Sapi Brahman: Ciri, Karakteristik dan Keunggulannya

daftarhewan.com. Jenis Sapi Brahman berasal dari sapi Bos indicus yang didatangkan dari India. Selama berabad-abad terpapar hama serangga, parasit, penyakit, persediaan makanan yang tidak mencukupi, dan cuaca ekstrem di India tropis, sapi asli dari India ini mengembangkan beberapa adaptasi luar biasa untuk bertahan hidup.

Keunggulan Sapi Brahman

Mereka dikenal sebagai “ternak suci India”, dan banyak penganut agama Hindu tidak akan makan daging mereka, tidak akan mengizinkan mereka untuk disembelih, dan tidak akan menjualnya. Fakta-fakta ini, terkait dengan peraturan karantina Amerika Serikat, impor sapi dari India ke Negara Amerika sangat sulit.

sapi brahman terbesar, sapi brahman terbesar di dunia, sapi brahman cross, sapi brahman cros, sapi brahman super, gambar sapi brahman, brahman sapi, foto sapi brahman, sapi brahman asli, keunggulan sapi brahman, sapi brahman terbesar di dunia, sapi brahman betina super, sapi brahman lokal, sapi brahman jantan, bibit sapi brahman super, gambar sapi brahman jantan

Salah satu Sapi Brahman terbesar di dunia – via : facebook.com

a. Ciri-Ciri Sapi Brahman

Semua sapi Bos indicus bercirikan punuk besar di atas bahu dan leher. Tulang belakang di bawah punuk memanjang, dan ada jaringan otot yang cukup besar yang menutupi punuh tersebut.

Ciri-ciri lain dari Sapi ini adalah tanduknya yang biasanya melengkung ke atas dan kadang miring ke belakang, meskipun banyak peternak sekarang mengembangkan Sapi Brahman dugul atau tidak bertanduk, telinganya yang umumnya besar dan terjuntai ke bawah, serta lipatan tenggorokan dan dewlap (lipatan kulit longgar yang tergantung di leher atau tenggorokan hewan, terutama yang ada di banyak sapi) yang memiliki banyak kelebihan kulit.

Mereka juga memiliki kelenjar keringat yang lebih berkembang daripada sapi Eropa (Bos taurus) sehingga bisa lebih bebas berkeringat. Sapi Bos indicus menghasilkan sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous yang memiliki bau khas dan dilaporkan dapat membantu mengusir serangga.

Baca Juga:   12 Jenis Sapi Potong Unggulan yang Ada di Indonesia

b. Ukuran Sapi Brahman :

Sapi Brahma Super berukuran sedang di antara ras sapi pedaging yang ditemukan di Amerika Serikat. Sapi jantan umumnya akan memiliki berat atau bobot antara 725 kg hingga 997 kg dan sapi betina dari 453 – 635 kg dalam kondisi rata-rata. Anak sapi biasanya berukuran kecil saat lahir, beratnya 27 hingga 29 kg, tetapi tumbuh sangat cepat dan disapih dengan bobot yang sebanding dengan ras lain.

c. Karakteristik Sapi Brahman :

Sifat sapi Brahman sering dipertanyakan. Sapi Brahma cerdas, ingin tahu dan pemalu. Mereka sangat hemat, kuat, dan mudah beradaptasi dengan berbagai pakan dan iklim. Namun, karakteristik ini juga menyarankan metode penanganan yang hati-hati dan ramah. Sapi Brahma menyukai kasih sayang dan bisa menjadi sangat penurut. Mereka dengan cepat merespon penanganan yang mereka terima, baik atau buruk. Sapi Brahma yang dibiakkan dengan baik, dipilih dengan bijak, dan dirawat dengan baik sama mudahnya dengan trah lainnya.

d. Warna Sapi Brahma :

Sapi Brahma sangat berwarna dari abu-abu yang sangat terang atau merah (red brahman) sampai hampir hitam. Mayoritas ras ini berwarna abu-abu muda hingga sedang. Sapi jantan dewasa biasanya lebih gelap dari pada sapi muda, dan biasanya memiliki area gelap di leher, bahu dan paha bawah.

e. Tahan Terhadap Panas

Toleransi Panas. Studi di University of Missouri menemukan bahwa Brahman dan sapi Eropa berkembang sama baiknya pada suhu hingga -13 ° Celcius. Mereka menemukan bahwa sapi Eropa mulai menderita secara signifikan saat suhu udara naik di atas 21 ° C, menunjukkan peningkatan suhu tubuh dan penurunan nafsu makan dan produksi susu.

Baca Juga:   Sapi Limosin Asli: Sejarah dan Asal-usulnya

Di sisi lain, Sapi Brahma menunjukkan sedikit pengaruh dari suhu hingga dan melampaui 40 ° C. Meskipun toleransi panas hanya satu faktor dalam adaptasi lingkungan dari sapi, itu dianggap yang paling penting. Ini adalah beberapa faktor lain yang memungkinkan Brahma beradaptasi dengan kondisi buruk.

Mantel rambut atau bulu pendek, kulit tebal, dan mengilap dari Brahman memantulkan banyak sinar matahari, menambah kemampuannya untuk merumput di bawah terik matahari siang hari tanpa menderita.

Pigmentasi Kulit. Kulit berpigmen hitam Brahmana menghalangi sinar matahari yang intens, yang dalam jumlah berlebihan akan merusak lapisan jaringan yang lebih dalam.

foto sapi brahman, sapi brahman cross, sapi brahman cros, sapi brahman super, gambar sapi brahman, brahman sapi, sapi brahman asli, keunggulan sapi brahman, sapi brahman terbesar di dunia, sapi brahman betina super, sapi brahman lokal, sapi brahman jantan, bibit sapi brahman super, sapi brahman cross australia, gambar sapi brahman jantan, lihat sapi brahman

Foto Sapi Brahman

f. Kulit Longgar

Banyaknya kulit kendur pada Brahman diperkirakan berkontribusi pada kemampuannya menahan cuaca hangat dengan meningkatkan luas permukaan tubuh yang berguna sebagai pendingin.

Kemampuan Berkeringat. Brahma memiliki kelenjar keringat dan kemampuan untuk mengeluarkan keringat dengan bebas melalui pori-pori kulit, yang secara material berkontribusi pada toleransi panas mereka.

Panas Tubuh Internal. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap toleransi panas yang besar pada Brahman, yang ditemukan dalam penelitian Missouri, adalah bahwa mereka menghasilkan lebih sedikit panas tubuh internal dalam cuaca hangat dibandingkan dengan sapi ras Eropa. Limbah panas dihasilkan dari pakan dengan mengorbankan pertumbuhan dan produksi susu.

Sapi brahman telah ditemukan mengisi tempat unik dalam produksi sapi di Amerika. Persentase Brahman dan ternak yang membawa persentasi dari perkembangbiakan Brahman telah ditemukan sangat berguna di daerah pesisir selatan Amerika Serikat, di mana mereka telah menunjukkan kemampuan mereka untuk menahan cuaca panas dan lembab serta untuk melawan serangga.

Dalam beberapa tahun terakhir sapi Brahman telah menyebar jauh dari lokasi awalnya dan sekarang ditemukan secara luas di seluruh Amerika Serikat. Mereka juga merupakan induk yang baik dan menghasilkan produksi susu yang sangat memuaskan.

Baca Juga:   Macam Jenis Penyakit Sapi di Indonesia dan Obatnya

Penyakit kanker mata mata hampir tidak dikenal dalam trah ini. Mereka telah membangun reputasi yang baik untuk persentase balutan yang tinggi, dan karkas mereka memiliki nilai “potongan” yang sangat baik dengan sedikit lemak dari luar.

sapi brahman betina, sapi brahman asli, sapi brahman betina super, gambar sapi brahman betina, harga sapi brahman betina, sapi unggul brahman, jurnal sapi brahman pdf, sapi brahman ciri-cirinya, sapi brahman cross pdf

Gambar Sapi Brahman betina

g. Asal Sapi Brahman

Sekitar 30 jenis sapi yang terdefinisi dengan baik telah terdaftar di India. Tiga strain atau varietas utama dibawa ke Amerika Serikat dan digunakan dalam pengembangan breed Brahman adalah jenis sapi Guzerat, Nellore, dan Gir.

Selain itu, strain Sapi Lembah Krishna (Krishna Valley) diperkenalkan dan digunakan pada tingkat yang lebih rendah. Kemiripan umum dari galur Guzert dengan sapi yang dipilih dan dikembangkan di negara Amerika menunjukkan bahwa peternak yang bekerja dengan trah tersebut umumnya lebih menyukai jenis ini.

Dikatakan bahwa selama periode 1910 hingga 1920, banyak sapi di bagian barat daya Texas dan negara pesisir di sepanjang Teluk Meksiko menunjukkan bukti yang cukup besar tentang perkembangbiakan Bos indicus. Secara alami, banyak dari sapi jantan yang dimanfaatkan merupakan hasil persilangan (cross) dengan ras lain. Beberapa peternak berusaha untuk menjaga stok tetap murni, tapi mereka adalah Sapi minoritas.

Karena ada catatan kurang dari 300 Brahman impor, yang sebagian besar adalah sapi jantan, maka harus diasumsikan bahwa jenis lain memasok hewan dasar untuk keturunan sapi tersebut. Sapi jantan digunakan pada sapi ras Eropa dan keturunan dari persilangan ini.

Pada generasi kelima (31/32) keturunan tidak hanya membawa lebih banyak pembiakan Bos indicus tetapi tekanan seleksi telah memungkinkan pengembangan hewan yang secara umum dianggap lebih unggul daripada impor asli untuk produksi daging sapi.

error: