Warna Ikan Discus Pudar, Bagaimana Agar Tetap Cerah?

daftarhewan.com. Salah satu keindahan ikan hias terutama diskus (discus) terletak pada warna yang dimiliki. Semakin cerah warna ikan tersebut, maka semakin menimbulkan daya tarik. Namun bagaimana jika ternyata warna tersebut pudar dan hilang. Warna cerah yang dimiliki diskus ternyata bisa hilang. Bagaimana memunculkan warna ikan discus, dan bagaimana mencegah dan mempertahankan warna yang bagus tersebut?

aneka warna ikan discus, makanan untuk warna ikan discus, jenis dan warna ikan discus, agar warna ikan discus cerah, cara memunculkan warna ikan discus, ikan discus berubah warna, kenapa ikan discus berubah warna, ikan discus warna hitam, jenis warna ikan discus, cara menaikan warna ikan discus, cara agar warna ikan discus keluar, ikan discus warna kuning, mengeluarkan warna ikan discus, makanan ikan discus untuk warna, warna warna ikan discus

Ada banyak jenis ikan discus yang mempunyai warna cerah, misalkan Super San Merah, Red Melon, Marlboro Red, Gading Mas, Golden Ghost, Modern Red serta nama-nama discus lainnya.

Kenapa ikan discus berubah warna?

Ada beberapa penyebab mengapa warna yang dimiliki ikan discus pudar, lenyap / hilang, diantaranya adalah sinar matahari. Ikan Diskus yang sering terkena sinar matahari secara langsung, warnanya akan mudah hilang. Sebab unsur ultra violet yang terkandung dalam sinar matahari mampu mengikis warna pada ikan.

Baca Juga:   Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

Ketia sinar matahari menyentuh tubu hikan, pigmen tersebut akan menutupi warna cerah diskus. Munculnya pigmen tersebut ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam pada kulit ikan. Semakin banyak bintik-bintik hitam yang muncul pada ikan, maka akan membuat warna ikan yang semula terlihat cerah, bisa tampak gelap atau hitam dan menjadi kotor.

Makanan Untuk Warna Ikan Discus

Makanan yang tepat untuk memunculkan warna ikan discus adalah hati sapi, makanan yang mampu memunculkan dan mempertahankan pudarnya warna. Pemberian makanan ini dilakukan dua kali sehari dengan takaran secukupnya, jangan sampai tersisa. Sebab selain tidak baik bagi ikan karena banyaknya makanan yang dikonsumsi, juga makanan yang melebihi kapasitas, tidak akan dimakan seluruhnya.

Baca Juga:   Cara Merawat Ikan Hias Angelfish Air Tawar

jenis warna ikan discus, cara agar warna ikan discus keluar, kenapa ikan discus berubah warna, cara menaikan warna ikan discus, agar warna ikan discus cerah, macam macam warna ikan discus, cara memunculkan warna ikan discus, mengeluarkan warna ikan discus, makanan untuk warna ikan discus, warna ikan discus pudar, warna ikan discus jadi gelap, warna telur ikan discus

Hal tersebut akan menyebabkan kotornya air yang disebabkan sisa makanan yang tidak termakan oleh diskus. Kotoran ini juga bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri dan penyakit yang bisa mengancam kelangsungan hidup ikan ini.

Kebersihan air dalam akuarium harus terjaga. Air yang kotor menjadi pemicu munculnya sumber penyakit yang bisa menyerang ikan. Jika diskus terserang penyakit, warnanya akan mudah hilang. Ikan setiap saat harus dalam kondisi fit. Kesegaran tubuh ikan jelas akan menimbulkan warna yang cantik sesungguhnya karena ikan dalam kondisi yang sehat.

error: