seperti bunga lili air. Di musim dingin, rusa besar menelusuri tanaman berkayu seperti ranting dan kulit pohon willow, balsam, birch, aspen, dan dogwood.

4. Daur Kehidupan

Moose kawin di awal musim gugur. Selama musim kawin, betina menarik jantan dengan panggilan yang dalam dan aroma yang kuat.

Rusa banteng menggunakan tanduknya untuk menunjukkan ancaman saat mereka memperebutkan betina. Terkadang mereka akan terlibat perkelahian dengan tanduk mereka.

rusa terbesar, rusa besar moose

Perkelahian ini jarang menjadi terlalu serius karena tanduk bisa menjebak mereka dan terkait atau tersangkut satu sama lain sehingga tidak bisa dipisahkan keduanya dan kedua rusa tersebut bisa mati.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Semut Berkembang Biak?

Saat musim kawin berakhir, tanduk rusa akan rontok. Tikus dan hewan pengerat lainnya akan menggerogoti tanduk karena merupakan sumber kalsium yang baik.

Betina melahirkan selama musim semi atau musim panas. Dia biasanya memiliki satu bayi. Anak rusa bisa berdiri dalam sehari, dan mereka bisa berenang dalam beberapa minggu.

Anak sapi disapih setelah sekitar enam bulan dan akan tinggal bersama induknya sampai anak berikutnya lahir.

Induk sangat protektif terhadap anak mereka dan akan menyerang orang jika mereka terlalu dekat. Rusa jantan juga dapat menyerang orang dan bahkan mobil selama musim kawin. Moose dapat berlari secepat 35 mph, jadi sebaiknya Anda menghindarinya!

5. Perilaku

Moose aktif di siang hari, terutama saat fajar dan senja. Memiliki penglihatan yang sangat buruk tetapi pendengaran yang baik dan indera penciuman yang sangat baik. Mereka adalah perenang yang sangat baik dan bisa berenang secepat 6 mil per jam di dalam air. Moose biasanya hewan yang damai tetapi bisa menjadi agresif ketika terancam.

Mendekati rusa ini bukanlah ide yang baik. Moose sangat teritorial, dan jika mereka menganggap Anda sebagai ancaman, mereka akan menyerang Anda. Moose lebih cepat dari manusia, jadi Anda tidak bisa berlari lebih cepat darinya.

Comments are closed.