12 Fakta Tentang Kupu-Kupu yang Unik

Posted on

daftarhewan.com. Tentang Kupu-kupu. Apa yang kamu pikirkan tentang kupu-kupu? Kupu-kupu dalam B. Inggris disebut Butterfly ini sering jadi object menarik karena memiliki bentuk yang cantik. Demikian pula dengan sayap dan warnanya yang beragam.

tentang kupu kupu, b.inggris kupu kupu, tentang kupu-kupu, pertanyaan tentang kupu kupu, cerita tentang kupu kupu, keterangan kupu-kupu, deskripsi tentang kupu kupu, penjelasan tentang kupu-kupu, fakta tentang kupu kupu, penjelasan tentang kupu kupu, 10 pertanyaan tentang kupu kupu, paragraf tentang kupu kupu, observasi tentang kupu kupu, teks tentang kupu kupu

Tentang Kupu-Kupu

Kupu-kupu sering dihubungkan dengan proses transformasi, karena metamorfosis yang mereka lalui memang menakjubkan. Rasanya beberapa orang demikian akrab dengan kupu-kupu. Tetapi tahukah kamu tentang beberapa fakta menarik yang dapat kita bongkar? Cekidot!

1. Sayapnya Transparan

Begitu melihat kupu-kupu, kita umumnya langsung kagum oleh sayapnya yang cantik yang beraneka warna. Adalah susunan chitin yang sudah membentuk sayap itu. Susunan itu adalah protein yang berperan untuk membuat exoskeleton (merupakan rangka eksternal yang memberikan dukungan dan melindungi tubuh hewan) pada serangga.

Karena sangat tipisnya, lapisan itu juga dapat diterawang. Bila diperhatikan lebih detil, ada ribuan sisik yang menutupi lapisan tipisnya. Terlihat kemampuannya untuk memantulkan cahaya dalam bermacam warna. Semakin tua, susunan chitin, kupu-kupu makin terekspos saja.

2. Kaki Bisa Menjadi Indera Perasanya

Pada kaki kupu-kupu terdapat reseptor yang bisa mendeteksi letak tanaman inang atau sesuatu yang bisa dimakan. Yang betina hinggap di berbagai tanaman. Ia kemudian menaburkan jejak kakinya dengan tujuan untuk merangsang getah atau sari buahnya agar keluar.

Di bagian belakang kakinya terdapat duri yang mengandung kemoreseptor. Bagian tersebut mampu mendeteksi kandungan bahan kimia dalam tanaman secara akurat. Jika sudah ketemu, ia pun bertelur di sana. Ia juga akan menginjak makanannya, khususnya untuk mencicipi dan memeriksa larutan gula. Misalnya dalam makanan semacam buah fermentasi.

3. Mereka Menerapkan Diet Semua Cairan

Sebenarnya kupu-kupu “tidak makan”. Mereka tidak mampu mengunyah makanan padat. Mulut mereka memang tercipta untuk sekadar minum. Tak ayal kalau apa yang dikonsumsinya hanyalah cairan, khususnya nektar.

Baca Juga:   3 Tahap Daur Hidup Kecoa yang Benar

Mereka memiliki semacam belalai yang bisa dijadikan sedotan. Belalai tersebut terletak di bawah dagunya, dan terus meraba-raba, mencari nektar atau nutrisi lain yang bersifat cairan untuk kemudian disedot.

4. Ketika Keluar dari Kepompong

Seperti yang dibahas sebelumnya, kupu-kupu hanya mengandalkan kemampuan minumnya. Kalau makan tidak bisa, lalu minum pun tidak bisa, tentu mereka akan sengsara. Karena itu hal pertama yang dilakukan kupu-kupu ketika keluar dari kepompong yaitu memastikan kinerja mulutnya.

Begitu keluar, bagian mulutnya memang ada. Mereka pun mulai menyatukannya, sehingga terbentuk yang namanya belalai tubular.

5. Genangan Air Lumpur Menjadi Minumannya

Kupu-kupu memang doyan gula. Tetapi di sisi lain mereka juga memerlukan mineral. Zat tersebut bisa melengkapi konsumsinya. Kupu-kupu kemudian memilih minuman dari air lumpur. Pilihan itu bukan tanpa alasan, sebab di dalam terdapat kandungan garam dan mineral yang tinggi.

Yang sering melakukan kebiasaan ini adalah kupu-kupu jantan, sebab mereka juga kerap menggabungkan mineral tersebut dengan spermanya. Begitu kawin dengan betina, nutrisi ini ditransferkan, sehingga membantu kelangsung hidup dari keturunan atau telur-telur mereka.

6. Mereka Tidak Bisa Terbang Jika Kedinginan

Kupu-kupu termasuk hewan berdarah dingin, sehingga mereka tak memiliki kemampuan untuk mengatur temperatur darahnya sendiri. Untuk terbang, mereka memerlukan suhu tubuh dan lingkungan yang ideal. Untuk itu, cuaca di sekitar sangat memengaruhi pergerakan dari kupu-kupu.

Kupu-kupu bisa terbang sepanjang suhu udara di antara 60°-108° F (15 – 42 derajat celcius), walau temperatur di antara 82°-100° F adalah yang terbaik. Bila temperatur turun terlalu rendah, mereka kemungkinan mencari batu warna terang, pasir atau daun di lokasi yang cerah dan berjemur. Kupu-kupu berjemur dengan sayap terbentang untuk menyerap panas matahari.

Kalau suhunya di bawah itu, bahkan ketika ada predator, mereka sampai tak mampu bergerak untuk menyelamatkan diri. Namun ketika suhunya sesuasi, mereka pun bisa kembali terbang kesana-kemari secara leluasa. Jika di atas angka tersebut, kupu-kupu juga bisa kegerahan dan mencari spot yang sekiranya bisa dijadikan tempat berteduh.

Saat kupu-kupu jadi terlampau panas, mereka kemungkinan menuju ke arah tempat teduh atau ke arah tempat yang sejuk seperti kubangan air. Beberapa spesies akan berkumpul di kubangan lumpur dangkal atau wilayah berpasir basah, mengisap air yang kaya mineral.

Biasanya lebih banyak jantan daripada betina di kubangan air, yang dipercaya jika garam dan nutrisi dalam kubangan air diperlukan untuk perkawinan yang sukses.

Baca Juga:   Apa Makanan Kumbang Tanduk atau Kumbang Badak?

7. Begitu Keluar Kepompong, Tidak Bisa Langsung Terbang

Ketika masih terlindung dalam kepompong, terjadi proses yang semakin lama semakin mengembangkan sayapnya. Namun ketika lapisannya retak dan kupu-kupu keluar, sayapnya terlihat berubah jadi mengerut.

Tubuhnya pun harus segera memompa cairan melalui pembuluh sayapnya, sehingga ukurannya jadi kembali mengembang. Begitu ukurannya sudah penuh, mereka memerlukan waktu untuk mengeringkan dan mengeraskannya. Jika sudah, kupu-kupu pun siap dengan upaya penerbangan perdananya.

kupu-kupu dan ulat, ulat dan kupu-kupu, tentang kupu kupu, dimana kupu kupu hidup jelaskan, dimana kupu-kupu hidup, apa makanan kupu-kupu, bagaimana sikap kupu-kupu terhadap semut, apa manfaat kupu-kupu, berapa kaki kupu kupu, apa arti kupu kupu masuk rumah, tentang kupu-kupu, kenapa kupu kupu masuk rumah
Ulat dan Kupu-kupu

8. Umur Kupu-kupu Rata-rata Sekitar 2-4 Minggu Saja

Begitu mereka keluar dari kepompong, keindahannya tidak bisa dinikmati berlama-lama. Harapannya hidupnya terbilang pendek, hanya sekitar beberapa minggu saja. Yang berukuran kecil berwarna biru malah hanya eksis di dunia selama beberapa hari.

Selama hidup itu, mereka mengisi waktu dan energinya dengan makan dan kawin. Sementara itu, jika kupu-kupunya spesial dan tahan hidup di musim dingin, mereka bisa terus bernapas sampai 9 bulan lamanya.

9. Rabun Jauh, Tapi Bisa Melihat dan Membedakan Warna

Indera penglihatannya sangat berguna untuk mencari pasangan yang tepat, khususnya yang berasal dari spesies yang sama. Penglihatan yang baik juga membantunya mencari bunga yang bisa diberi makan.

Mereka masih bisa mengoperasikan penglihatannya dengan baik dari jarak sekitar 10-12 kaki (-+ 3 meter). Jika lebih dari itu, penglihatannya bisa sedikit kabur atau mulai remang-remang tidak jelas.

Istimewanya, mereka bisa melihat berbagai warna yang juga dilihat oleh manusia. Malah ada yang mengtakan tentang kupu-kupu yang juga bisa melihat warna ultraviolet, sesuatu yang tak mampu kita lakukan. Kemampuan itu rupanya berfungsi ketika mencari pasangan.

10. Memiliki Berbagai Trik Agar Tidak Dimangsa

Dalam rantai makanan, kupu-kupu berada di peringkat yang rendah. Sementara itu, banyak predator yang akan senang hati untuk melahapnya. Untuk menghindari pemangsa, kupu-kupu juga bisa melakukan kamuflase dengan cerdik.

Mereka juga bisa menggunakan cara yang sebaliknya, yakni dengan berlagak seperti menantang dan mencerahkan warnanya. Rupanya hal tersebut dilakukan sebab beberapa predator serangga sudah tahu kalau mangsanya berubah jadi cerah, itu artinya mereka melawan dengan menyiapkan racun.

Predator pun kerapkali merasa ciut dan memutuskan untuk mundur. Padahal beberapa spesies kupu-kupu sama-sekali tak memiliki senjata berupa toxic atau racun. Mereka hanya meniru apa yang dimiliki oleh beberapa kupu-kupu beracun saja.

11. Dimana Kupu-Kupu Hidup, Jelaskan?

Kupu-kupu bisa ditemukan di sebagian besar jenis habitat, termasuk gurun, tempat basah, padang rumput, hutan, dan pegunungan. Beberapa kupu-kupu dalam keluarga Lycaenidae menghabiskan sebagian hidupnya di bawah tanah! Ulat mereka dipelihara oleh semut sebagai imbalan untuk menyiapkan embun madu yang manis untuk semut.

Baca Juga:   Ada Kecoa Terbang, Panik Gak?

12. Apa Makanan Kupu-kupu?

mimpi melihat ulat bulu, arti mimpi ulat bulu, buku mimpi ulat bulu, tafsir mimpi ulat bulu, mimpi melihat ulat bulu banyak, mimpi digigit ulat bulu, mimpi ulat bulu banyak, mimpi banyak ulat bulu di rumah, mimpi ulat bulu hitam, apa arti mimpi ulat bulu, mimpi ulat bulu artinya

Karena mulut mereka yang seperti jerami, makanan kupu-kupu terutama terbatas pada makanan cair khususnya nektar. Kupu-kupu memakai belalainya untuk minum nektar manis dari bunga.

Nektar terkadang berada jauh dalam bunga dan belalai memungkinkan kupu-kupu untuk mencapai makanan manis ini.

Tahapan larva atau ulat dan kupu-kupu dewasa mempunyai opsi makanan yang sangat berlainan, mayoritas karena perbedaan sisi mulut mereka. Ke-2 jenis makanan itu harus ada supaya kupu-kupu bisa menuntaskan siklus hidupnya.

Ketika masih berbentuk Ulat benar-benar khusus tentang makanannya, itu penyebabnya tentang kupu-kupu betina bertelur cuma pada tanaman tertentu. Ia secara naluri tahu tanaman apa yang hendak jadi makanan yang pas untuk ulat lapar yang menetas dari telurnya.

Ulat sedikit bergerak dan kemungkinan menghabiskan seluruh hidupnya di tanaman yang serupa atau bahkan juga daun yang serupa! Tujuan khusus mereka merupakan makan sebanyak yang mereka dapat hingga mereka jadi cukup besar menjadi kepompong.

Ulat mempunyai sisi mulut pengunyah, yang disebut mandibula, yang memungkinkannya makan daun dan sisi tanaman yang lain. Beberapa ulat dianggap sebagai hama karena memang mengakibatkan kerusakan pada tanaman. Ulat tak perlu minum air tambahan karena mereka memperoleh semuanya yang mereka perlukan dari tanaman yang mereka makan.

Kupu-kupu dewasa juga selektif akan makanannya. Tidak seperti ulat, kupu-kupu bisa berkeliaran mencari makanan yang pas di daerah yang lebih luas. Dalam kebanyakan kasus, kupu-kupu dewasa cuma bisa makan beragam cairan.

Mereka minum lewat lidah seperti tabung yang disebut proboscis (belalai). Kupu-kupu membuka gulungan untuk menyeruput makanan cair, dan menggulung kembali menjadi spiral saat kupu-kupu tidak makan.

Mayoritas kupu-kupu lebih menyenangi nektar bunga, tapi yang lain kemungkinan makan cairan yang diketemukan pada buah yang busuk, cairan dari pohon, dan kotoran hewan. Kupu-kupu lebih senang makan di wilayah yang cerah terlindungi dari angin yang cukup kencang.

Semakin dikupas fakta tentang kupu-kupu ini semakin menarik saja. Kita jadi tak hanya tahu sisi luar yang indahnya saja, melainkan segala sesuatu tentang mereka juga.

One thought on “12 Fakta Tentang Kupu-Kupu yang Unik

Comments are closed.