Pertanda Apa, Ada Banyak Semut Terbang?

daftarhewan.com. Semut terbang. Kita tentu kaget dengan keberadaan semut yang bisa terbang, mengingat semut secara umum tidak dapat terbang. Tetapi peristiwa aneh ini sering terjadi saat suhu naik. Sebelum membahas hal tersebut lebih jauh itu sebaiknya kamu menyimak artikel tentang kecoa terbang.

Apa itu Semut Terbang?

pertanda semut terbang banyak di rumah, gigitan semut terbang, digigit semut terbang, semut terbang menyengat, semut terbang di rumah, semut terbang hitam, cara menghilangkan semut terbang di lampu, banyak semut terbang di rumah, apakah semut terbang berbahaya, sarang semut terbang, semut terbang di lampu, gambar semut terbang, mengusir semut terbang

Semut hitam bersayap – via : walesonline.co.uk

Spesies semut ini umumnya ialah black garden ant yang bernama ilmiah Lasius niger, alias semut kebun hitam. Mereka umumnya mempunyai ratu tunggal dengan kurang lebih 5.000-15.000 semut pekerja.

Kelompok semut pekerja ialah betina. Umur mereka cenderung pendek, sekitaran 1 bulanan. Pekerjaannya mengumpulkan makanan. Sementara semut ratu lebih panjang usianya, dapat mencapai sepuluh tahun.

Sejumlah besar waktunya dihabiskan di sarang. Mereka cuma ke luar untuk melakukan perkawinan ketika terbang. Mereka menjelma dari ratu yang belum matang atau dewasa, sampai dapat mendapati koloninya sendiri.

Baca Juga:   Cara Mengusir Lalat di Rumah dan Warung dengan Cepat

Saat perkawinan, ratu kehilangan sayapnya. Sementara semut memiliki ukuran besar yang terlihat jalan sendiri, ialah ratu baru yang sedang mencari tempat terbaik untuk bersarang.

Tidak perlu cemas, semut tipe ini tidak beresiko. Mereka pun tidak menggigit.

Flying Ant day (Hari Semut Terbang)

Musim kehadiran semut ini umumnya terjadi di bulan Juli. Durasi waktunya sekitaran 2 mingguan. Hari semut terbang sendiri sebagai peristiwa, di mana hewan kecil itu menumbuhkan sayapnya.

Peristiwa itu kerap dikatakan sebagai “nuptial flight” alias penerbangan upacara perkawinan. Sepanjang “upacara” itu berjalan, semut mencari pasangan, selanjutnya tiba dan membuat koloni baru.

Ratu semut mulai ke luar sarang, dan turut mengerjakan upacara perkawinan dengan jantan yang terbang dengannya.

Baca Juga:   Ngengat, Apa Mereka Berbahaya?

Sehebat apapun teknologi yang dibuat manusia, alam tidak dapat diprediksikan secara tepat. Terhitung mengenai waktu kehadiran beberapa semut-semut ini. Beberapa pakar dari Royal Society of Biology masih menyelidik pemicu dan dampak cuaca pada keberadaan semut-semut ini.

Mereka meramalkan jika peristiwa ini muncul karena cuaca basah, yang diikuti oleh keadaan panas dan lembab. Lantas pada 2018 ini, beberapa periset sempat mengeluarkan peringatan jika Inggris akan menerima agresi semut terbang paling besar.

Berdasar data controller perusahaan pengaturan hama, Rentokil, ada sekitaran 50 miliar yang bakal berkunjung Inggris. Prediksi ini dikontrol oleh musim yang kurang bersahabat.

Bagaimana Cara Mencegah Semut Terbang?

Royal Society for the Protection of Birds (RSPB) mengatakan jika semut yang terbang benar-benar punya pengaruh pada burung camar. Burung-burung itu ibarat gila dan mabok, hingga memperlihatkan sikap tidak biasa. Untuk mereka, semut-semut itu tidak ubahnya sebagai cemilan kecil yang nikmat dan berlimpah.

Baca Juga:   7 Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

Kondisi ini dapat beresiko, karena mereka tidak segan-segan mengincar cemilan itu secara agresif. Ke mana saja semut pergi, burung camar dapat mengikuti. Dalam kata lain, bukan semutnya yang pantas dicurigai, tetapi tingkah laku burung camarnya.

Pada intinya semut ini memanglah tidak beresiko, tetapi mereka benar-benar menyebalkan. Kita tentu terusik. Untungnya, ada banyak perlengkapan rumah tangga yang dapat dihandalkan untuk menghalau semut itu.

Semprotan sabun dan air pembersih piring efektif membuat semut dehidrasi. Pemanis berbasiskan aspartame bisa juga jadi senjata, tetapi efektifitasnya masih dipersoalkan. Selanjutnya serbuk insektisida bisa juga menahan semut supaya tidak masuk ke rumah. Anda dapat menebarkannya disekitaran jendela dan pintu.

error: