Tiger Fish, Ikan Harimau Cantik Dalam Akuarium

Posted on

daftarhewan.com.Tiger fish. Badannya tampak gagah dengan tubuh yang kuning kecokelatan, dihiasi loreng-loreng hitam seperti belang harimau.

Ikan yang dijuluki Tiger fish atau Ikan ringau ini bisa hidup dalam air laut maupun air tawar.

tiger fish, fish tiger, tiger+fish, tiger fish indonesia, makanan tiger fish

Ketika mengunjungi seseorang penghobi ikan hias, secara tak sengaja melihat seekor ikan berwarna kuning tua bergaris-garis hitam yang sedang “ngumpet” dalam gua buatan di akuarium. “Itu namanya tiger fish. Warnanya memang mirip harimau loreng”, katanya menjelaskan.

Menurunya, ikan harimau ini hidup hampir di seluruh muara sungai yang ada di Indonesia. Karena berasal dari muara sungai ia bisa dipelihara baik di air tawar maupun laut.

Ikan Buas yang Pemalu

Ikan yang punya nama lain Datnioides microlepis ini termasuk famili Lobotidae, dan banyak terdapat di perairan Thailand, Kamboja, Kalimantan, dan Sumatera.

Nelayan biasa mengonsumsinya sebagai hidangan yang enak. Sebab selain lezat, dagingnya pun tebal dan padat. Ikan ini juga biasa disebut ikan Ringau.

Baca Juga:   Ikan Keling Tanduk Asli, si Dragon Wrasse

Cuma karena warnanya yang cantik itu ia kini ‘naik daun’ menjadi ikan hias dalam akuarium.

Warna ini memang cantik. Tubuhnya yang kuning tua dihiasi garis-garis hitam yang seolah-olah membelah tubuh itu menjadi 6 bagian.

Dalam buku Freshwater and Marine Aquarium  Fishes, tiger fish ini disebutkan punya ciri khas, yaitu garis hitam pertamanya seolah membagi dua bola matanya yang bulat itu, 3 garis lainnya membelah badannya, sementara 2 garis yang pendek terdapat pada ekornya yang juga pendek.

Di dalam akuarium panjangnya mencapai 30 cm, sementara di habitat aslinya bisa lebih panjang lagi, sampai 40 cm. Sedang di akuarium seluas 6 m x 5 m milik hobis tersebut bobotnya mencapai 5 kg.

Dilihat sepintas, ikan ini tampak tenang, berenang tidak terburu-buru. Sementara sorot matanya yang tajam membuatnya tampak berwibawa. “Sebenarnya ikan ini galak lho, tidak ada yang berani dengan dia,” lanjut seorang pemilik, yang memiliki 4 ekor tiger fish ini.

Baca Juga:   Ikan Molly Balon dan Cara Mereka Melahirkan

Namun di balik penampilannya yang tampak ‘tenang-tenang menghanyutkan tapi garang’ itu sebenar­nya ia sangat pemalu. “Saya nggak senangnya dia itu suka ngumpet,” kata pemilik sedikit kesal. Meskipun begitu di akuarium itu ia tampak sesekali muncul dari tempat persembunyiannya untuk bermain-main dengan temannya yang terdiri dari Cat fish dan Cyclid.

“Dia bisa damai karena ikan red tail catfish atau lele ekor merah (Phractocephalus hemioliopterus) di sini ‘jagoan’ semua”, ungkap pemilik tersebut sambil menunjuk beberapa Red tailnya yang panjangnya rata-rata 85 cm itu. Kalau ia dipelihara bersama ikan yang ukuran badannya lebih kecil bisa berbahaya. Tak jarang ikan kecil ini menjadi santapannya.

Cara Merawat Tiger Fish

Karena sifatnya yang suka “sembunyi” itu, di dalam akuarium sebaiknya disediakan tempat untuk bersembunyi, bisa dibuat dari kayu atau gua buatan yang cukup luas. Ikan yang cukup sulit dibedakan jenis kelaminnya ini bisa berkembang biak dalam air tawar habitatnya. Sedang bila dipelihara dalam akuarium tampaknya masmih sukar berhasil dibiakkan.

Baca Juga:   Ikan Oscar Albino, Si Agresif yang Rakus

“Perawatan ikan ini ‘mudah’ sekali,” ujarnya, yang setiap dua hari sekali cukup memberikan 10 sampai 15 ekor ikan mas kecil untuk makanannya. Pakan ini sama sekali tidak boleh terlambat diberikan. Sebab bisa jadi ikan cichlid (Cichasoma centrinellum) yang badannya cukup besar namun lebih kecil dari si tiger fish itu dimakan juga.

Mengobati Tiger Fish Sakit

Kalau ikan harimau peliharaan tersebut terlihat agak sakit, pemiliknya memasukkan garam dapur sebanyak 20 briket ke dalam akuariumnya. “Alhamdulillah sampai sekarang ikan ini jarang sakit,” katanya.

Meskipun jarang sakit, si “harimau” cantik ini bisa juga stres, yang terjadi kalau airnya diganti mendadak. Bila stres warna tubuhnya yang kuning tua bergaris hitam cemerlang itu akan berubah menjadi hitam seluruhnya.