Serokan untuk Ikan Hias, Kecil Hingga Besar

daftarhewan.com. Serokan Ikan. Tidak jarang semua pemilik ikan menyamaratakan semua jenis serokan (fish net – jaring ikan) untuk segala keperluan, baik untuk menangkap ikan maupun untuk menangkap makanan alami ikan seperti jentik-jentik dan kutu air.

Mereka baru sadar setelah mengalami kesulitan, misalnya ikan yang akan ditangkap pintar berkelit. Atau ketika menangkap makanan alami ikan hasilnya tidak memuaskan.

Lebih-lebih pada saat memindahkan ikan hias seperti ikan oskar atau maskoki misalnya, ternyata sisiknya kemudian terluka. Supaya tidak menanggung risiko itu, anda perlu mengetahui macam-macam serokan, kegunaan, dan teknis penggunaannya.

Macam dan Kegunaan Serokan

serok ikan hias, serokan ikan cupang murah, serokan ikan portable, jual serokan ikan besar, serokan ikan laut, jual serokan ikan terdekat

Ukuran Kecil, biasa digunakan untuk Ikan Cupang dll

Serokan yang dijual di pasaran biasanya berbentuk bulat dan persegi panjang, selain bujur sangkar. Serokan itu bertangkai dan berkerangka besi. Pada ujung tangkainya terdapat bulatan untuk menggantung serokan saat ia tidak digunakan.

Baca Juga:   21 Ikan yang Cocok Disatukan dengan Ikan Arwana

Berdasarkan ukuran dan bahannya, bervariasi dari yang kecil sampai yang besar.Ada yang terbuat dari bahan sutera, kain kasa, trililin, atau jalaplankton.Bahan-bahan berkaitan erat dengan fungsi masing-masing serokan.

Setiap serokan tidak selalu efektif untuk segala keperluan. Misalnya serokan kecil biasanya dipakai di akuarium, sedangkan yang besar cocok untuk di bak atau kolam.

Lebih baik kalau anda menggunakan yang persegi panjang atau bujur sangkar, karena kalau memakai serokan bulat kita akan kesulitan menangkap ikan yang lari ke sudut bak atau akuarium. Serokan bulat (melengkung) itu tentu saja tidak mungkin mencapai bagian sudut akuarium.

Serokan dari kain sutera sering dipakai untuk menangkap ikan kecil yang bersisik halus. Sedangkan yang dari kain kasa dan trililin cocok untuk menangkap ikan hias yang tidak memerlukan penanganan khusus.

Baca Juga:   15 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar untuk Aquarium dan Aquascape

Serokan jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran mata kain, mulai dari yang bermata halus hingga yang agak besar. Kutu air atau jentik-jentik tentu saja dapat ditangkap dengan serokan jenis ini.

Serokan jala plankton tidak umum dipakai oleh para penggemar ikan hias.Selain sulit diperoleh, harganya pun relatif mahal. Serokan itu biasanya dipakai di balai benih ikan atau UPT lain. Jenis ini ukuran matanya sangat halus, sesuai dengan fungsinya untuk menyaring plankton dalam air.

Teknis Penggunaannya

Mula-mula ornamen batu (semen) dan bonggol kayu dalam akuarium dipindahkan dulu, agar tidak merobekkan serokan. Aerator dan filter dimatikan, kemudian ditunggu sampai air tenang kembali.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Teman Pendamping Ikan Louhan

Setelah itu, baru penangkapan ikan bisa dilakukan dengan memakai serokan bujur sangkar atau persegi panjang.

serokan ikan hias, serokan ikan, harga serokan ikan, serokan ikan kecil, seser ikan hias, serokan ikan lipat, harga serokan ikan kecil, gambar serokan ikan, harga serokan ikan besar, jual serokan ikan

Kadang-kadang ada yang menggunakan dua serokan (besar dan kecil) sekaligus. Serokan besar dipakai agar ikan tidak lari ke sana kemari, sedangkan yang kecil untuk memindahkan ikan yang dikehendaki.

Atau bisa juga hanya menggunakan ukuran besar saja, dengan cara memiringkan serokan itu untuk mempersempit ruang gerak ikan yang terperangkap.

Ikan besar yang agresif atau bersisik mudah copot bisa ditangkap memakai plastik bermulut besar. Plastik itu dilubangi ujungnya sebagai penutas, lalu dimasukkan ke dalam air. Dengan demikian, kendati ikannya meronta, sisiknya tidak akan terluka maupun copot.

error: