Home » Reptil » Ular Dapat Masuk ke Toilet, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ular Dapat Masuk ke Toilet, Bagaimana Cara Mencegahnya?

daftarhewan.com. Telah umum diketahui, bahwa ular dapat masuk ke rumah melalui pipa saluran air. Namun, apakah mungkin ular muncul dari septic tank sampai ke toilet?

Apakah ular bisa hidup di septic tank? Ada baiknya, Anda mencari tahu tentang hal ini. Karena, ketika buang air, Anda akan berjarak sangat dekat dengan saluran pembuangan, bukan? Dan, ternyata aneka jenis ular dapat muncul dari lubang tersebut.

ular masuk septic tank, ular dalam septic tank, ular di septic tank, apakah ular bisa hidup di septic tank, bisakah ular hidup di dalam septic tank, ular dalam septic tank, kenapa ular bisa masuk kloset, ular dalam kloset, ular kobra toilet, ular masuk kloset, ular dalam kloset, ular di kloset

Ular dalam kloset – via : mambee.com

Waspadalah, waspadalah.

Berikut ini berbagai jalur yang dapat menjadi jalan masuk bagi ular, menuju toilet Anda:

1. Ular Masuk dari ventilasi kamar mandi

Pipa saluran air dan pembuangan, tidak menjadi satu-satunya jalur bagi ular untuk masuk ke toilet. Ventilasi kamar mandi yang tidak tertutup, juga bisa menjadi jalur yang potensial pula. Ular dapat masuk dari atas, lalu terjatuh ke toilet dan berdiam di sana. Terlebih, mereka juga menyukai lingkungan lembab, dan akan menjadi sempurna jika di kamar mandi Anda berseliweran tikus-tikus kecil atau katak yang menjadi mangsa mereka.

2. Ular Masuk dari ventilasi atau saluran septic tank

Toliet dan septic tank bukanlah sebuah sistem tertutup. Aktivitas penguraian oleh bakteri dalam septic tank, akan menghasilan gas metana dan karbon monoksida. Karena itu, septic tank membutuhkan saluran pengeluaran gas atau ventilasi, agar tidak terjadi ledakan.

Baca Juga:   Apa yang Terjadi Jika Semua Ular Mati?

Dari pipa yang melengkung tersebut, ular dapat masuk ke septic tank dengan mudah. Setelah itu, bukan tidak mungkin, ular merambat ke saluran pembuangan yang terhubung dengan toilet Anda. Jika skenario tersebut terjadi, barang kali Anda akan mendapat sedikit kejutan yang cukup menyeramkan ketika sedang buang air.

3. Ular Masuk dari pipa bocor atau saluran pembuangan

Apabila ada ular yang menyambut Anda di toilet, sangat mungkin mereka masuk melalui jalur yang umum, yaitu sistem perpipaan. Ular bisa masuk dari luar melalui pipa yang bocor atau saluran pembuangan. Namun, dalam kasus seperti ini, bukan hanya ular yang dapat memasuki toilet Anda, melainkan juga tikus, kadal, atau katak.

Bisakah ular hidup di dalam septic tank?

Banyak orang sangsi tentang ular yang hidup di septic tank, dan banyak yang mengatakan tidak, dengan alasan tidak ada tempat untuk beristirahat, mereka akan terus berenang sampai mati karena kelelahan / tenggelam. Dalam septic tank tidak ada udara dan tertutup rapat, mereka akan dapat dengan mudah sesak napas.

Namun ada pula orang yang berpendapat bahwa ular dapat hidup di septic tank, karena ia pernah melihat langsung. Hingga seorang petugas sedot WC yang mendapati ada kura-kura yang hidup di septic tank, jadi ia mengganggap bahwa ular pun bisa hidup di tempat penampungan kotoran tersebut.

Baca Juga:   Hewan Apa yang Memakan Ular?

Biasanya ada septic tank yang memiliki dua kompartemen terpisah, satu adalah anaerob, artinya tidak memiliki oksigen, ular tidak akan dapat hidup di dalamnya, kompartemen terpisah lainnya adalah aerobik, yang memiliki oksigen sehingga ular dapat hidup dalam aerob kompartemen tangki septik. Ada gas lain juga, metana, itu akan tergantung pada konsentrasi. Oleh karena itu, bagi siapapun yang mempunyai septic tank di rumah, tidak perlu terlalu khawatir, namun tetap waspada dan berhati-hati.

Apa yang harus dilakukan jika ada ular di toilet?

Sebagian orang menyangka bahwa ular merupakan hewan yang sangat berbahaya dan dapat mematikan. Padahal, tidak selalu demikian.

Terdapat aneka jenis ular dengan karakter yang beragam. Ada yang ganas, ada yang jinak. Ada yang berbisa, ada pula yang tidak. Bahkan, bisa ular juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda, dari yang ringan, sedang, hingga sangat mematikan, tergantung spesiesnya.

kenapa ular bisa masuk kloset, ular dalam kloset, ular kobra toilet, ular masuk kloset, ular dalam kloset, ular di kloset, ular masuk septic tank, ular dalam septic tank, ular di septic tank, apakah ular bisa hidup di septic tank, bisakah ular hidup di dalam septic tank, ular dalam septic tank

Maka, ketika Anda bertemu ular di toilet, ada baiknya tetap berpikir jernih dan tidak serta-merta kabur meninggalkan toilet dengan pintu terbuka. Karena, bisa jadi ular akan beranjak, menyelinap masuk, dan justru bersembunyi di sudut-sudut rumah Anda.

Untuk mengantisipasi kondisi yang lebih buruk, sebaiknya Anda segera pergi dan menutup pintu toilet. Setelah itu, identifikasi jenis ular, untuk mengetahui apakah ular tersebut berbahaya atau tidak.

Baca Juga:   Daftar Harga Kura-Kura Peliharaan Berdasarkan Jenisnya

Meski kemungkinan besar hanya ular kebun yang tidak berbahaya, sebaiknya Anda tetap waspada. Karena, bisa jadi ada ular kobra atau koros yang tersasar, terutama jika hunian Anda dekat dengan areal hutan atau persawahan.

Namun, jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan tentang ular, Anda bisa bertanya pada ahlinya. Anda juga dapat meminta tolong kepada pawang atau orang yang telah terbiasa menangani ular, untuk menangkap ular yang masuk ke toilet Anda.

Mencegah ular masuk ke toilet Anda

Setelah ular yang jadi masalah telah tertangkap, tentu Anda tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali, bukan? Karena itu, tinjau setiap jalur yang dapat menjadi jalan masuk bagi ular untuk menuju ke toilet Anda, dengan menerapkan beberapa langkah preventif, antara lain:

Periksa pipa saluran air dan pembuangan, dan perbaiki apabila terjadi rekahan atau kebocoran.

Tutup ventilasi kamar mandi menggunakan kawat kasa.

Pastikan saluran gas atau ventilasi septic tank tertutup dengan baik, tanpa menghalangi aliran udara.

Singkirkan tikus, katak, dan kadal, dari area hunian Anda, agar tidak memancing ular yang tengah mencari mangsa.

Periksa toilet sebelum Anda menggunakannya, sebagai langkah antisipatif.

Singkirkan setiap jenis ular liar yang mendekati pekarangan Anda, sebelum ular tersebut menyelinap ke dalam rumah.

Tetap tenang, waspada, dan utamakan keselamatan seluruh anggota keluarga di rumah Anda.

error: