10 Jenis Tikus Terbesar di Dunia, Mau Pelihara?

Posted on

daftarhewan.com. Tikus terbesar di dunia. Apakah kamu termasuk orang yang menyukai tikus? Atau mau menjadikannya sebagai hewan peliharaan? Bagaimana jika memiliki hewan peliharaan berupa hewan pengerat yang ukurannya lebih besar.

Di lingkungan persawahan, tikus tentunya selalu dianggap sebagai hama yang merusak, karena menyerang tanaman padi di semua periode padi, dari awal padi hingga panen.

Serta mereka juga dapat menyebabkan penyakit di pemukiman yang penduduknya padat. Tetapi, meskipun berbahaya ketika ada wabah tikus, cara mengusir tikus tidak begitu sulit, karena ukuran mereka yang terbilang kecil.

Tikus Terbesar di Dunia

Tapi, benarkah begitu? Apakah seluruh jenis tikus mempunyai ukuran yang tidak lebih dari ukuran sandal orang dewasa?

Ternyata, anggapan tersebut kurang benar, lho. Ternyata, ada jenis tikus raksasa yang bisa tumbuh sampai berukuran badak! Walau kini dari mereka hanya tinggal dongeng, sejarah ataupun fosil.

Ternyata beberapa jenis tikus terbesar di dunia masih menjadi ancaman dan belum punah sepenuhnya di muka bumi ini.

Baca Juga:   15 Contoh Hewan yang Melakukan Migrasi

Bahkan, bisa saja tikus yang besar itu masih bersembunyi di bawah tanah atau hutan belantara yang belum terjamah.

Nah sebagai langkah guna berjaga-jaga, mungkin lebih baik kamu kenali jenis tikus terbesar di dunia sepanjang masa dalam daftar berikut ini:

1. Kapibara

tikus terbesar di dunia, hewan pengerat terbesar di dunia

Mereka berasal dari wilayah Amerika Selatan, Kapibara atau Capybara adalah binatang pengerat terbesar yang masih hidup hingga sekarang ini.

Berat mereka bisa sampai 45 kg, dengan badan seukuran dengan anjing labrador. Oleh karena itu, beberapa orang di dunia telah memeliharanya, apa kamu tertarik?

2. Tikus Gambia (Gambian pouched rat)

jenis tikus yang bisa dipelihara, tikus besar, tikus bermanfaat, manfaat tikus
Gambian pouched rat – via : punch-us.com

Selama 10 tahun, di pulau tropis bernama Florida Keys di Florida Amerika Serikat, sempat dihebohkan oleh tikus berukuran besar yang berkeliaran di sana.

Bagaimana tidak, disana terdapat jenis tikus berkantung Gambia, dengan bobot sekitar 4,5 kg dan panjangnya mencapai 0,9 meter, tentunya menjadi terror yang menakutkan.

Tetapi, disamping menakutkan, para peneliti memanfaatkan jenis tikus ini sebagai pendeteksi penyakit TBC dan ranjau darat.

3. Giant hutia

jenis-jenis tikus, jenis-jenis tikus besar, hutia

Hewan pengerat ini diduga pernah hidup di dunia sekitar 100 (seratus) ribu tahun lalu. Kita hanya dapat menyaksikannya berupa fosil.

Giant hutia berukuran seperti beruang, hidup di Anguilla Kawasan Karibia, kira-kira 1000 kali lebih besar dari tikus rumah yang kita tahu selama ini dan lebih besar dari manusia.

Baca Juga:   Rubah Merah, Apa ada di Indonesia?

4. Tikus Bambu China

Tikus Bambu China, Tikus Bambu, Tikus-tikus besar

Di China tepatnya di kawasan hutan bambu, terdapat juga jenis kucing berukuran besar yang panjang tubuhnya bisa mencapai 50 cm, serta mempunyai berat 4,5 kg.

Mereka juga menjadi ancaman di wilayah Vietnam Utara dan Myanmar bagian selatan.

5. Swedish Viking Rat

jenis tikus besar, jenis tikus terbesar, tikus terbesar di dunia, jenis-jenis tikus, jenis jenis tikus, jenis tikus besar, tikus terbesar, 5 hewan terbesar di dunia, tikus terbesar di indonesia, sejenis tikus, jenis tikus rumah

Di Swedia, tepatnya tahun 2014 media dikejutkan oleh penemuan tikus besar yang memiliki warna coklat semu kehitaman berukuran 40 cm yang mampu melubangi tembok, serta masuk ke dapur dan rumah seorang warga.

6. Nutria (Tikus Sungai)

jenis2 tikus, tikus jenis hewan, tikus jenis hewan apa, macam jenis tikus, jenis tikus tanah, Nutria (Tikus Sungai)

Tikus sungai yang satu ini terkenal dengan nama Nutria. Mereka diketahui termasuk hewan herbivora, bobotnya sekitar 6 kg. Habitat mereka di sekitar sungai, rawa atau perairan di Amerika Selatan.

7. Castoroides

jenis tikus terbesar di dunia, jenis tikus terbesar, tikus terbesar di dunia, jenis-jenis tikus, jenis jenis tikus, Castoroides

Kota New York zaman dulu pernah diteror dengan adanya salah satu tikus terbesar di dunia berukuran 2,1 m serta beratnya bisa mencapai 90 kg, yang diberi nama Castoroides. Mereka yang masih satu nenek moyang dengan berang-berang, untungnya sekarang hanya tinggal fosil yang masih tersisa.

8. Mallomys

tikus terbesar di indonesia, Mallomys, Mallomys gunung

Di Pulau Papua pernah diadakan sebuah ekspedisi yang menghasilkan penemuan seekor tikus berukuran besa. Dengan panjang tubuh sekitar 81 cm dan berat kurang lebih 1,6 kg menjadikannya tikus terbesar di Indonesia. Hewan yang diberi nama Mallomys ini mempunyai bulu berwarna coklat keperakan.

Baca Juga:   7 Hewan yang Bisa Terbang Selain Burung

9. Gough Island House Mouse

tikus pemakan daging, Gough Island House Mouse

Walaupun ukurannya hanya sekitar 50 % lebih jumbo dari tikus rumah, tikus yang berasal dari Pulau Gough ini cukup mengerikan dan bisa dibilang tikus terbesar di dunia, pasalnya sangat agresif serta haus darah dan suka memangsa anak burung Albatros yang ukurannya besar. Populasinya menyebar sangat banyak, jumlahnya bisa lebih dari dua juta ekor dan tersebar di wilayah Atlantik Selatan.

10. Josephoartigasia

Tikus terbesar zaman purba, Josephoartigasia

Di tahun 1981, para peneliti di Uruguay mendapati tengkorak hewan yang memiliki ukuran 53 cm, ternyata itu adalah salah satu tikus terbesar di dunia. Setelah melalui analisa, ditemukanlah bahwa tengkorak itu adalah milik binatang pengerat yang berasal dari zaman prasejarah. Hewan yang memiliki nama Josephoartigasia serta habitatnya di kawasan Amerika Selatan, diduga hidup kurang lebih 4 juta tahun yang lalu.

Nah, akhirnya kita patut bersyukur karena tikus-tikus yang ada sekarang ukurannya kecil-kecil, karena yang ukurannya paling besar sudah punah. Jadi, apa yang kamu pikirkan seandainya tikus-tikus besar tersebut masih ada dan hidup serta masuk ke terowongan atau menggerogoti tembok rumah kamu, hiiii ngeri!