7 Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

daftarhewan.com. Nama-nama serangga peliharaan. Dalam sebuah buku bertajuk Great Garden Companions dikatakan bahwa sekitar sepertiga makanan yang kita makan berasal dari tanaman yang diserbuki oleh serangga.

Di sana terlihat bahwa serangga sangat penting bagi kehidupan manusia, karena tanpa penyerbukan yang dilakukan serangga kita sebagai manusia akan ada kekurangan makanan yang bersumber dari tanaman.

Faktanya, Serangga sangat penting dalam siklus pembusukan yang mengembalikan nutrisi ke tanah. Mereka juga merupakan bagian penting dari rantai makanan burung, ikan, katak, dan hewan lainnya. Itu sedikit pengetahuan tentang serangga di alam liar.

Nama-nama Serangga Sebagai Hewan Peliharaan

Lalu bagaimana jika serangga dijadikan hewan peliharaan? Ternyata banyak yang telah banyak orang memelihara serangga sebagai hewan peliharaan, ini lho serangga peliharaan :

1. Serangga Tongkat (Stick Insects)

contoh hewan mimikri, contoh hewan mimikri adalah, sebutkan hewan yang beradaptasi dengan mimikri, sebutkan contoh hewan yang melindungi diri dengan cara mimikri, contoh hewan yang beradaptasi dengan cara mimikri adalah, sebutkan 2 contoh hewan yang beradaptasi dengan cara mimikri, contoh hewan yang melindungi diri dengan cara mimikri, contoh hewan mimikri selain bunglon

Dinamakan karena penampilannya yang seperti tongkat, serangga tongkat berspesialisasi dalam kamuflase dan mimikri, disebut juga stick bug dan banyak sebutan lainnya.

Mereka bisa hidup hingga 16 bulan dan tumbuh hingga 1 centimeter.

Serangga yang bernama ilmiah Phasmatodea ini adalah vegetarian dan lebih suka daunnya segar. Jadi pastikan untuk membuat habitat yang sesuai untuk serangga tongkat hewan peliharaan Anda – jika tidak, Anda mungkin menemukan beberapa tanaman hias Anda terlihat bolong-bolong.

Baca Juga:   Apakah Hamster Berbahaya Terhadap Manusia?

Serangga tongkat senang dipegang, tentunya dengan lemah lembut. Hewan ini Lebih rapuh daripada kebanyakan hewan peliharaan, beberapa dari mereka bahkan akan menggigit atau mencubit jika Anda menanganinya terlalu kasar.

2. Kecoa Madagaskar (Madagascar hissing cockroach)

nama-nama serangga peliharaan

Hewan ini memang tampak seperti hama, tetapi menurut USA Today, kecoak yang paling umum dipelihara sebagai hewan peliharaan adalah kecoa Kecoa madagaskar (Madagascar hissing cockroach), dinamai berdasarkan suara mendesis unik yang dibuatnya.

Terkadang desisan ini mereda jika kecoak sudah terbiasa dipelihara. Fakta menyenangkan: Meskipun kecoak memiliki 5 indera yang sama, penempatan organ indera mereka sedikit berbeda. Misalnya, kecoak mendengar melalui kaki mereka. Kecoa juga ada yang berwarna putih dan bisa terbang, Luar biasa!

3. Belalang sembah (Praying Mantis)

nama-nama serangga hewan peliharaan, serangga peliharaan, nama-nama serangga, nama serangga, nama nama serangga kecil, nama serangga kecil

Mungkin nama yang lebih tepat untuk serangga ini adalah “pemangsa belalang”.

Itu karena serangga ini tanpa ampun dalam hal berburu makanan. Belalang sembah yang biasa disebut Belalang sentadu dan congcorang ini tidak membiarkan hal seperti kanibalisme menghalangi mereka makan, mereka dikenal memangsa satu sama lain serta serangga lainnya.

Umur belalang sembah adalah sekitar 6 bulan, banyak yang tidak berumur panjang. Ini adalah bentuk pengendalian populasi secara alami, karena belalang sembah betina akan bertelur 100–400 telur sekaligus.

Baca Juga:   6 Hewan Paling Setia Kepada Manusia

4. Jangkrik

jangkrik, serangga peliharaan, serangga di rumah, serangga rumahan, serangga hias, serangga indonesia, serangga yang bisa dipelihara, jual serangga peliharaan, jenis serangga peliharaan, contoh serangga peliharaan, macam macam serangga peliharaan

Bagi sebagian orang, suara jangkrik cukup menenangkan. Jika demikian, serangga ini mungkin hewan peliharaan yang baik untuk Anda. Perawatan jangkrik tidak mahal dan dapat ditemukan hampir di mana saja.

Sisi negatifnya? Umur mereka biasanya hanya beberapa minggu. Namun pemeliharaannya rendah, dan akan memakan apa saja yang Anda berikan, termasuk sayuran, sereal, granola, atau biji-bijian.

5. Ulat Hongkong (Mealworms)

cara ulat hongkong, cara ternak ulat hongkong, cara budidaya ulat hongkong, cara menyimpan ulat hongkong, cara ternak ulat hongkong sederhana, cara membuat indukan ulat hongkong, cara ternak ulat hongkong bagi pemula, cara mengeringkan ulat hongkong

Jika Anda mencari hewan peliharaan dengan pemeliharaan paling rendah, mealworm atau ulat hongkong ini cocok untuk Anda. Beberapa pemelihara berkata bahwa “ulat hongkong memberikan aktivitas sensorik yang hebat untuk anak-anak”.

Memegang tumpukan ulat yang menggeliat dan bergoyang-goyang di tangan, di antara jari-jari Anda, bukanlah hal yang sering Anda rasakan sebelumnya,” hal ini ternyata disukai anak-anak.

Ulat hongkong peliharaan hanya membutuhkan tempat tidur berupa gandum, bisa diganti dengan pakan ayam (poer) jika tidak ada gandum, dan beberapa potong sayuran segar untuk bahagia. Mereka akan mengambil air dari sayuran. Hewan ini telah banyak dibudayakan sebagai pakan burung, Baca : Ternak ulat hongkong.

6. Semut

daftar hewan peliharaan murah, hewan peliharaan harga murah, hewan hewan peliharaan murah, harga hewan peliharaan yang murah, hewan peliharaan jinak dan murah, jual hewan peliharaan, hewan peliharaan murah dan mudah dirawat, hewan peliharaan murah dan unik, hewan peliharaan yang murah, pelihara semut di akuarium

Serangga yang rajin ini adalah yang paling menyenangkan untuk ditonton dan termasuk hewan peliharaan murah meriah. Semut selalu sibuk mengumpulkan makanan atau mempertahankan koloni. Semut raja dan ratu akan memiliki sayap, ketika mereka mencapai kematangan (di alam liar), mereka akan terbang untuk memulai koloni baru.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Kandang Kelinci yang Cantik dan Terbaik

Selain makanan dan air, semut peliharaan memerlukan sedikit perawatan setelah Anda membangun kandangnya untuk kebutuhan spesies khusus mereka. Apa yang dimakan semut berbeda-beda menurut spesiesnya. Beberapa memakan biji-bijian, semut lainnya menyukai air yang dicampur dengan madu.

Untuk memulai koloni semut peliharaan, Anda memerlukan ratu atau dengan beberapa semut jantan. Tanpa ratu yang siap berkembang biak, koloni tidak akan bertahan.

7. Undur-undur (Doodlebugs)

hewan undur undur, apa itu hewan undur undur, apa manfaat hewan undur undur, apa khasiat hewan undur undur, cara budidaya hewan undur-undur, cara mengkonsumsi hewan undur undur, cara mencari hewan undur undur, asal usul hewan undur undur, hewan undur undur, binatang undur undur, foto hewan undur undur, undur undur hewan, serangga undur undur, gambar binatang undur undur

Undur-undur adalah tahap antlion yang belum matang, tetapi antlion dapat bertahan dalam tahap larva ini selama bertahun-tahun.

Kebutuhan undur-undur sebagai hewan peliharaan itu sederhana: Cukup sediakan kotak berpasir yang dangkal dan beberapa serangga untuk dimangsa.

Undur-undur menggali diri ke dalam pasir, membentuk lubang seperti kerucut, dan menunggu serangga mangsa datang. Ketika serangga yang tidak menyadari lubang tersebut ini jatuh ke dalam lubang, pun memakannya.

Meskipun beberapa orang mungkin tidak menyukai serangga, tidak dapat disangkal bahwa makhluk ini adalah bagian penting dari keseimbangan alam. Mereka telah berevolusi agar sesuai dengan kemampuan mereka dengan sempurna. Tanpa mereka, planet ini akan bermasalah.

Selain itu, mengamati dan mempelajari masing-masing spesies adalah cara yang menyenangkan untuk memiliki hewan peliharaan yang tidak akan mengajak jalan-jalan saat hujan.

error: