Taisho Sanke Koi Fish, si Triwarna

daftarhewan.com. Dilihat sejenak sosok ikan koi taisho sanke mirip dengan showa sanshoku maupun taisho sanshoku. Namun jenis koi triwarna ini pola warnanya khas dan menarik.

harga ikan koi taisho sanke, taisho sanke koi fish, jelaskan perbedaan antara koi taisho sanke dengan kohaku, taisho sanke koi for sale, taisho sanke koi price, ciri ciri ikan koi taisho sanke

Taisho sanke, sejenis koi triwarna atau tiga warna (merah, hitam, putih), pertama kali ditemukan pada pertengahan jaman Meiji. Berbeda denga showa sanshoku yang memiliki warna dasar hitam, taisho sanke warna dasarnya putih, seperti taisho sanshoku.

Pada mulanya taisho sanke merupakan sebutan untuk koi warna merah, hitam dan putih di seluruh bagian tubuhnya. Namun sekarang yang dimaksud dengan taisho sanke adalah koi yang warna merah dan hitamnya hanya diatas warna dasar putih. Koi yang ‘eksotik’ ini pertama kali di biakkan dari Takezawa.

Ikan Koi Taisho Sanke yang asli

Seekor koi baru dapat disebut taisho sanke apabila warna dasarnya seputih salju, termasuk ekornya. Siripnya tidak boleh berwarna merah.Warna merah yang seragam harus terlihat jelas di kepalanya yang putih, dan tidak boleh menyebar hingga ke bagian mata, rahang, pipi, dan hidung.

Baca Juga:   Pemasaran Ikan Koi, Manfaatkan Pembangunan Real Estate

Taisho sanke yang unggul memiliki pantangan yang tidak boleh dilanggar, yaitu kepalanya tidak boleh dihiasi warna hitam. Warna hitam ini hanya boleh ada pada tengkuknya.Bila ada sebuah ‘tanda’ (noktah) hitam melekat di atas tanda merah, maka dia dinamakan ‘kasane-sumi’. Sedangkan tanda hitam melekat di badannya yang putih dinamakan ‘tsubo-sumi’. Tsubo-sumi membuat penampilan seekor taisho sanke menjadi lebih ‘elegan’, asalkan jangan terlalu lebar. Tanda hitam yang terlalu lebar akan merusak ciri khas dan penampilannya.

Selain badannya memiliki pola warna yang spesial, siripnya pun punya ciri khas.Idealnya sirip-sirip yang putih bersih itu dihiasi tiga garis berwarna hitam.

Macam-macam Ikan Koi taisho sanke

Ternyata koi yang banyak penggemarnya di Jepang ini memiliki macam-macam jenis hasil persilangan. Namun pola yang menjadi ‘trademark’ nya harus tetap dipertahankan. Sekarang keindahan si koi triwarna ini sudah dapat menyaingi koi jenis ‘jinbei’, ‘torazo’, dan ‘sadazo’ yang telah lebih dulu dibiakkan. Beberapa jenis taisho sanke dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga:   Cara Memijahkan Ikan Koi

1. Aka sanke

Jenis ini didominasi warna merah dari kepala sampai ekor. Kelihatannya jenis ini sangat keren, tapi kurang anggun.

2. Doitsu aka sanke

Doitsu, artinya ikan yang bersisik sepanjang bagian dorsal dan lateral. Jenis ini termasuk keluarga ikan karper asal Jerman.Aka sanke dari keluarga doitsu, dinamakan doitsu aka sanke.

3. Fuji sanke

Fuji sanke adalah taisho sanke dengan gumpalan warna perak di kepalanya.

4. Koromo sanke

Koromo sanke adalah keturunan taisho sanke yang dikawinkan dengan aigoromo, yaitu koi hasil persilangan asagi dan kohaku. Ciri-ciri koromo sanke yang menonjol adalah bercak warna biru diatas warna merah.

5. Kanoko sanke

Berbeda dengan jenis koi yang memiliki warna merah yang menyatu dan tersebar merata, sebagian warna merah si kanoko sanke ini menyatu, tapi sebagian besar lainnya tersebar menjadi satuan-satuan sisik yang terpisah.

Baca Juga:   Mau Membeli Ikan Koi? Baca Tips Berikut!

6. Sanke shusui

Sanke shusui adalah koi berwarna biru gelap hasil persilangan taisho sanke dengan shusui yang bersisik besar-besar, namun lembut.

7. Yamato nishiki

Hikarimono dari taisho sanke yang umum disebut yamato nishiki ini ditemukan oleh Mr. Seikichi Hoshino dari Takezawa pada tahun 1965. Penampilannya yang selalu keren ini ditunjang oleh warna platinum yang senantiasa berkilau sepanjang hari.

8. Kinginrin sanke

Dulu sanke dengan kinginrin (warna emas dan perak metalik) kurang disukai, sebab warna peraknya berasal dari warna merah dan hitam pucat. Setelah berhasil didapatkan ginrin yang berasal dari warna merah dan hitam yang cemerlang, koi ini banyak penggemarnya.

9. Tancho sanke

Koi dari jenis tancho memang cantik. Di bagian kepala terdapat lingkaran berwarna merah yang menjadi ciri khasnya.Seekor koi yang mirip shiro bekko dengan lingkaran merah di kepala, tapi tanpa bercak merah di badannya disebut tancho sanke.

error: