Tupai Terbang dan Makanan Kesukaannya

Posted on

daftarhewan.com. Tupai terbang atau dalam Bahasa Inggris disebut flying-squirrels adalah tupai pohon kecil. Terlepas dari namanya, tupai terbang sebenarnya alih-alih terbang mereka sebenarnya meluncur.

Mereka meregangkan kaki, membentangkan lipatan kulit di antara kaki depan dan belakang, untuk membentuk semacam parasut yang memungkinkan mereka meluncur dari cabang ke cabang.

tupai terbang, nama lain tupai terbang, bahaya tupai terbang, berapa harga tupai terbang, apa makanan tupai terbang, apakah tupai bisa terbang, apa itu tupai terbang, nama latin tupai terbang, merawat tupai terbang, bagaimana tupai terbang, seperti apa tupai terbang, apa tupai terbang, kenapa tupai terbang gampang mati, bagaimana cara merawat tupai terbang, dimana tupai tinggal
Tupai terbang utara (Glaucomys sabrinus)

A. Klasifikasi

Family : Sciuridae
Kelas: Mamalia
Ordo: Rodentia
Subfamili: Sciurinae
Filum: Chordata
Kerajaan: Animalia
Nama Ilmiah:

Di beberapa Negara mereka menjadi hama hanya ketika mereka tinggal di loteng di mana mereka dapat menyebabkan bau dan kerusakan dengan air seni mereka, dan membuat orang tetap terjaga dengan aktivitas malam mereka.

Namun, secara medis, tidak terlalu diperhatikan. Sementara tupai ini telah terlibat dalam penyebaran penyakit manusia, penularan langsung jarang terjadi.

B. Ciri-Ciri Tupai Terbang

Meskipun telah dewasa ukurannya relatif kecil, karena panjang kepala, tubuh, dan ekornya mencapai sekitar 10 inci. Rata-rata, beratnya berkisar antara 2 hingga 6 ons.

Baca Juga:   Hewan yang Digunakan Perang, Anti Mainstream!

Memiliki mata hitam besar dan biasanya memiliki 22 gigi. Mereka memiliki dua lipatan kulit longgar antara kaki depan dan belakang yang membantu mereka meluncur dengan jarak lebih dari 80 yard.

Tupai terbang utara (Glaucomys sabrinus) ditutupi bulu coklat yang sangat lembut. Perut mereka berwarna putih di ujungnya saja dengan pangkal berwarna timah di dekat kulit.

Tupai terbang selatan (Glaucomys volans) memiliki bulu yang tebal, lembut, mengkilap keabu-abuan hingga coklat zaitun dengan perut bagian bawah berwarna putih.

C. Tentang Tupai Terbang

1. Kebiasaan

Untuk tupai terbang selatan, biasanya ada dua anak setiap tahun dengan anak yang lahir antara April-Mei dan Agustus-September.

Masa kehamilan adalah sekitar 40 hari, dan mereka memiliki sekitar 2-6 anak per anak. Atau, tupai terbang utara hanya memiliki satu anak setiap tahun, dengan sekitar 2-5 anak lahir pada bulan Mei-Juni. Kadang-kadang, ada sampah kedua di musim gugur.

Tidak benar-benar terbang, tetapi mereka meluncur di udara. Tupai selatan dapat meluncur lebih dari 80 yard. Mereka meregangkan kaki mereka, menyebarkan lipatan kulit antara kaki depan dan belakang untuk membentuk sayap glider.

Saat meluncur, mereka sangat gesit dan dapat berbelok, bermanuver dan mengubah sudut pandang mereka dengan baik. Mereka mendarat dengan sangat ringan di keempat kakinya. Sebaliknya, bagaimanapun, tupai terbang relatif canggung di tanah.

Baca Juga:   6 Perbedaan Laut dan Samudra

Tupai selatan memakan kacang-kacangan, biji ek, biji-bijian, beri, beberapa serangga, dan telur burung, dan bahkan akan memakan daging jika tersedia. Beberapa makanan disimpan di ruang sarang dan juga di selangkangan pohon.

Tupai utara memakan terutama kacang-kacangan dan biji-bijian, tetapi juga memakan beberapa serangga, dan mungkin menyimpan banyak makanan untuk digunakan di musim dingin.

2. Habitat

Tupai ini hidup di Asia, Amerika Utara, Eropa, Meksiko, serta Amerika Tengah. Mereka tinggal di hutan gugur dan hutan konifera tinggi di pepohonan.

tupaiterbang, bajing terbang, tupai bersayap, jenis tupai terbang, tupai yang bisa terbang, perbedaan sugar glider dan tupai terbang, tupai terbang sugar glider, perbedaan tupai terbang dan sugar glider, jenis jenis tupai terbang, tupai terbang putih sejenis tupai terbang, perbedaan tupai dan sugar glider, jenis bajing terbang
Tupai terbang selatan (Glaucomys volans)

Sekelompok tupai ini mungkin tinggal di sarang yang ditinggalkan oleh burung besar atau di lubang burung pelatuk di pohon.

Tupai ini tinggal di pohon hampir sepanjang waktu karena mereka lebih rentan terhadap pemangsa ketika mereka pergi ke permukaan tanah.

Tupai-tupai ini berkomunikasi satu sama lain dengan mengeluarkan suara kicau bernada tinggi saat mereka meluncur di antara pepohonan.

Kicauan ini dapat digunakan untuk memperingatkan yang lain tentang bahaya atau untuk mengenali anggota kelompok.

Ini adalah kualitas yang sama dengan tupai tanah, yang memiliki sistem kicauan dan gonggongan yang rumit yang mereka gunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Tupai utara ditemukan di Alaska timur, Amerika Serikat bagian barat melalui California, Idaho, Montana, Utah dan Wyoming utara, dan di Amerika Serikat bagian timur di Minnesota, Wisconsin, Michigan, New York dan New England.

Baca Juga:   Sel - Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Mereka mendiami hutan jenis konifera dan hutan campuran, di mana mereka lebih suka pohon mati dengan banyak lubang burung pelatuk untuk bersarang, terutama di tunggul setinggi 6-20 kaki dan di dekat puncak.

Tupai selatan ditemukan di seluruh Amerika Serikat bagian timur, diperkirakan di New England utara dan ujung selatan Florida, barat hingga Minnesota, Kansas timur, dan Texas timur. Mereka mendiami hutan dan hutan berdaun lebar dan pohon cemara.

Tupai selatan menyukai lubang pelatuk tua sebagai tempat bersarang, tetapi mereka mungkin membangun sarang musim panas dari daun, ranting, dan kulit kayu.

Mereka juga diketahui menggunakan loteng bangunan untuk membangun sarang mereka. Di musim dingin, 20 atau lebih tupai selatan bahkan mungkin tinggal bersama.

3. Makanan Tupai Terbang

Tupai terbang adalah omnivora dengan makanan yang bervariasi dari kacang-kacangan, buah-buahan, serangga, dan telur burung. Baca Juga : Makanan Tupai

4. Berapa Banyak yang Tersisa Di Dunia?

Ada lebih dari 50 spesies yang berbeda di dunia. Tetapi tidak ada jumlah spesifik untuk populasi mereka. Beberapa spesies berkurang jumlahnya sementara yang lain stabil.

tupai terbang terbesar, tupai terbang raksasa, tupai terbang, gambar tupai terbang, jenis tupai terbang, nama lain tupai terbang, tupai bisa terbang, perbedaan tupai terbang dan sugar glider, tupai terbang vs sugar glider, sejenis tupai terbang, tupai terbang makan apa, tupai terbang nama lain, tupai terbang dan sugar glider, tupai terbang jepang, tupai terbang malaysia, tupai terbang in english, tupai terbang wikipedia
Tupai terbang terbesar Red-and-white giant  (Petaurista alborufus) – via imgur.com

5. Apa Perbedaan Antara Tupai Terbang dan Sugar Glider?

Jika Anda pernah melihat atau mungkin memelihara sugar glider, Anda pasti tahu bahwa penampilannya sangat mirip dengan tupai terbang. Kedua hewan ini memiliki tubuh tupai serta lipatan kulit yang memungkinkan mereka meluncur di udara. Tapi ada beberapa perbedaan.

Satu perbedaan utama adalah bahwa sugar glider hidup di Australia dan Pulau Papua sementara tupai terbang hidup di Amerika Utara, Asia, dan Eropa.

Perbedaan tupai terbang dan sugar glider lainnya adalah sugar glider membawa anaknya dalam kantong dan bayi tinggal di sarang. Sugar glider adalah hewan berkantung, jadi mereka berkerabat dengan kanguru dan walabi.

Mereka adalah mamalia berplasenta dalam kelompok yang sama dengan tupai coklat, tupai, atau bahkan anjing padang rumput (Prairie dogs).

6. Berapa Umur Tupai Terbang?

Tupai terbang dapat hidup selama 5 sampai 8 tahun.

7. Apakah Tupai Terbang Berbahaya?

Tidak, mereka bukan hewan yang berbahaya. Ukuran yang kecil membuatnya rentan terhadap banyak jenis hewan.

Jadi, hewan pengerat ini melakukan yang terbaik untuk bersembunyi dan menghindari situasi berbahaya.

Tentu saja, jika terjebak di sudut atau merasa tidak dapat melarikan diri, kemungkinan besar ia akan menggigit pemangsa untuk melarikan diri.

8. Fakta Menarik

Manusia sudah lama usaha mengikuti kemampuan meluncur hewan ini. Base jumper dan skydivers sudah meningkatkan setelan khusus yang mengikuti pergerakan hewan ini. Setelan itu berperan untuk perlambat penurunan mereka dan memungkinkannya mereka untuk bermanuver di udara.

Tupai terbang mempunyai beragam ukuran dari beberapa inci sampai yang seukuran kucing dan anjing dewasa, terhitung beberapa tupai pohon paling kecil dan paling besar yang diketahui sains. Ke-2 spesies Amerika relatif kecil, sementara beberapa tupai Asia bisa mempunyai ukuran sangat besar.

Dikenali sebagai tupai terbang raksasa atau terbesar, ini bervariatif dari yang melimpah sampai yang terancam punah. Red-and-white giant (Petaurista alborufus) bisa mempunyai panjang lebih dari 3 kaki (1 meter) dan berat 3 pon (1,5 kilogram), dan relatif umum di Cina tengah dan selatan.

Raksasa merah yang sedikit kecil (P. petaurista) mempunyai jangkauan yang lebih luas, dari Afghanistan dan Pakistan sampai Malaysia serta Singapura. Ke-2 nya tercatat sebagai spesies “paling tidak jadi perhatian” oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Comments are closed.