12 Tanaman Air Kolam yang Cantik

Posted on

daftarhewan.com. Tanaman air kolam. Menempatkan tanaman di kolam kolam ikan Anda merupakan cara yang baik untuk menambahkan warna dan melembutkan suasana di taman. Mereka dapat memberi nuansa baru di tepi berbatu kolam Anda. Baik itu kolam ikan biasa ataupun kolam ikan minimalis untuk ikan koi dan lain-lain.

Setiap orang memiliki koleksi tanaman kolam favorit mereka, tetapi mungkin ada beberapa varietas yang belum Anda tambahkan ke bagian kolam Anda.

Tanaman Air Kolam

Berikut ini kami telah merangkum 12 tanaman air kolam terbaik, yang bisa anda pertimbangkan dan menambahkannya di kolam yang Anda miliki.

1. Apu-apu (Water lettuce)

tanaman penjernih air kolam ikan, apu apu, tanaman air apu apu, daun apu apu, apu apu air, pohon apu apu, manfaat apu apu, bunga apu apu, apu apu untuk cupang, apu apustaja, apu-apu untuk pakan ikan, manfaat apu apu untuk ikan, tanaman apu apu untuk cupang

Apu-apu atau selada air menghasilkan roset daun berwarna hijau limau yang terlihat seperti kepala selada yang mengambang.

Sangat mudah untuk tumbuh, Anda cukup membiarkan tanaman ini mengapung di permukaan air dengan akarnya yang menjuntai di bawah.

Akar langsung menyerap kelebihan nutrisi dari air, menjadikannya filter alami untuk kolam apa pun. Mereka menghasilkan anak tanaman sepanjang musim panas dan dapat dipisahkan dan Anda bisa membagikannya ke teman-teman atau dipindahkan ke taman air kontainer.

2. Blue iris

tanaman air kolam, jenis tanaman air untuk kolam ikan, tanaman air untuk kolam, tanaman air untuk kolam koi, tanaman di air kolam tanaman air kolam ikan, tanaman penjernih air kolam, apakah tanaman air menghasilkan oksigen, fungsi tanaman air untuk ikan, tanaman air tawar untuk kolam

Banyak tukang kebun air menikmati keindahan elegan dari iris air, yang merupakan salah satu tanaman pertama yang biasanya mekar di musim semi.

Baca Juga:   Ikan Koi Kohaku yang Bagus dan Terbaik

Iris air terdiri dari kelompok yang begitu besar dan beragam – ada ratusan, bahkan ribuan hibrida yang dibudidayakan serta alami.

Pencinta lahan basah, bunga besar iris biru mempesona, dengan beragam warna mulai dari warna biru pucat hingga ungu.

3. Creeping Jenny

tanaman merambat di kolam, tanaman kolam, tanaman air untuk kolam ikan, tanaman penetral air kolam, tanaman untuk kolam ikan, tanaman kolam koi, jenis tanaman air untuk kolam ikan, tanaman air penyerap amoniak
Tanaman merambat untuk kolam – via : tumbral.com

Sering digunakan sebagai penutup tanah di taman terestrial, Creeping Jenny dengan Nama ilmiah: Lysimachia nummularia ini sangat baik bila digunakan sebagai tanaman air kolam.

Biasanya tumbuh setinggi sekitar 5 cm, sangat cocok sebagai tanaman pengisi pinggir kolam, untuk melembutkan tepi batu dengan daunnya yang cerah menciptakan kontras yang jelas dengan abu-abu dingin dari batu basah.

Bunga kuning kecil bisa muncul sepanjang musim panas, memberikan daya tarik tambahan. Creeping Jenny adalah salah satu tanaman abadi yang paling baik digunakan sebagai jenis tanaman air kolam menjalar yang bagus .

4. Eceng gondok

eceng gondok, tanaman eceng gondok, eceng gondok adalah, eceng gondok hidup di, apa itu eceng gondok, eceng gondok ciri khususnya, tekstur eceng gondok, eceng gondok kecil, eceng gondok ciri khusus, warna eceng gondok

Sebagai tanaman air yang sudah tidak asing dikenali oleh kebanyakan orang. Eceng gondok memiliki ciri-ciri tidak mempunyai tangkai, daunnya tunggal dan berupa oval. Eceng gondok hidup di perairan yang dangkal dan sanggup tumbuh dalam waktu cepat. Baca Juga : Daun Pakan Ikan

Tetapi, eceng gondok mempunyai imbas negatif untuk lingkungan, salah satunya ialah bertambahnya penguapan, serta berkurangnya jumlah sinar yang masuk ke perairan hingga mengakibatkan berkurangnya tingkat kelarutan oksigen di air, dan mengusik transportasi air.

4. Jeringau (Sweet flag)

tanaman air kolam, tanaman air penghasil oksigen, tanaman kolam, tanaman air untuk kolam ikan, tanaman pinggir kolam, tanaman kolam koi, tanaman penetral air kolam, tanaman untuk kolam ikan, tanaman kolam ikan, tanaman hias pinggir kolam ikan, tanaman hias kolam, bambu air di kolam, tanaman untuk kolam koi, tanaman pinggir kolam ikan, Jeringau (Sweet flag)

Tanaman ini sangat ideal untuk tanaman air kolam. Tumbuhan ini sangat fleksibel, karena dapat tumbuh dengan jari-jari kakinya di dalam air atau sebagian terendam.

Dedaunan yang indah berwarna hijau muda dan disorot dengan garis-garis kuning cerah, tetap indah sepanjang musim. Tanaman hebat serba guna ini bagi sebagian orang digunakan juga sebagai tanaman obat, dan tentu saja manfaat lainnya adalah menambahkan keceriaan pada fitur air apa pun.

Baca Juga:   8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

5. Lobelia cardinalis (Cardinal flower)

tanaman air kolam, tanaman untuk pinggir kolam
Lobelia cardinalis (Cardinal flower) – via : plantinfo.co.za

Tanam bunga cantik ini di sepanjang tepi dangkal kolam Anda dan saksikan burung-burung berduyun-duyun mencicipi nektarnya. Dedaunan merah anggur yang dalam memicu bunga merah cerah.

Daunnya memiliki panjang hingga 20 cm dan tanaman dapat tumbuh setinggi 2 meter.

6. Lotus

tanaman untuk kolam ikan, lotus, seroja

Tanaman yang memiliki panggilan Seroja ini mempunyai nama latin Nelumbo nucifera, datang dari India. Tangkainya berupa tabung kosong yang berperan sebagai jalan sirkulasi udara. Berdiameter daun sampai 60 cm dan bunga yang dapat menggapai 20 cm, Lotus benar-benar cantik sebagai tanaman air kolam.

Belum juga permukaan daun yang mempunyai susunan lilin di mana saat terkena air, daunnya akan membuat butiran air. Bunga yang tumbuh ada banyak warna, seperti putih, pink atau merah muda dan kuning..

Rimpangnya bisa dikonsumsi dan sering dipakai dalam masakan Jepang. Daunnya yang memiliki ukuran besar umumnya jadi buntel makanan tradisional sebagai alternatif plastik.

6. Ludwigia sedoides

tanaman air yang bagus untuk kolam, Ludwigia sedoides

Tanaman mosaik yang indah terdiri dari daun berbentuk berlian merah dan hijau dalam roset lebar tiga hingga enam inci.

Di musim panas, tanaman terapung ini menghasilkan bunga berbentuk cangkir berwarna kuning cerah. Tumbuhan tropis ini mudah tumbuh, serta menyediakan tempat bagi ikan-ikan yang ada di kolam untuk bersembunyi di bawahnya.

7. Nymphaeaceae (Water lilies)

Tanaman bunga teratai ungu, Nymphaeaceae (Water lilies)

Bunga lili air dari suku teratai-terataian adalah tumbuhan yang menakjubkan di taman air dan sering menjadi alasan mengapa banyak tukang kebun menambahkan kolam ke lanskap mereka.

Baca Juga:   Taisho Sanke Koi Fish, si Triwarna

Tanaman kolam ikan yang indah ini mempunyai ciri bunga-bunga menakjubkan yang mewakili semua warna dalam spektrum cahaya dari merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu (termasuk putih kolektif), dan sejumlah warna di antaranya.

Bunganya berkisar dari diameter hanya dua inci hingga beberapa bunga berukuran 12 inci atau lebih. Daun mereka biasanya mengapung menambah semarak kolam Anda.

8. Paku ekor kuda (Horsetails)

Tanaman mirip bambu kecil, tanaman air tawar untuk kolam yang mirip bambu, paku ekor kuda (Horsetails)

Tumbuhan paku ekor kuda memberikan kehadiran arsitektur yang mencolok di kolam Anda dengan buluhnya yang tersegmentasi, tumbuh hingga 60 cm, sedangkan versi kerdil tumbuh hingga 20 cm.

Tanaman ini dapat menyebar dengan cepat dan kemungkinan Anda akan sedikit sibuk ketika sudah tumbuh banyak. Ketika sudah terlalu banyak, potong tanaman sampai ke tanah agar spora tidak menyebar.

9. Pickerelweed

tanaman air kolam ikan, Pickerelweed

Tersedia dalam bunga berwarna ungu, putih, dan merah muda, pickerel adalah pilihan yang cocok untuk tanaman air kolam dengan dedaunan hijau berbentuk hati yang mengkilap.

Bunganya tahan lama dan membuat tampilan yang indah saat ditanam secara massal di dalam kolam.

10. Talas

tanaman kolam ikan, talas, taro

Beberapa varietas talas tersedia untuk kolam Anda dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Ini adalah tanaman tropis yang cocok sebagai tanaman air kolam.

Tempatkan di dekat jendela yang cerah dan kemudian pindahkan talas kembali ke kolam Anda saat musim panas tiba. Tanaman yang menyukai banyak air ini dapat tumbuh dengan rimbun dan mengesankan, dan selalu tampil mencolok di taman air.

One thought on “12 Tanaman Air Kolam yang Cantik

Comments are closed.