Jenis-Jenis Siput Laut, Darat, dan Air Tawar

daftarhewan.com. Siput Laut, Darat, dan Air Tawar. Siput merupakan gastropoda bercangkang dari filum moluska, dengan ciri khas berupa tubuh yang berlendir. Selain siput yang kerap muncul di kebun atau sawah Anda, masih terdapat sekitar 43.000 spesies siput lain yang tersebar di segala penjuru dunia.

Secara umum, aneka spesies siput tersebut, dapat dikelompokkan berdasarkan habitatnya, meliputi siput darat, siput laut, dan siput air tawar. Masing-masing jenis siput memiliki keunikan dan karakteristik berbeda yang menarik untuk dicermati.

Yuk, baca selengkapnya untuk mengeksplorasi dan mengenal lebih jauh jenis-jenis siput laut, darat, dan air tawar!

Jenis-jenis Siput Laut

Karakeristik khas dari siput laut, terletak pada tubuhnya yang lembut dan fleksibel, serta cangkang berbentuk kerucut atau spiral. Beberapa jenis siput laut bernapas melalui insang, dan sebagian yang lain memiliki paru-paru primitif untuk mengambil oksigen.

Ada ribuan jenis siput laut, dengan makanan yang bervariasi, tergantung pada spesiesnya. Namun, sebagian besar siput laut, cenderung menyukai plankton, alga, karang, dan serpihan tumbuhan. Beberapa spesies siput laut juga tergolong karnivora, dan memakan kerang, seta hewan laut yang lebih kecil.

Berikut ini beberapa jenis siput laut yang kerap dijumpai :

1. Conus magus

siput laut, gambar siput laut, jenis siput laut, jenis-jenis siput laut, siput kerucut laut, macam macam siput laut, siput di laut, nama nama siput laut, jenis2 siput laut, siput laut yang beracun, siput laut tanpa cangkang apakah berbahaya

Siput laut yang mendapat julukan “kerucut ajaib” ini, menghuni wilayah barat samudera Pasifik. Meski tampak memukau dan cantik, spesies Conus magus memiliki sengatan beracun yang dapat mematikan. Racun Conus magus yang mengandung 50.000 komponen berbeda, disebut konotoksin dan memiliki efek neurotoksik.

Di sisi lain, racun Conus magus juga berguna dalam industri farmasi. Dengan mengisolasi komponen racun, dihasilkan obat penghilang rasa sakit yang bermanfaat bagi pasien kanker dan HIV.

Baca Juga:   Iguana Biru, Kadal dengan Ukuran Besar

2. Patella vulgata

siput laut yang bisa dimakan, makan siput laut, jenis siput laut yang bisa dimakan, siput laut yang boleh dimakan, jenis siput laut yang boleh dimakan, siput laut yang dapat dimakan, siput laut yg boleh dimakan, siput laut yang cangkangnya bergerigi dapat dimakan

Secara umum, istilah limpet merujuk pada Patella vulgata. Spesies siput laut ini merupakan makhluk endemik di perairan Eropa Barat. Biasanya, mereka menempel di pantai berbatu atau perairan dangkal. Limpet termasuk salah satu spesies siput yang paling banyak dikonsumsi atau dimakan oleh manusia.

3. Buccinum undatum

siput laut, siput laut yang bisa dimakan, makan siput laut, gambar siput laut, foto siput laut, warna siput laut, nama siput laut

Buccinum undatum – via : jaxshells.org

Kerap disebut sebagai whelk, Buccinum undatum hidup di perairan sekitar samudra Atlantik Utara, yang memiliki suhu sekitar 5°C. Mereka tidak dapat beradaptasi dengan paparan udara, sehingga tubuhnya akan mengering jika dikeluarkan dari dalam air.

4. Haliotis squamata

siput laut yang bisa dimakan, keong laut yang bisa dimakan, jenis siput laut yang bisa dimakan, macam macam siput laut yang bisa dimakan, keong laut bisa dimakan, keong laut yg bisa dimakan

Populer dengan sebutan abalon, Haliotid squamata termasuk dalam famili Haliotidae yang merupakan siput laut yang bisa dimakan dan dianggap sangat berharga dalam dunia kuliner. Sebagian besar spesies abalon hidup di perairan dingin.

Sementara Haliotis squamata termasuk dalam tujuh spesies abalon yang dapat Anda temukan di Indonesia. Ciri khas abalon terletak pada cangkang spiral berbentuk oval, kecenderungan menempel pada batuan, serta gemar memakan plankton dan alga.

5. Littorina littorea

jenis jenis siput laut, jenis-jenis siput laut, macam macam siput laut yang bisa dimakan, macam macam siput laut, nama nama siput laut, macam siput laut, jenis jenis siput laut dan gambarnya

Siput laut yang umum dikenal sebagai periwinkle atau winkle ini, begitu melimpah di lautan Atlantik, khususnya di sekitar Amerika Utara dan Eropa Barat. Littorina littorrea memiliki karakteristik cangkang spiral, berwarna gelap, dengan tektur yang halus. Umumnya, mereka mendiami bebatuan atau menjajaki area di bawah perahu.

Jenis-jenis Keong Darat

Tubuh lembut siput darat umumnya lebih terlihat di luar cangkang, jika dibandingkan dengan siput laut. Sebagian besar spesies siput darat bernapas melalui paru-paru, meski ada pula beberapa spesies yang bernapas dengan sistem insang. Berkaitan dengan hal tersebut, siput darat tetap membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab untuk bertahan hidup.

Dan, agar mereka dapat bergerak melintasi aneka permukaan, baik halus maupun kasar, siput darat melepaskan sejenis lendir untuk melumasi tubuhnya. Siput darat juga memiliki tentakel kecil di kepala dan otak primitif.

Berikut ini beberapa jenis siput darat yang dapat Anda temukan:

Baca Juga:   Hewan Koala, Si Marsupial Lucu

1. Helix pomatia

siput-siput, siput adalah, makanan siput darat, macam-macam siput darat, klasifikasi siput darat, penjelasan siput, siput darat karnivor, siput darat pemakan daun

Mendapat sebutan siput Romawi atau siput Burgundy, Helix pomatia kerap berkeliaran di taman atau kebun, dan tersebar luas di wilayah Eropa. Tinggi mereka dapat mencapai 4 cm, dengan warna yang amat bervariasi.

Bersifat nokturnal, Helix pomatia cenderung lebih aktif di malam hari. Sementara dari segi diet, Helix pomatia tergolong herbivor. Mereka memakan aneka buah, daun, getah, dan bunga. Helix pomatia juga termasuk salah satu siput yang kerap dikonsumsi manusia atau escargot.

2. Helix aspersa

siput darat, siput hitam

Helix aspersa – via : zinaukaip.lt

Siput kebun, merupakan sebutan yang umum bagi Helix aspersa. Mereka tersebar di segala penjuru dunia, termasuk Amerika Utara dan Amerika Selatan, Oseania, Eropa, Afrika Selatan, dan sebagian Kepulauan Inggris.

Biasanya, siput herbivor ini berkeliaran di sekitar kebun, karena gemar memakan tumbuhan. Atas alasan tersebut, Helix aspersa juga sering kali dianggap sebagai hama, lantas dibasmi dengan pestisida.

3. Achatina fulica

siput, penjelasan siput

Di Indonesia, Achatina fulica lebih populer dengan nama bekicot. Meski dapat Anda jumpai di berbagai wilayah tropis, spesies siput darat ini berasal dari pesisir Tanzania dan Kenya.

Dalam kondisi lingkungan yang ideal, Achatina fulica dapat tumbuh hingga 10–30 cm, dengan cangkang spiral bergaris-garis cokelat dan kuning. Mereka aktif di malam hari, dan mengonsumsi makanan yang bervariasi, meliputi tanaman, tulang, alga, bangkai, lumut, dan bahkan batu, untukmemenuhi kebutuhan kalsium.

4. Rumina decollata

macam macam siput, macam-macam siput, macam-macam siput darat, keong darat

Mirip dengan nama ilmiahnya, Rumina decollata juga dikenal dengan sebutan siput decollate. Mereka hidup di Eropa, sebagian wilayah Afrika, dan Amerika Utara. Siput decollate merupakan karnivor, yang memangsa siput kebun. Karena itu, mereka berguna sebagai pengendali hama.

Seperti spesies siput darat lainnya, mereka cenderung aktif di malam hari, dan menyukai kondisi lingkungan di musim hujan.

5. Otala punctata

macam-macam siput, jenis jenis siput

Meski tercatat sebagai hewan endemik di wilayah selatan Spanyol, tidak menutup kemungkinan Otala punctata juga ditemukan di beberapa negara Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan Aljazair.

Baca Juga:   Narwhal adalah Paus Bertanduk yang Unik

Ciri khas mereka ada pada cangkang spiral berwarna cokelat dengan titik-titik putih. Siput kebun ini merupakan herbivor, yang suka memakan daun, buah potong, bunga, dan sayuran.

Jenis-jenis Siput Air Tawar

Ribuan spesies siput air tawar dapat Anda jumpai di berbagai perairan air tawar, mulai dari sungai, kolam, danau, hingga laguna. Sejumlah besar siput air tawar tersebut juga telah dikembangbiakkan dan dibudidayakan sebagai peliharaan dan menjadi pengisi akuarium yang cukup populer.

Beberapa contoh spesies siput air tawar, antara lain:

1. Potamopyrgus antipodarum

siput air tawar, fakta siput, nama siput air, apakah siput air tawar, apakah siput air, apa ciri ciri siput air

Berkaitan dengan sebutannya, yaitu siput lumpur Selandia Baru, Potamopyrgus antipodarum merupakan hewan endemik asal Selandia Baru. Namun, mereka juga dapat ditemukan di wilayah Australia, Eropa, dan Amerika Utara.

Potamopyrgus antipodarum tampil dengan cangkang kerucut panjang mirip tutut dengan tubuh abu-abu atau putih yang terlihat jelas. Umumnya, mereka mengonsumsi detritus tanaman, alga, dan diatom.

2. Pomacea canaliculata

keong mas, apakah keong mas bisa dimakan, asal usul keong mas, deskripsi keong mas, apakah keong mas beracun, apakah keong mas hidup di dua alam, apakah keong mas haram, apa itu keong mas, asal keong mas

Siput murbai, yang juga populer dengan sebutan keong emas, memiliki nama ilmiah Pomacea canaliculata. Mereka berasal dari AmerikaSelatan, namun dapat pula dijumpai pada perairan air tawar di wilayah Jepang, Australia dan India.

Meski telah menjadi siput akuarium yang populer, Pomacea canaliculata juga dianggap sebagai hama, karena sering kali memakan tanaman padi, terutama di wilayah Asia Tenggara. Dalam beberapa kasus, siput omnivora ini juga menjadi inang parasit.

3. Leptox plicata

Siput batu plicata yang bernama ilmiah Leptox plicata ini merupakan spesies siput air tawar endemik dari Alabama, Amerika Serikat. Populasi mereka terancam punah, karena kehilangan habitat, akibat dari perubahan muka alam, yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti pertanian, pertambangan, dan pengambilan air tanah.

4. Bythinella batalleri

Tercatat, Bythinella batalleri menghuni 63 lokasi di perairan air tawar Spanyol. Keberadaan mereka perlu mendapat perhatian khusus, karena sejumlah habitatnya mengering akibat pencemaran dan eksploitasi sumber daya alam.

5. Henrigirardia wienini

Menjadi hewan endemik pada perairan bawah tanah di lembah Hérault, Prancis Selatan, populasi siput ini tergolong kritis dan nyaris punah, dengan jumlah riil yang tidak diketahui.

error: