Ada Semut Hitam Besar? Berikut Cara Mengusirnya

daftarhewan.com. Semut hitam besar atau semut tukang kayu (carpenter ant) hitam hidup dalam koloni dengan pekerja dan ratu.

Ratu sedikit lebih besar dari semut pekerja, dengan dada dan sayap yang lebih besar, sementara sebagian besar pekerja tidak bersayap. Panjangnya sekitar setengah inci (1,2 sentimeter) dan benar-benar hitam dengan rambut kekuningan di perut.

semut hitam besar, cara mengatasi gigitan semut hitam besar, efek digigit semut hitam besar, cara mengusir semut hitam besar, semut hitam besar di rumah, gambar semut hitam besar, cara mengusir semut hitam besar di rumah, makanan semut hitam besar, semut yang besar dan hitam warnanya, jenis semut hitam besar, semut besar warna hitam, semut besar dan hitam warnanya, semut hitam besar tidak menggigit, menghilangkan semut hitam besar, membasmi semut hitam besar, apakah semut hitam besar berbahaya

Tergantung di mana semut tukang kayu hitam bersarang sepanjang tahun menentukan apakah mereka dilihat sebagai serangga yang menarik atau hama yang mahal. Semut tukang kayu secara alami bersarang di kayu mati dan kayu di hutan. Mereka mengunyah (tetapi tidak makan) kayu untuk membangun rongga sarang dan terowongan.

Tindakan ini membantu dalam dekomposisi dan memecah kayu yang membusuk. Namun, ketika semut tukang kayu timur membangun sarang serupa di sisi bangunan atau tiang penyangga rumah, mereka menjadi hama yang serius. Sarang mereka bisa melemahkan struktur rumah.

1. Makanan Semut Hitam Besar

Jika semut tukang kayu terlihat di dalam ruangan, itu mungkin hanya mencari makanan. Semut tukang kayu tidak memakan kayu, tetapi mereka hanya mengunyahnya untuk membuat sarang. Sebaliknya, makanan semut hitam besar: para pekerja menghabiskan banyak waktu mereka untuk mencari makanan seperti tanaman dan serangga kecil untuk dimakan.

Selain itu, semut tukang kayu hitam sebenarnya adalah petani. Salah satu makanan favorit mereka adalah jus seperti embun yang dihasilkan oleh kutu daun. Semut tukang kayu hitam akan memberi makan dan melindungi kutu daun untuk memakan embun manis.

2. Kehidupan Semut Hitam Besar

Setelah beberapa tahun, ketika koloni cukup besar, ratu akan menghasilkan jantan dan betina bersayap yang akan meninggalkan sarang untuk berkembang biak dan memulai koloni baru.

Terkadang Anda mungkin menemukan semut besar berukuran 0,6 – 1,2 cm hitam, atau merah dan hitam, di sekitar rumah Anda, di lanskap, atau bahkan di dalam ruangan. Sementara kebanyakan semut jauh lebih kecil 0,3 cm atau kurang dan umumnya berwarna lebih terang, semut hitam yang berkepala jumbo ini adalah semut tukang kayu (Camponotus spp.) dan patut diperhatikan karena dapat menyebabkan kerusakan struktural pada rumah.

Baca Juga:   7 Jenis Serangga Penghisap Darah, Waspadalah!

Kunci untuk mengidentifikasi semut tukang kayu biasanya ukuran. Semut tukang kayu umumnya, tetapi tidak selalu, semut terbesar yang akan ditemui kebanyakan orang. Semut tukang kayu juga berbeda dari semut lain karena mereka bersarang di atas tanah dalam rongga yang meluas seiring pertumbuhan koloni mereka.

3. Kerusakan yang disebabkan semut hitam besar

Jika semut tukang kayu membuat sarang di rumah Anda, mereka dapat menyebabkan kerusakan, terkadang kerusakan yang luas dan mahal, pada kayu struktural, subflooring, selubung, dan insulasi busa yang kaku. Kerusakan terjadi ketika semut besar yang kuat ini memperluas sarangnya menjadi bahan bangunan yang baik. Sarang juga dapat dibelah sehingga satu sarang besar menjadi dua atau lebih sarang satelit di berbagai bagian rumah.

Baca Juga:   Kecoa Putih, Pertanda Apa?

Semut tukang kayu yang bersarang di luar tidak menyebabkan kerusakan dan tidak menimbulkan ancaman khusus selama mereka tetap berada di luar. Semut tukang kayu sangat umum di banyak daerah sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menemukan beberapa di luar ruangan.

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi rumah Anda dari kerusakan akibat semut besar hitam dan hama struktural lainnya adalah melakukan pemeriksaan hama dan busuk kering secara teratur dan segera menangani masalah saat ditemukan. Tidak perlu untuk “perawatan pemeliharaan berkala” yang kadang-kadang dianjurkan oleh perusahaan pengendalian hama.

4. Cara Mengusir Semut hitam Besar di Rumah

Cara terbaik untuk melindungi rumah dari serangan semut tukang kayu hitam adalah dengan menjaga struktur kayu di luar ruangan tetap kering. Semut hitam besar tukang kayu ini dapat dengan mudah mengunyah kayu basah.

error: