Sel – Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Posted on

daftarhewan.com. Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dan blok bangunan dari tiap organisme hidup. Jadi bisa dikatakan, bagian terkecil dari makhluk hidup adalah sel.

Sel selalu dianggap sebagai terikat membran dan terbagi dalam sitoplasma, materi genetik, dan organel sel atau elemen sel yang lain.

Semua sel dibuat dari kelas utama molekul organik yang serupa seperti asam nukleat, protein, karbohidrat, dan lipid. Kumpulan sel yang mempunyai peranan stimulasi dan pemberi kehidupan yang sama disebut jaringan.

pengertian sel, jelaskan pengertian sel, tuliskan pengertian sel, jelaskan pengertian dari sel, pengertian sel adalah, jelaskan yang dimaksud dengan sel, definisi sel, arti sel, pengertian dari sel, pengertian mitosis, pengertian meiosis, sel artinya, pengertian dari sel adalah, sebutkan pengertian sel, pengertian sitoplasma
Gambaran sel – via : owlcation.com

Saat jaringan dipadukan untuk melakukan perannya, organ dikembangkan dan dari organ itu, fungsi tubuh dikembangkan. Oleh karenanya, bisa disebutkan bahwa tubuh manusia akan tidak berhasil menjalankan fungsi dasarnya bila tidak ada jaringan.

Di lain sisi, bila tidak ada sel serta tidak ada jaringan. Maka semua proses perkembangan sel dan perkembangan jaringan saling terkait.

1. Jenis Sel

Sel yang dirancang luar biasa pada dasarnya adalah bagian dari organisme multiseluler. Misalkan, tumbuhan banyak memiliki macam sel seperti sel akar, sel punca, dan sel daun. Di lain sisi, manusia mempunyai variasi sel yang luas yang bertanggungjawab untuk menyatukan jantung, saraf, dan kulit. Baca Juga : Sel Hewan dan Tumbuhan

Saat menyangkut manusia, bahkan fungsi sel-sel itu bermacam karena masing-masing sel itu dirancang untuk melakukan peranan khusus yang berbeda.

Baca Juga:   12 Hewan yang Suka Mencuri, Kancil Termasuk?

2. Struktur sel

Bicara tentang sel seperti sel prokariotik dan eukariotik, mereka mempunyai beberapa kemiripan yang signifikan dalam soal struktur.

Salah satunya kemiripan struktural yang dominan di antara mereka adalah ada membran plasma di keduanya. Membran plasma bertanggungjawab untuk mentransfer beberapa zat di kedua sel baik dari dalam maupun luar sel. Disamping itu, susunan interior kedua sel disebut sebagai sitoplasma.

Kehadiran ribosom yang berspesialisasi dalam penyatuan protein ialah kesamaan struktural lain di antara sel prokariotik dan eukariotik.

3. Teori Sel

Sepanjang teori sel berjalan, itu adalah fakta yang diterima secara universal bahwa “organisme hidup terdiri dari sel-sel.” Disamping itu, teori sel sudah menetapkan bahwa “semua sel datang dari sel yang telah ada sebelumnya” dan “sel adalah unit struktural dari semua organisme hidup.” Sel dikenal juga sebagai “unit dasar reproduksi.”

4. Penemuan Sel

Penemu sel adalah Robert Hooke di tahun 1665 saat beragam perkembangan mikroskopis sedang berlangsung. Ia tiba untuk mendapati sel saat ia mengamati beberapa irisan botol gabus di bawah mikroskop.

Ia memberikan nama penemuannya “sel” yang berarti “ruang kecil” dengan bahasa Latin. Tetapi, Hooke tidak menyadari di saat itu jika beberapa hal yang ia amati sebenarnya hidup. Pengamatan Anton van Leewenhoek yang menunjukkan jika sel merupakan organisme hidup seperti pengamatannya menjelaskan jika sel ialah benda bergerak.

Baca Juga:   15 Hewan yang Bisa Berubah Warna

5. Karakteristik Sel

Susunan interior sel terbagi dalam organel. Dari semua organel itu, yang paling penting ialah mitokondria karena bertanggungjawab untuk mengangkut energi ke sel.

Disamping itu, retikulum endoplasma bekerja sebagai mekanisme transpor aktif untuk sel yang merupakan produk dari jaringan tubular sel. Disamping itu, peranan sebagai sistem pengemasan sel dipenuhi dengan aparatus golgi.

Lisosom memenuhi peranan sebagai enzim pencernaan dan ribosom mensintesis protein untuk sel. Karakter penting lain dari sel adalah bahwa organel diproteksi oleh zat seperti jeli yang disebut sitoplasma.

6. Organel Sel dan Fungsinya

Organel dilihat sebagai beberapa subunit sel. Setiap organel sel mempunyai peranan terpisah untuk dilakukan dan masing-masing diberkahi dengan karakteristik khusus yang menolong mereka memenuhi perannya masing-masing.

  1. Membran Plasma : Peranan membran plasma ialah membuat perlindungan sel dengan bertindak selaku lapisan pelindung. Disamping itu, peranan membran plasma untuk memantau gerakan zat-zat yang keluar masuk sel.
  2. Ribosom: Dengan memakai Asam Ribonukleat (RNA) dan asam amino, ribosom menyuplai protein untuk sel dengan manfaatkan informasi yang diberikan oleh RNA.
  3. Mitokondria: Dikenal juga sebagai pusat dan salah satu organel sel terbesar, mitokondria berperan sebagai agen pernapasan aktif untuk sel.
  4. Vakuola: Peranan khusus vakuola untuk membebaskan sel dari semua jenis racun dengan membuang semua produk sampah. Vakuola turut serta dalam tugas menjaga keseimbangan pH sel.
  5. Sitoskeleton: Peranan khusus sitoskeleton untuk menjaga wujud sel serta elastisitasnya. Disamping itu, mereka turut serta dalam tugas mendukung isi sel dan menambatkan nukleus.
  6. Plastida: Plastida terbagi dalam beragam jenis dan masing-masing mempunyai peranan yang berbeda. Fungsi masing-masing plastid individu disebutkan di bawah ini:
  • Kloroplas: Kloroplas bertanggungjawab untuk memproduksi makanan karena sebagai situs khusus untuk proses fotosintesis.
  • Chromoplasts: Chromoplasts membuat perlindungan klorofil pada tanaman dan mengumpulkan energi cahaya. Mereka bertanggungjawab untuk memproduksi dan menyimpan pigmen yang melindungi klorofil pada tanaman dan menyerap energi cahaya.
  • Gerontoplas: Ini bertanggungjawab untuk melindungi nutrisi yang dibutuhkan setelah sel kedaluwarsa.
  • Leukoplas: Peranan pentingnya ialah bertindak selaku agen penyimpanan untuk lipid, protein, dan pati.
  1. Retikulum Endoplasma: Retikulum endoplasma dipisah kembali jadi dua jenis:
  • Retikulum endoplasma halus
  • Retikulum endoplasma kasar
Baca Juga:   Apa Saja Hewan yang Hidup di Hutan Bakau?

Peranan retikulum endoplasma halus untuk menghasilkan enzim di hati, mengangkut vesikel, mensintesis hormon di sel otak dan mengontraksikan sel otot. Di lain sisi, peranan retikulum endoplasma kasar untuk menyuplai protein yang diperlukan dalam retikulum endoplasma halus dan untuk memproduksi insulin dan antibodi.

  1. Badan Golgi : Tanggung jawab khusus aparatus Golgi atau badan golgi ialah membuat dan mengangkut dan menyimpan produk dari retikulum endoplasma.

7. Kesimpulan

Sel adalah unit dasar kehidupan manusia. Penemuan sel oleh Robert Hooke. Sel terbagi dalam beragam organel yang dimaksudkan untuk melakukan fungsi yang lain. Sel disusun oleh sitoplasma, membran plasma, dan ribosom.