5 Tanaman Pengusir Ular, Emang Ampuh?

daftarhewan.com. Tanaman pengusir ular. Salah-satu peranan penting dari ekosistem yakni ular. Tetapi sebagian besar ular yang mempertahankan diri dengan cara berbahaya, bahkan juga hingga mematikan. Maka dari itu manusia pun jadi terancam. Tidak sangsi banyak beberapa orang yang kalap, sampai memberantas ular secara brutal.

Tapi bila anda tinggal di daerah yang bisa dikatakan banyak terdapat ular, ketidaknyaman yang anda alami memang lumrah. Oleh karenanya, anda sebaiknya manfaatkan beberapa tanaman tertentu sebagai pengusir ular alami. Anda dapat memposisikan tanaman tersebut di taman atau dekat dengan pintu masuk ke rumah. Ular berbisa dan tidak berbisa kemungkinan enggan mendekat.

Melakukan aktivitas di wilayah yang identik dengan ular, anda pasti sudah memikirkan skenario terjelek. Anda memikirkan anak-anak yang sering bermain di luar rumah, atau terpikir jendela atau pintu rumah yang selalu terbuka. Potensi masalah yang ditimbulkan ular bisa jadi selalu ada. Terkecuali jika anda membuat desain lingkungan yang ‘anti ular’.

Membuat Kebun Anti Ular

Ular menyukai wilayah yang luas serta mempunyai sumber makanan untuknya. Daerah yang dipenuhi tanah gembur dan bunga-bunga umumnya menarik hewan pengerat seperti tikus, lalu secara otomatis daerah semacam itu yang bakal jadi magnet bagi ular. Reptil ini dapat bersembunyi di tengah-tengah tanaman menjalar atau dibalik batu. Oleh karenanya, Anda dapat terus mempunyai tanah gembur serta berbagai tanaman dan bunga-bunga, yang cantik. Berikut tumbuhan pengusir ular.

Apa Ular Memang Punya pengaruh Jelek Untuk Kebun atau Taman?

Sebetulnya, kehadiran ular malah baik untuk kebun atau taman anda. Mereka bisa menjadi pengontrol hama, seperti tikus, yang kerap jadi biang dibalik kerusakan tanaman. Tikus dapat menjadi musuh besar untuk kenyamanan rumah anda. Dari sisi ekologis, ular di kebun anda memang bermanfaat. Tetapi dari sisi keamanan, keberadaan ular pasti tidak dapat diacuhkan begitu saja. Ada juga pemakaian zat kimia seharusnya dilakukan pada spesies tertentu saja. Jalan keluar dengan metode alami masih dipandang sebagai jalan terbaik dan paling efisien untuk menahan masalah ular.

Beberapa tanaman tidak disukai ular karena wewangiannya yang mengusik. Alasan yang lain masih misterius, yang jelas ular tidak akan nyaman bila ada tanaman yang dibencinya. Nah ini adalah daftar tanaman yang tidak disenangi ular dan menjadi pengusir alami ular:

Baca Juga:   Leopard Gecko,Tokek Leopard yang Banyak Diminati

Tanaman yang Tidak Disukai Ular

1. Bawang Merah

tanaman pengusir ular, tanaman yang ditakuti ular, tanaman yang disukai ular, tanaman yg ditakuti ular, tanaman yang tidak disukai ular, tumbuhan yang ditakuti ular, tanaman anti ular, cara mengusir ular dari kebun, cara mengusir ular di kebun, tanaman yg tidak disukai ular, tumbuhan pengusir ular, tanaman ditakuti ular

Tanaman Bawang Merah

Ke-2 nya baik bawang merah dan bawang putih membuat makanan kita menjadi lebih beraroma, hingga dapat menghidupkan hasrat atau nafsu makan. Sedang untuk ular, tanaman bawang ini membuat berbau yang tidak nikmat dan memusingkan. Dampaknya seperti semprotan merica saat menyentuh indera penciuman.

2. Bawang Putih

tanaman ular, apa tanaman pengusir ular, tanaman apa yang ditakuti ular, tanaman apa yg ditakuti ular

Ternyata tidak hanya vampire yang tidak senang dengan kehadiran bawang putih. Di beberapa daerah bawang putih juga bisa dijadikan tanaman pengusir ular.

3. Bunga Marigold (Tagetes)

bunga pengusir ular, pohon penangkal ular, tanaman pencegah ular, jenis tanaman yang ditakuti ular, tumbuhan yang tidak disukai ular, pohon yg ditakuti ular, cara mengusir ular di sawah, bunga penangkal ular, tanaman pokok ular, jenis tanaman yang tidak disukai ular, tanaman yang membuat ular takut

Selainnya cantik dan dapat menghias lingkungan, tanaman yang disebut juga bunga gemitir, gumitir atau tagetes ini umumnya digunakan untuk mengusir hama. Kuncinya ada di akar tanaman yang menancap kuat dalam tanah, dan dapat mengeluarkan wewangian menusuk.

Hama kebun pasti jadi tidak senang dan tidak betah. Tanaman ini mempunyai potensi jadi tempat persembunyian hewan, tapi akar dan bunga yang berbau akan membuat hewan-hewan minggat.

Baca Juga:   9 Buaya Terbesar di Dunia, Gede Banget!

4. Tanaman Lidah Mertua

tanaman anti ular, cara mengusir ular dari kebun, cara mengusir ular di kebun, tanaman yg tidak disukai ular, tumbuhan pengusir ular, tanaman ditakuti ular

Tanaman hias yang dalam Bahasa Inggris disebut Mother-in-Law’s Tongue (Sansevieria trifasciata) ini kerap kita temui di beberapa rumah atau bangunan. Tanaman ini bisa tumbuh dalam ruang dengan akses sinar matahari serta air yang sedikit.

Bahkan juga Anda cukup menyiraminya 3x tiap minggu. Daunnya sukulen, keras, tegak, ujungnya lancip seperti pedang. Bagi ular, performa tanaman ini terlihat menakutkan. Tidak sangsi, ular jadi ketakutan untuk merapat.

5. Tanaman Serai (Lemongrass)

tanaman pengusir ular, tanaman yang ditakuti ular, tanaman yang disukai ular, tanaman yg ditakuti ular, tanaman yang tidak disukai ular, tanaman anti ular

Tanaman sereh atau serai – via : offerdos.com

Untuk kita, tanaman ini wangi memikat. Kontras untuk ular, wewangian seperti jeruk pada tanaman ini malah demikian berbau. Tidaklah aneh jika nyamuk juga tidak menyenanginya. Hingga serai ini masih dipandang seperti tanaman terbaik yang baik menyingkirkan ular, caplak, kutu dan nyamuk. Serai ini gampang dipiara dan tahan cuaca kering

Satu tanaman saja sepertinya tidak akan cukup untuk mengerjakan pekerjaan berat, seperti mengusir ular. Seharusnya beberapa tanaman ini bekerjasama supaya ular malas merapat. Tanam di kebun, hingga teritori itu menjadi area bebas dari ular yang berkeliaran. RD (Dari berbagai sumber)

error: