Umpan Racikan Paling Jitu untuk Ikan Mas

daftarhewan.com. Umpan untuk ikan mas bermacam-macam, karena ikan itu memang omnivora, pemakan segala. Salah satu diantaranya ialah umpan yang resepnya mamakai santan. Umpan ini termasuk “lezat” untuk ikan mas.

umpan ikan mas, umpan ikan mas paling jitu, umpan ikan mas musim hujan, umpan ikan mas harian, umpan ikan mas jitu, umpan ikan mas malam hari, umpan ikan mas sederhana tapi ampuh, umpan ikan mas babon, umpan ikan mas jitu murah meriah

Hampir setiap pemancing mempunyai resep rahasia sendiri-sendiri, baik yang istimewa maupun yang biasa-biasa saja.

Meskipun dalam memancing faktor keberuntungan juga sangat berperan, tapi umpan sebagai senjata bagi pemancing rasanya masih menduduki peringkat paling atas yang menentukan berhasil tidaknya pemancing memperoleh ikan. Apalagi ikan mas merupakan ikan yang paling sering menempati kolam-kolam pemancingan umum. Sehingga tidak heran bila resep umpan untuk ikan mas termasuk yang paling bervariasi.

Salah satu diantaranya adalah resep yang kali ini dikemukakan yang katanya telah terbukti ampuh dan “jitu” menjerat ikan mas.

Baca Juga:   Apa Ikan Tidur? Bagaimana Caranya?

Bahan dan Cara Pembuatan

Untuk resep kal iini bahan-bahan yang dipakai terdiri dari 12 – 15 jagung, dipilih yang sedang masaknya, tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Kemudian 4 – 5 sendok makan tepung “Havana maizena”, 3 butir telur itik, 1/2 ons keju, 3 sendok makan kacang tanah, 1/2 kg kelapa parut, 1/2 ons umbi jalar merah/kuning, 1/2-1 ons umbi kayu parut dan 1 liter susu murni.

Cara pembuatannya, pertama jagung muda diparut kemudian diperas dengan kain. Ampas jagung parut ditumbuk sampai benar-benar halus atau menggunakan blender, campurkan kembali ke dalam air perasannya. Campurkan tepung havana ke dalam jagung parut. Kocok kuning telur itik sampai berbusa dan sisihkan.

Kacang tanah disangrai jangan terlalu hangus kemudian ditumbuk sampai berminyak, kelapa parut diperas diambil santannya. Santan direbus sampai jadi minyak, jangan lupa mengaduk-aduknya agar tidak hangus. Hanya endapan yang berwarna putih yang diambil untuk dicampurkan nantinya.

Baca Juga:   Arapaima Gigas, Ikan Besar dari Amazon

Umbi jalar merah dicuci bersih, dikukus sampai matang dan ditumbuk halus, susu direbus sambil diaduk-aduk sampai kental menyerupai kepala susu.

Selanjutnya yang dilakukan adalah mencampur semua bahan menjadi satu dan diaduk merata. Dijaga agar adonan tidak terlalu encer, supaya umpan yang dihasilkan tidak terlalu lembek. Keenceran terjadi biasanya karena jagung yang dipakai terlalu muda.

Untuk pengental bisa ditambah tepung “havana”. Setelah mreata, adonan dimasukkan ke dalam kantung plastik dengan isi kurang lebih 2,5 ons per bungkus. Kantung plastik diikat kuat dengan tali rafia kemudian dikukus selama 3-4 jam. Selama pengukusan air selalu ditambah 2-3 kali agar umpan tidak hanggus.

Yang perlu diingat adalah agar semua adonan masak dengan merata, jangan menumpuk secara berdempetan, tetapi beri penyekat antara lapisan bawah dengan lapisan di atasnya. Setelah matang angkat dan anginkan. Selanjutnya siap dipakai sebagai umpan jitu ikan mas.

Baca Juga:   6 Cara Memilih Joran Tegek yang Bagus

Pada dasarnya umpan ikan mas yang dijual di toko alat-alat pancing mempunyai bahan dasar yang sama, hanya setiap produsen punya rahasia resepnya sendiri. Bila kita terpaksa membeli umpan dari toko, cobalah campur umpan itu dengan sepotong pindang ikan tongkol (kurang lebih sebesar dua jari tangan), 2 kuning telur asin dan 4-5 sendok makan telur semut rangrang (kroto), semua diaduk merata.

x
error: