Semut Bersayap, Apa Mereka Menggigit dan Berbahaya?

Posted on

daftarhewan.com. Semut bersayap. Pernahkah Anda melihat semut terbang gerombolan? Apa sih sebenarnya semut bersayap yang bisa terbang itu.

Semut terbang hanyalah semut biasa yang mempunyai sayap. Semut yang paling sering kita lihat adalah semut kebun hitam betina, yang berbaris untuk mengumpulkan makanan. Tetapi selama musim panas, jantan bersayap dan ratu baru dari spesies yang sama akan terbang keluar sarang.

semut bersayap, semut hitam bersayap, semut hitam besar bersayap, semut bersayap menggigit, semut kayu bersayap, banyak semut bersayap di rumah, cara mengusir semut bersayap, hewan seperti semut tapi bersayap, semut bersayap pertanda apa, serangga seperti semut bersayap, semut bersayap berbahaya

Mereka terbang untuk membuat koloni semut baru. Semut terbang agar ratu dapat kawin dengan pejantan dari koloni yang berbeda, dan membuat sarang baru mereka sendiri.

Semut terbang hanya berkerumun selama cuaca musim panas. Mereka biasanya dipicu oleh cuaca panas dan lembab di bulan Juli atau Agustus.

Alasan semut bersayap muncul dalam jumlah besar adalah karena membantu melindungi mereka dari pemangsa. Terbang bersama-sama sekaligus juga memberi mereka kesempatan yang jauh lebih baik untuk menemukan pasangan.

Mayoritas semut tidak bersayap. Namun, pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, gerombolan semut terbang menjadi pemandangan biasa.

1. Kenapa ada semut bersayap?

Semut tukang kayu yang memiliki sayap adalah jantan atau ratu yang sedang produktif. Mereka adalah anggota koloni semut yang dapat melangsungkan keturunan atau berkembang biak.

Semut dan rayap berkerumun untuk kawin, lalu pejantannya mati, setelah memenuhi tujuan hidupnya. Ratu melepaskan sayapnya untuk mencari tempat bersarang. Jadi, jika Anda melihat sesuatu seperti semut bersayap, kemungkinan besar ia sedang bersiap-siap untuk menambah populasinya.

2. Betina Lebih Besar dari Jantan

Semua spesies semut memiliki tiga kasta – ratu, jantan, dan pekerja. Semut bersayap betina berukuran lebih besar dari semut bersayap jantan.

Semut pekerja, atau semut betina yang tidak subur, biasanya terlihat merangkak dan mencari makan. Beberapa spesies semut memiliki semut pekerja bersayap, sedangkan spesies lainnya tidak. Mungkin ada ribuan semut bersayap dalam satu koloni yang mapan.

Semua spesies semut hidup dalam koloni yang didirikan oleh betina subur, atau ratu. Semut betina dan jantan bersayap biasanya berkerumun setelah seharian diguyur hujan lebat di musim tertentu.

Baca Juga:   Cara Mengusir Lalat di Rumah dan Warung dengan Cepat

Ratu mulai sebagai semut bersayap dan biasanya melepaskan sayapnya setelah kawin. Jantan reproduktif mati segera sesudah kawin.

3. Semut Terbang di Rumah

Ketika semut bersayap ditemukan di dalam rumah, kemungkinan koloni telah terbentuk atau masuk melalui lubang seperti jendela yang terbuka.

Ketika melihat dua ekor semut bersayap atau lebih yang berada di dalam ruangan atau rumah Anda selama musim panas, itu berarti tidak ada masalah.

Semut dapat terbang masuk melalui pintu atau jendela yang terbuka, tetapi kemungkinan besar akan mati tanpa menemukan tempat untuk bersarang.

Tetapi karena semut tidak aktif di luar ruangan di musim dingin, semut terbang yang terlihat di dalam ruangan di musim dingin berarti semut bersarang di dalam struktur, dan itu adalah masalah bagi pemilik bangunan.

4. Apakah Semut Terbang Berbahaya?

Semut terbang ini mungkin sangat menjengkelkan, tetapi mereka tidak akan menyakiti Anda. Plus mereka menyediakan banyak makanan tambahan untuk burung yang lapar.

Baca Juga:   8 Fakta Unik Tentang Hewan Capung

5. Fakta Menarik

Pada tahun 2018, semut terbang menyerbu lapangan di Wimbledon, mengganggu pemain tenis dan menjadi berita utama di seluruh dunia!

Setelah kawin, ratu mengunyah sayapnya dan merangkak mencari tempat untuk menggali sarang baru.

Alates adalah nama yang diberikan untuk bentuk bersayap dari banyak serangga. Termasuk semut bersayap.

6. Semut Terbang Disebut Alates

Semut bersayap dikenal dengan sebutan alates atau swarmers. Semut bersayap memiliki antena siku, pinggangnya tipis di dada terlihat menyempit dan sayap depan mereka lebih besar dari sayap belakang mereka.

Ini membantu membedakan mereka dari serangga lain yang menghasilkan individu bersayap, seperti rayap. Rayap bersayap memiliki antena lurus, pinggang lebar dan sayap yang sama panjang.

Semut dengan sayap cukup umum, terutama selama waktu-waktu tertentu dalam setahun. Beberapa jenis semut bersayap menunjukkan masalah dan ada juga yang tidak, tergantung pada spesies dan musim.

Pelajari tentang jenis semut bersayap, perbedaannya, dan apa yang dapat Anda lakukan terhadap mereka yang terbang di sekitar rumah.

One thought on “Semut Bersayap, Apa Mereka Menggigit dan Berbahaya?

Comments are closed.