Sapi Brangus Super: Sejarah dan Keunggulannya

daftarhewan.com. Sapi Brangus singkatan dari Brahman dan Angus. Jenis sapi Brangus dikembangkan dengan memanfaatkan sifat unggul Sapi Angus dan Sapi Brahman. Genetika mereka distabilkan pada 3/8 Brahman dan 5/8 Angus.

sapi brangus super, brangus sapi, lembu brangus, sapi angus dan brangus, jenis sapi brangus, sapi brangus terbesar, sapi brangus jantan, gambar sapi brangus, sapi brangus adalah, foto sapi brangus, karakteristik sapi brangus, kelebihan sapi brangus, keuntungan sapi brangus, peternak sapi brangus

Hasil kombinasi dalam breed yang menyatukan sifat-sifat dari dua breed induk yang sangat sukses. Sapi Brahman, melalui seleksi alam yang ketat, mengembangkan ketahanan terhadap penyakit, sifat tahan banting secara keseluruhan pada sapi jantan dan naluri keibuan pada betina yang luar biasa. Sapi Brangus dikenal karena kualitas karkasnya yang super. Sapi betina yang sangat fungsional yang unggul dalam kesuburan dan kemampuan menghasilkan susu.

Sejarah Sapi Brangus

Sebuah tinjauan tentang perkembangan jenis Sapi Brangus akan membawa kita kembali pada masa pendirian American Brangus Breeders Association pada tahun 1949.

Namun, Brangus terdaftar keturunan dari hewan yayasan yang tercatat tahun itu dan terdaftar sapi Brahman dan Angus sejak saat itu.

Banyak pekerjaan awal dalam penyilangan sapi Brahman dan Angus dilakukan di Stasiun Percobaan USDA di Jeanerette, Louisiana. Menurut USDA 1935 Yearbook in Agriculture, penelitian dengan persilangan ini dimulai sekitar tahun 1932.

Selama periode yang sama, Peternakan Clear Creek di Welch, Oklahoma dan Grenada, Mississippi, Raymond Pope of Vinita, Oklahoma, Essar Ranch of San Antonio, Texas, dan beberapa peternak individu di bagian lain Amerika Serikat dan Kanada juga membawa pada program pemuliaan eksperimental swasta.

Baca Juga:   Sapi Angus, Asal-Usul dan Kelebihannya

Mereka mencari hewan jenis sapi pedaging yang diinginkan yang akan mempertahankan kemampuan alami Brahman untuk berkembang dalam kondisi buruk dalam kombinasi dengan kualitas yang sangat baik seperti Sapi Angus yang terkenal.

Peternak awal dari 16 negara bagian dan Kanada bertemu di Vinita, Oklahoma, pada tanggal 2 Juli 1949, dan mengorganisir American Brangus Breeders Association, kemudian berganti nama menjadi International Brangus Breeders Association (IBBA), dengan kantor pusat di Kansas City, Missouri, dan akhirnya San Antonio, Texas, di mana kantor pusat permanen berada sejak Januari 1973. Sekarang ada anggota di hampir setiap negara bagian, Kanada, Meksiko, Australia, Amerika Tengah, Argentina, dan Rhodesia Selatan di Afrika.

Brangus yang terdaftar haruslah dengan perbandingan 3/8 Brahman dan 5/8 Angus, berwarna hitam pekat dan tidak bertanduk. Baik Rekording induk jantan dan betina dicatat di International Brangus Breeders Association. Yayasan Sapi Angus dan Brahman harus terdaftar di asosiasi breed masing-masing sebelum didaftarkan ke IBBA. Persilangan menengah yang diperlukan untuk mencapai persentase 3/8 – 5/8 disertifikasi oleh IBBA.

Sapi Angus dan Brangus

Dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar dari Brangus yang terdaftar berasal dari induk Brangus, tetapi semakin banyak yayasan Brahman dan Angus yang terdaftar karena trah tersebut mencapai pengakuan yang lebih besar.

Baca Juga:   Sapi Brahman: Ciri, Karakteristik dan Keunggulannya

Ketertarikan untuk mengembangkan breed sapi yang membawa beberapa persentase dari breeding brahman untuk perbaikan umum dari sapi komersial di Amerika Serikat menunjukkan keuntungan nyata yang dimiliki sapi Bos indicus di daerah dengan panas dan kelembaban tinggi.

Keunggulan Sapi Brangus

Penelitian di Louisiana menunjukkan bahwa sapi Brangus meningkatkan bobotnya selama bulan-bulan musim panas sementara sapi Angus mengalami penurunan berat badan, yang menunjukkan bahwa mereka lebih beradaptasi dengan iklim pesisir. Anak sapi atau pedet dari Brangus lebih berat saat lahir. Angus memiliki keunggulan dalam tingkat konsepsi dan beranak lebih awal, dan anak sapi atau pedet lebih kuat saat lahir dan bertahan lebih baik saat disapih.

foto sapi brangus, pedetan sapi brangus, anak sapi brangus, pedet sapi brangus, gambar sapi brangus betina, harga sapi brangus betina, indukan sapi brangus, sapi brangus betina

Sapi Brangus Betina dan anaknya – via : tomscattle.com

Trah ini terbukti tahan terhadap panas dan kelembapan tinggi. Dalam kondisi iklim sejuk dan dingin, mereka tampaknya menghasilkan bulu yang cukup untuk perlindungan yang memadai. Sapi betina yang menjadi induk adalah induk yang baik bagi anak-anaknya. Sapi Brangus merespon dengan baik pada kondisi pakan yang melimpah tetapi menunjukkan sifat tahan banting dalam kondisi stres.

Genetika brangus dapat meningkatkan profitabilitas atau keuntungan program pemuliaan daging sapi yang Anda miliki.

Keunggulan bagi Sapi Brangus Betina yaitu ; kombinasi kemudahan beranak yang hebat, penghasil susu, kemampuan mengasuh dan kesuburan dalam breed Brangus memungkinkan produsen dan pengguna genetika Brangus kesempatan untuk mencapai persentase melahirkan yang jarang disamai sapi jenis lain.

Baca Juga:   Sapi Peranakan Ongole: Asal Usul dan Keunggulannya

Tidak memiliki tanduk secara alami, Seringkali lebih mudah ditangani dan meminimalisir kerusakan.

Sapi brangus diakui memiliki dua genotipe yaitu hitam dan merah. Fleksibilitas ini memungkinkan produsen akhir untuk memanfaatkan breed tersebut di lebih banyak pilihan kelompok, baik dalam program ras murni maupun gabungan atau persilangan.

Toleransi terhadap panas dan parasit serta kemampuan berjalan dan mencari makan jika digembalakan, memberikan keunggulan bagi sapi Brangus dalam kondisi penggembalaan yang paling sulit.

Kualitas daging marmer dan kelembutan dari Sapi Brangus juga telah dibuktikan berulang kali. Trah ini memiliki kombinasi yang kuat dari tingkat pertumbuhan yang sangat baik, sehingga memungkinkan keserbagunaan produsen yang lebih besar dalam program peternakan mereka.

Sapi brangus secara teratur berhasil dalam kompetisi produksi karkas dan sapi unggulan di seluruh Australia. Karkas hasil panen tinggi mereka telah membuat trah ini (dan kompositnya) meraih penghargaan utama. Trah ini secara konsisten menghasilkan sapi dan badan yang mencapai bobot target dan spesifikasi pasar. Atribut hebat lainnya yang dimiliki trah ini adalah bentuk daging marmer, yang mengarah pada kelembutan.

error: