10 Teman Ikan Mas Koki di Aquarium

daftarhewan.com. Ikan mas koki atau goldfish adalah ikan yang cantik, sangat disukai dalam hobi memelihara ikan, namun sesekali akan menyenangkan untuk menambahkan sedikit variasi ke akuarium tempat mereka tinggal. Berikut ini adalah daftar dan rekomendasi teman ikan mas koki atau ikan yang cocok digabungkan dengan ikan mas koki di dalam akuarium.

Syarat Ikan yang bisa digabung dengan ikan mas koki

Jika Anda pernah melihat ikan keren yang memikat hati Anda, mungkin akan bertanya-tanya apakah ikan itu cocok dengan ikan mas koki yang Anda miliki, berikut beberapa panduan umum yang harus diikuti:

Hindari ikan agresif untuk teman ikan mas koki Anda. Secara umum, ikan mas koki adalah hewan damai yang tidak akan tenang dengan ikan berduri yang agresif seperti ikan cichlid Afrika, dan cichlid besar lainnya.

Pertimbangkan seberapa cepat ikan mas koki Anda berenang. Ikan mas biasa (juga dikenal sebagai ikan mas ekor tunggal atau komet) adalah perenang yang sangat cepat dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menelan hal-hal yang seharusnya tidak mereka telan. Ikan mas fancy jauh lebih lambat dan karena itu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diganggu oleh ikan lain.

Jauhi ikan kecil dan berduri. Ikan mas suka menjelajah dan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya – termasuk makanan, substrat, tumbuhan, dan ikan lainnya yang seukuran mulut mereka. Jadi pertimbangkan ukuran maksimum ikan mas dewasa saat memilih teman ikan koki di dalam akuarium. Selain itu, waspadai ikan kecil berduri, seperti otocinclus atau cory catfish (corydoras), yang berpotensi tersangkut di insang ikan mas jika tertelan.

Pertahankan teman akuarium yang bisa hidup dalam kondisi yang sama dengan ikan mas koki. Ikan mas terutama menyukai suhu yang lebih dingin dari 10 – 21 derajat celcius dan dapat hidup pada suhu kamar tanpa pemanas. Selain itu, teman seakuarium harus mampu hidup dalam pola makan yang ditujukan untuk ikan mas koki. Jika Anda menambahkan pemangsa berat yang membutuhkan makanan berdaging, ada kemungkinan ikan mas akan mendapatkan terlalu banyak protein dan menjadi sembelit.

Baca Juga:   Feng Shui Memelihara Ikan Mas Koki

Dengan mengingat aturan dasar ini, berikut adalah 10 teman ikan mas koki dalam akuarium yang telah terbukti cocok dengan ikan mas koki:

1. Adrianichthyidae (Ricefish)

ikan yang cocok dengan ikan koki, ikan yang cocok sama ikan koki, ikan yang cocok dengan mas koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan koki, ikan yang cocok digabung dengan ikan mas koki

Keluarga ikan yang suka air dingin ini terdiri dari banyak spesies dan varian warna, seperti putih platinum, oranye, dan biru. Meskipun Adrianichthyidae (Ricefish) yang disebut ikan Medaka tidak semurah zebra hongkong, tetapi mereka berkembang biak dengan mudah dan merupakan salah satu ikan yang indah dalam daftar ini.

2. Bristlenose Pleco

teman ikan mas koki, ikan yang cocok dengan ikan mas koki, teman ikan mas koki di aquarium, ikan yang cocok dengan ikan koki, teman ikan mas koki dalam aquarium, teman ikan koki di aquarium, teman ikan koki, teman untuk ikan mas koki

Pilihan ini mungkin dianggap sedikit kontroversial, karena beberapa warganet mengatakan bahwa ikan yang termasuk keluarga sapu-sapu mereka dapat mengisap mantel lendir ikan mas koki. Dalam praktiknya, ditemukan bahwa hal ini lebih sering terjadi pada pleco yang lebih besar yang tidak mendapatkan cukup makanan (karena ikan mas melahap segalanya).

Jika Anda memelihara spesies yang lebih kecil seperti bristlenose pleco, akan jauh lebih mudah untuk membuatnya cukup makan dan jauh dari lapisan lendir. Anda akan sering menemukan mereka mengunyah alga dan potongan makanan kecil yang tersembunyi di substrat. Namun, tips dari kami adalah menunggu sampai malam atau lampu telah dimatikan dan ikan mas sudah tenang, dan kemudian target memberi makan pleco makanan enak berupa wafer, bloodworms dan brine shrimp.

3. Brochis multiradiatus

jenis ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki, ikan yang bisa digabung dengan ikan mas koki, ikan yang cocok satu aquarium dengan ikan mas koki, ikan yang cocok disatukan dengan mas koki, ikan yang cocok dengan koki, ikan yg cocok dengan koki

Cory catfish atau Corydoras umumnya bukan ide yang baik untuk akuarium ikan mas karena ukurannya cukup kecil untuk muat ke dalam mulut ikan mas dan memiliki duri di siripnya. Tetapi bagaimana jika Anda bisa mendapatkan corydoras yang ukurannya lebih besar? Brochis multiradiatus (Hognosed brochis) yang juga dikenal sebagai ikan lele berhidung babi atau Corydoras multiradiatus.

Penghuni akuarium bagian bawah yang jinak ini terlihat seperti ikan lele cory yang tumbuh hingga berukuran 4 inci (10 cm). Mereka berfungsi sebagai anggota kru pembersihan akuarium yang hebat karena mereka suka menggali bagian bawah akuarium dan menyedot sisa makanan. Ya, mereka juga memiliki duri di sirip dada dan punggungnya, tetapi bukan masalah karena mereka terlalu besar untuk dijadikan sebagai makanan oleh ikan mas koki.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

4. Hillstream Loach (Balitoridae)

ikan yang cocok dengan ikan koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki, ikan yang cocok sama ikan koki, berapa lama ikan mas koki besar, berapa lama ikan mas koki hidup, berapa lama ikan mas koki menjadi besar, berapa lama ikan mas koki bertahan hidup, ikan yang cocok disatukan dengan mas koki

Ikan eksentrik yang menakjubkan ini terlihat seperti miniatur ikan pari dan bertingkah laku seperti plecostomus (atau pleco). Ia memakan ganggang, mengais sisa makanan, dan menempel di kaca akuarium begitu erat sehingga ikan mas tidak bisa mencabutnya.

Ikan ini adalah ikan terbaik yang bisa disatukan dengan ikan koki, mereka menikmati suhu yang lebih dingin seperti ikan mas. Kategori ikan ini termasuk Sewellia lineolata (Tiger Hillstream Loach), Spotted Borneo Sucker (Gastromyzon punctulatus) atau Borneo sucker loach, Chinese butterfly loach (Beaufortia kweichowensis), dan banyak jenis ikan loach bertubuh datar lainnya.

5. Hoplo Catfish (Megalechis thoracata)

ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki, ikan yang cocok sama ikan koki, berapa lama ikan mas koki besar, berapa lama ikan mas koki hidup, berapa lama ikan mas koki menjadi besar, berapa lama ikan mas koki bertahan hidup, ikan yang cocok disatukan dengan mas koki, jenis ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa digabung dengan ikan mas koki, ikan yang cocok dengan mas koki

Ikan lele berduri tapi jinak ini terlihat seperti otocinclus berukuran sangat besar yang tumbuh hingga 12 sampai 15 cm. Spesies yang berbeda termasuk hoplo ekor bendera (Dianema urostriatum), hoplo tutul (Megalechis thoracata), dan ekor bar hoplo (Megalechis picta). Lele hoplo memiliki kumis panjang yang membantu mereka terus mencari makanan. Berbeda dengan bristlenose nokturnal dan plecos rubbernose, hoplos makan di siang hari, jadi tidak perlu memberi makan dengan target untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup.

6. Ikan Platy

ikan yang cocok dengan mas koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan koki, ikan yang cocok digabung dengan ikan mas koki, jenis ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki

Ikan livebearer (atau ikan yang melahirkan anak) mungkin tampak seperti pilihan yang aneh sebagai teman akuarium ikan mas koki. Dari kedua spesies ikan platy tersebut, variatus platy (Xiphophorus variatus) dapat hidup di perairan yang lebih sejuk.

Platy tersedia dalam berbagai warna dan pola, jadi jika Anda mencari sesuatu yang kontras dengan ikan mas merah, putih, dan oranye Anda, kumpulan plat biru atau kuning mungkin bisa membantu. Akhirnya, mereka berfungsi sebagai anggota kru pembersihan yang fantastis, terus-menerus mengambil ganggang atau makanan berlebih yang tersembunyi di dalam tangki.

7. Longfin Rosy Barbs

teman ikan mas koki, teman ikan mas koki di aquarium, teman ikan koki di aquarium, teman ikan mas koki dalam aquarium, ikan yang cocok dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki

Di awal artikel, kami merekomendasikan untuk menghindari ikan berduri semi-agresif dan agresif, yang banyak duri yang dapat bertahan di perairan yang lebih dingin. Untungnya, ada beberapa ikan berduri yang relatif damai seperti duri kemerahan yang dapat hidup berdampingan dengan ikan mas Anda, selama Anda mengikuti beberapa aturan sederhana.

Tips pertama adalah mendapatkan kelompok rosy barb yang lebih besar untuk meminimalkan penindasan. Jika Anda memiliki kelompok 10 ikan atau lebih (dengan lebih banyak betina daripada jantan karena pejantan lebih agresif), mereka cenderung menghibur diri dan membiarkan ikan Anda yang lain.

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

Tips kedua adalah menemukan varietas rosy barb bersirip panjang. Sirip yang mengalir akan memperlambat perenang cepat ini sehingga ikan mas mendapatkan makanan yang adil selama waktu makan. Tips ke tiga adalah memelihara rosy barbs dengan ikan mas biasa berekor tunggal, karena duri mungkin masih terlalu cepat untuk disukai ikan mas koki fancy Anda.

8. Pond loach

teman ikan koki di aquarium, teman ikan mas koki dalam aquarium, ikan yang cocok dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki, apakah ikan mas koki bisa dicampur dengan ikan lain, apakah ikan mas koki makan ikan kecil, berapa lama ikan mas koki besar

Pond loach seperti hot dog dengan sirip yang suka berenang, bersembunyi di kerikil, dan memakan apa pun makanan yang Anda masukkan ke akuarium. Makhluk ramah ini berkembang biak di air dingin dan merupakan tambahan yang populer untuk banyak akuarium ikan mas. Meskipun ukurannya lebih besar, Anda biasanya dapat menemukannya dengan harga murah untuk versi normal dan lebih mahal untuk versi emas atau albino. Jika Anda sedang mencari pasangan akuarium yang sudah terbukti benar untuk ikan mas, Anda tidak akan salah memilih dojo loach.

9. Rubbernose Pleco

teman ikan koki di aquarium, teman ikan koki, ikan hias teman koki, teman ikan mas koki

Juga dikenal sebagai bibir karet atau bulldog pleco, plecostomus ini sangat mirip dengan bristlenose pleco, kecuali mereka tidak memiliki bulu di moncongnya. Mereka memiliki sifat dan persyaratan perawatan yang sama, dan mereka tumbuh dengan ukuran yang hampir sama dengan panjang 5 hingga 6 inci. Kebanyakan dari mereka memiliki bintik-bintik baik di wajah atau menutupi seluruh tubuh mereka dan biasanya dijual di toko toko hewan peliharaan. Jika Anda mencari pleco yang tidak memiliki “bulu wajah”, cobalah ikan pemakan alga yang damai ini.

10. Zebra Hongkong (White Cloud Mountain minnow)

ikan yang cocok dengan ikan koki, ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa disatukan dengan ikan mas koki, ikan yang cocok sama ikan koki, ikan yang cocok disatukan dengan mas koki, jenis ikan yang bisa dicampur dengan ikan mas koki, ikan yang bisa digabung dengan ikan mas koki, ikan yang cocok dengan mas koki

Jika Anda hanya memiliki ikan mas koki mewah (Fancy), ikan kecil air dingin mungkin merupakan pilihan yang baik. Harganya juga murah, cenderung ikan yang hidup berkelompok, dan hanya tumbuh hingga 2 hingga 5 cm.

Saat Anda pertama kali membelinya, ukurannya akan jauh lebih kecil, jadi pertimbangkan untuk menumbuhkannya (dan bahkan membiakkannya) sebelum menambahkannya ke akuarium ikan mas koki. Ya, ikan ini bisa masuk ke dalam mulut ikan mas, tetapi mereka sangat cepat dan gesit dibandingkan dengan ikan mas hias yang lebih lambat dan sulit ditangkap. (Jika ikan ini tidak sengaja termakan, hal tersebut tidak berbahaya bagi ikan mas).

error: