27 Jenis Sayuran yang Baik untuk Kelinci

daftarhewan.com. Kelinci adalah herbivora (pemakan tumbuhan) dan pemelihara kelinci di pedesaan suka memberi makanan pokok pada kelincinya yaitu rumput, mereka sangat suka mengunyah dan makan terus menerus. Mereka memiliki sistem pencernaan yang kompleks dan sangat efisien dalam memproses makanan.

Mereka juga memiliki kebutuhan makanan yang sangat spesifik. Jika Anda memasukkan makanan baru terlalu cepat, atau memberi makan pilihan makanan yang tidak tepat, pencernaan normal kelinci (bakteri normal) akan terganggu, bakteri penghasil gas dan racun dapat tumbuh berlebih, dan kelinci bisa menjadi sangat sakit dan mungkin mati.

sayuran untuk kelinci, sayur untuk kelinci, sayuran yang baik untuk kelinci, sayur yang bagus untuk kelinci, sayuran buat kelinci, sayuran yang aman untuk kelinci, makanan kelinci sayuran, sayuran untuk kelinci kecil, sayuran untuk kelinci anggora, sayuran yang boleh untuk kelinci

Sayur yang Bagus untuk Kelinci

Kelinci menyukai sayuran dan tanaman herba di antara makanan favoritnya. Sebagian besar sayuran untuk kelinci, berwarna hijau yang ditemukan di supermarket aman untuk kelinci, dengan beberapa batasan dan pengecualian.

Tidak lebih dari dua cangkir sayuran segar setiap hari harus diberikan kepada kelinci dewasa. Ras kerdil dan kelinci dengan berat di bawah lima kilogram hanya mendapatkan satu cangkir sayuran segar per hari.

Baca Juga:   10 Jenis Kelinci Pedaging Unggul Beserta Gambarnya

Variasi dari dua atau tiga sayuran sangat ideal. Tambahkan sayuran baru satu per satu, dan perhatikan tanda-tanda buang air besar atau diare karena, seperti disebutkan di atas, kelinci memiliki sistem pencernaan yang rapuh. Sayuran tertentu bisa diberikan setiap hari, sementara yang lain harus diberi makan secukupnya, satu atau dua kali seminggu.

Jangan memberi makan kelinci Anda kentang, jagung, biji-bijian atau kacang-kacangan. Makanan ini sulit dicerna kelinci dan dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

Bermacam-macam sayuran harus menjadi bagian dari makanan harian kelinci Anda. Saat memilih sayuran, carilah yang segar dan bebas pestisida. Beri makan sayuran baru dalam jumlah kecil sampai Anda dapat menilai apakah kelinci bereaksi dengan baik.

Baca Juga:   15 Jenis Kelinci Hias yang Bagus dan Gambarnya

Sayuran yang baik untuk kelinci termasuk sayuran berdaun hijau yang sudah dicuci dan rempah-rempah.

· Kecambah alfalfa· Seledri· Radicchio
· Arugula· Ketumbar· Bagian atas lobak
· Kemangi· Daun dill· Selada Romaine
· Paprika· Andewi· Bayam
· Bok Choy· Adas· Sayuran musim semi
· Brokoli· Kubis· Labu kuning
· Brussel sprout· Daun mint· Lobak hijau
· Kubis· Sawi hijau· Selada air
· Wortel· Peterseli· Labu zucchini

Sayuran dan Buah Berbahaya untuk Kelinci

Meskipun banyak jenis buah dan sayuran aman dan sehat untuk diberi makan dalam jumlah sedang, yang lain dapat beracun bagi kelinci.

Sayuran beracun untuk kelinci termasuk kentang, rhubarb, jamur, buncis, kacang merah dan Selada bokor (Iceberg lettuce).

Di sisi buah, alpukat merupakan buah berlemak yang mengandung racun fungisida bernama persin yang bisa mematikan jika tertelan oleh kelinci peliharaan.

Dilansir dari be.chewy.com “Persin tidak memengaruhi manusia, tetapi sangat berbahaya bagi kelinci dan hewan lain,” kata Eleanor van Tonder, dokter hewan di Pet Doctors. Gejala dapat bervariasi dari penyakit parah hingga kematian, karena kelinci bereaksi terhadap buah beracun dengan berbagai cara.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Kandang Kelinci yang Cantik dan Terbaik

Hindari selada berwarna terang seperti Selada bokor yang mengandung laktukarium, karena berbahaya jika tertelan oleh kelinci Anda. Selada berwarna cerah juga memiliki kandungan air yang tinggi, menawarkan sedikit nutrisi untuk makanan hewan peliharaan Anda.

Sayuran bernama Chard adalah daun hijau lain yang harus dihindari kelinci peliharaan Anda. Chard dan kembang kol dapat menyebabkan kolik dan kembung pada teman berbulu Anda, jadi harap diperhatikan untuk tetap menggunakan buah, sayuran, dan rempah-rempah berserat tinggi.

error: